Aman Belanja Online Saat Harbolnas Dengan 8 Tips Berikut Ini!

Siapa yang nggak suka belanja online? Tanpa perlu pergi jauh, kita sudah mendapatkan apa yang diinginkan. Eits, tapi jangan sembarangan beli ini itu ya, pastikan kita belanja secara aman dengan tips berikut ini.

Selain hari libur yang panjang, ada dua hal yang juga ditunggu banyak orang yaitu Year End Sale di pusat perbelanjaan dan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Diadakan secara serempak pada tanggal 12 Desember, berbagai toko online, e-commerce dan marketplace memberikan promo dan diskon gila-gilaan.

Momen seperti ini pastinya sayang dilewatkan karena barang-barang impian bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Penawaran menarik seperti ini tentunya membuat banyak orang tergiur ingin mencoba belanja secara online. Sayangnya tak sedikit pula oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan ini dengan memberikan link palsu untuk menjebak konsumen-konsumen yang baru pertama kali mencoba belanja online.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada diri kita, sebelum memutuskan membeli barang melalui internet, pastikan 10 poin ini sudah dilakukan:

1. Pastikan website tersebut memiliki kredibilitas

Lakukan belanja di website yang sudah terpercaya dan pastikan kita sudah mengetik alamat yang benar. Untuk mengecek kebenaran bisa dengan mengetiknya di search engine. Meskipun sekarang sudah mulai banyak iklan di internet, hindari sembarangan klik advertising karena tak jarang banyak iklan yang memiliki malware yang dapat mengambil data-data di komputer.

2. Ketiklah website dengan benar

Ketika sudah masuk ke laman website, cek lagi apakah URL yang dituliskan sudah benar dan sesuai. Berbeda satu huruf atau beda domain (.id, .com, .net, dll) bisa mengarahkan ke website yang salah. Tak sedikit webiste palsu memiliki URL sangat mirip dengan aslinya yang tak hanya bisa membuat kita rugi secara finansial tapi juga tercurinya data-data pribadi.

3. Baca kebijakan tiap website dengan teliti

Hindari website yang menuliskan kalau mereka bebas menyebarkan informasi pribadi kita. Selain itu, teliti kembali proses pembelian produk mulai dari saat membeli, jika barang diterima rusak, jika barang tidak dikirim dalam periode waktu tertentu dan lainnya.

4. Jangan mudah tergiur barang bermerek berharga super miring

Ketika melihat iklan di internet atau e-mail yang menawarkan barang bermerek dengan harga super miring karena bisa jadi itu dari website yang tidak terpercaya. Kembali ke poin 1 dan 2, pastikan advertising memang berasal dari web yang benar.

Belanja Online

Tak bisa dipungkiri, sebagian konsumen mulai beralih dari belanja konvensional menjadi online. Tapi sayangnya belum semua sadar akan pentingnya menjaga privasi saat beraktivitas di internet.

 

5. JANGAN berikan data apapun di luar website

Jika ada yang menghubungi melalui e-mail, telepon, sms maupun media lain di luar website untuk meminta data pribadi serta informasi rahasia, maka sebaiknya kita waspada dan tidak begitu saja membagikannya. Seharusnya berbagai update data dilakukan melalui website dan harus dilakukan sendiri tanpa campur tangan siapapun termasuk “karyawan” perusahaan website tersebut.

6. Selalu cek tagihan kartu kredit dan balance kartu debit

Lakukan pengecekan kartu kredit, debit maupun paypal secara berkala dan pastikan tagihan yang dibebankan sesuai dengan nominal pada website. Kondisi internet yang sedang tidak stabil bisa membuat kita tertagih lebih banyak dari seharusnya. Jadi sangat penting kalau kita detail cek jumlah tagihan sebelum dan sesudah melakukan pembayaran.

7. Usahakan untuk tidak menggunakan komputer umum saat belanja online

Menggunakan komputer umum seperti di warnet sangat rawan terjadinya pencurian data pribadi terutama informasi finansial. Karena ini bukan komputer pribadi yang bisa kita pastikan kondisinya dan kita tidak bisa tahu apa saja aktivitas yang dilakukan oleh pengguna sebelumnya, sangat berisiko untuk melakukan belanja online di sini. Bisa jadi komputer terkena malware, virus atau setelah selesai menggunakan kita lupa log out dari.

8. Pilih penjual dengan reputasi baik

E-commerce dan marketplace tentu punya ribuan penjual yang menawarkan jutaan produk menarik. Supaya barang yang datang sesuai ekspektasi baik dari segi kualitas barang dan layanan, cari penjual yang memiliki review baik. Bisa dilihat dari review dan respond pembeli-pembeli sebelumnya.

Jika kedelapan langkah ini sudah diperhatikan dengan baik sebelum bertransaksi, dijamin belanja saat Harbolnas menjadi aman, nyaman dan bebas rasa khawatir. Apalagi kalau dari segi dana juga sudah siap, berbagai barang incaran dapat langsung diterima ditangan. Jadi jangan sampai dana jadi alasan, langsung ajukan pinjaman uang di Danabijak!

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: