Inilah Aneka Soto Daerah di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

Jarang orang yang tidak menyukai makanan soto. Bisa dikatakan, soto merupakan salah satu makanan yang bisa jadi sangatlah lezat dan cocok di lidah orang-orang Indonesia. Selain soto lezat, soto merupakan makanan yang unik karena mempunyai aneka soto yang berbeda di tiap daerah di Indonesia.

Inilah Aneka Soto Daerah di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

Inilah Aneka Soto Daerah di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

Ada banyak aneka soto yang bisa kamu temui di Indonesia. Pasalnya, soto merupakan makanan asli nusantara, terutama di daerah Jawa, Sumatera dan Kalimantan, dimana sangat banyak aneka soto daerah yang dapat ditemui di pulau-pulau besar tersebut. Aneka soto ini sangatlah banyak dan juga berbeda-beda, dengan rasa yang berbeda, juga cara makan yang berbeda, seolah-olah soto-soto daerah ini menggambarkan betapa beraneka ragam budaya di Indonesia.

Soto itu bisa digambarkan seperti makanan khas Indonesia yang sudah menjamur di tengah masyarakat Indonesia, seperti gado-gado, nasi padang, atau pun nasi goreng. Soto memanglah salah satu makanan khas Indonesia yang spesial, bahkan jika pun tiap daerah berbeda-beda sotonya, namun soto daerah tersebut tetaplah lezat. Lalu, apa saja aneka soto yang harus kamu coba?

Soto Aceh

aneka soto

Sumber : Bacaresep.com

Soto aceh adalah salah satu soto paling dikenal di Indonesia. Soto ini dikenal sangatlah gurih, ditambah lagi dengan racikan rempahnya yang tidak pernah mengecewakan. Memang, Aceh terkenal dengan mie aceh, gulai kambing hingga kuah sie iteknya. Namun, soto aceh juga salah satu makanan khas Aceh yang paling terkenal.

Biasanya, soto ini memakai daging sapi, dan memakai santan yang cukup banyak, sehingga tidak boleh makan terlalu banyak, terutama untuk yang mempunyai penyakit darah tinggi atau pun kolestrol. Apalagi jika sotonya dicampur dengan daging kambing!

Soto Padang

aneka soto

Sumber : Food.detik.com

Jika yang kamu tahu tentang makanan khas Padang hanyalah nasi padang atau pun sate padang, maka kamu salah besar. Pada kenyataannya, Padang pun juga mempunyai soto khas daerah sendiri, yakni soto padang. Biasanya, soto ini identik dengan potongan perkedel, ditambah dengan daging sapi, lalu dicampur dengan bawang goreng hingga mie bihun yang kental.

Dengan memakai kunyit, lengkuas, kayu manis, daun jeruk, kapulaga, kembung lawang hingga daun serai, bahan makanan seperti ini bisa membuat satu soto padang yang cukup menggugah selera, sehingga sangatlah cocok untuk kamu yang menyukai soto dengan keanekaragaman rasa.

Soto Lamongan

aneka soto

Sumber : Theboxsceneproject.org

Soto lamongan mungkin merupakan salah satu soto paling terkenal yang ada di Indonesia. Soto lamongan terkenal dengan kuahnya yang kuning, ditambah dengan telur rebusnya yang dipotong setengah, dan dengan serbuk koya yang ditabur di atas kuahnya. Apalagi ditambah dengan nasi yang hangat, sambal dan juga kerupuk, apalagi kerupuk putih!

Soto lamongan ini mungkin salah satu soto paling terkenal yang ada di nusantara. Pasalnya, soto lamongan memang dikenal sangat mewakili Jawa Timur, ditambah lagi keunikannya yakni tidak memakai ayam broiler, namun ayam kampung agar dagingnya tidak jelek saat dipotong, ditambah lagi juga soto lamongan tidak memakai santan, tidak seperti soto pada kebanyakan. Biasanya, soto lamongan akan memakai rempah kunyit, sehingga kuahnya akan menguning. Dan juga, yang membedakan soto lamongan dengan lainnya, adalah asinnya soto tersebut, berbeda dengan makanan-makanan khas Jawa yang biasanya manis.

Soto Betawi

aneka soto

Sumber : Resepkoki.id

Soto betawi adalah makanan khas kebanggaan orang Jakarta, khususnya suku Betawi. Soto betawi biasanya memakai jeroan, dan juga memakai santan. Seringkali organ lain juga disertakan, mulai dari mata, torpedo hingga hati. Yang membuat soto betawi begitu lezat adalah kuahnya, yang memakai campuran santan dan susu. Soto ini sebenarnya pada awalnya tidak bernama soto betawi, namun soto biasa.

Adalah Lie Boen Po yang mempopulerkan istilah soto betawi. Ia menjual soto betawi di THR Lokasari. Sekarang, istilah soto betawi pun sudah banyak dan orang menyukai kekhasan dari soto betawi ini.

Soto Mie Bogor

aneka soto

Sumber : Cookpad.com

Soto mie bogor juga salah satu soto paling terkenal yang ada di Indonesia. Makanan ini bisa dikatakan sebagai makanan khas Sunda. Yang membuat soto mie ini terkenal adalah mie nya, yang biasanya soto lainnya tidak memakai mie, namun bihun atau pun nasi. Biasanya, soto ini memakai daging sapi atau pun jeroan sapi, namun tidak jarang juga memakai ayam.

Biasanya, soto mie bogor memakai kentang rebus, tomat, telur rebus, tauge hingga kacang. Biasanya juga ditambah dengan jeruk nipis, sambal hingga bawang goreng dan daun bawang. Soto mie bogor yang benar-benar enak biasanya hanya di daerah-daerah Bogor.

Soto Lenthok

aneka soto

Sumber : KSMtour.com

Soto lenthok ini terkenal berada di salah satu kuliner khas Jogjakarta. Soto lenthok pada awalnya bukanlah makanan khas Jogjakarta, namun adalah Soto Lenthok Pak Garenglah yang mempopulerkan penggunaan nama soto lenthok, yang sekarang ini banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah Jogjakarta. Yang menjadi ciri khas dari soto lenthok ini adalah penggunaan lenthok di sotonya. Jika tidak tahu, lenthok adalah gorengan perkedel yang terbuat dari singkong.

Kegurihan dan rasa yang lezat yang diberikan oleh soto lenthok ini, ditambah dengan lenthok yang ada di soto tersebut, membuat soto lenthok salah satu soto yang harus dicoba ketika berkunjung ke Jogjakarta! Harganya pun tidak terlalu mahal, yakni hanya sekitar Rp 17.000,-!

Soto Madura

aneka soto

Sumber : Goodindonesianfood.com

Soto madura, seperti dari namanya, adalah soto asal Pulau Madura, dan salah satu soto paling terkenal karena kelezatannya. Penyajiannya pun berbeda, seperti memakai daging sapi sebagai bahan dasar, telur rebus, tauge, hingga kentang goreng. Bumbu ketumbar, bawang goreng hingga kemiri, bawang merah dan bawang putih pun ikut menghiasi soto ini.

Sotonya pun sudah punya aneka soto yang cukup banyak dan menjadi 3 macam soto yang berbeda : Soto sumenep, soto bangkalan dan soto pamekasan. Tentunya variasinya pun berbeda-beda, dengan seperti soto sumenep mempunyai bahan makanan seperti tauge goreng dan singkong, lalu soto lainnya pun juga mempunyai bahan makanan yang berbeda.

Soto Banjar

aneka soto

Sumber : Beritagar.id

Ketika berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mencoba soto khas Banjarmasin, yakni soto banjir. Soto banjar ini memang kurang terkenal, namun salah satu soto yang terkenal di Pulau Kalimantan. Soto banjar pun mempunyai ciri khas yang berbeda-beda, seperti mulai dari kuah berwarna bening hingga berwarna putih susu. Biasanya, soto banjar memakai telur bebek sebagai salah satu bahan makanan di dalam soto.

Biasanya, makanan ini dinikmati dengan lontong sebagai hidangan makanan pokok, dan juga ditambah lagi dengan bihun. Aroma rempah-rempah yang diberikan kepada soto ini juga merupakan salah satu hal yang membuat soto banjar lezat dan harus dicicipi jika berkunjung ke Banjarmasin.

Soto Medan

aneka soto

Sumber : Resepumi.com

Soto medan juga merupakan soto yang termasuk terkenal di Indonesia. Soto medan bisa dikatakan berbeda sendiri ciri khasnya dengan aneka soto yang lain, karena soto medan berfokus pada rasa santannya yang kuat, ditambah lagi juga memiliki berbagai rempah-rempah yang bervariasi. Selain karena kekhasan kuahnya yang kental dan rasanya yang kuat, biasanya soto medan memakai suwiran daging ayam atau potongan daging sapi.

Sotonya pun tergantung selera orang-orang, baik menyukai daging sapi atau ayam. Ada juga di dalam soto tersebut sepotong telur rebus.  Dan mungkin seperti biasa, soto medan mempunyai pelengkap-pelengkap seperit bawng goreng, daun bawang, air jeruk nipis, kerupuk, dan lain-lain.

Soto Kudus

aneka soto

Sumber : Goodindonesianfood.com

Soto kudus merupakan soto yang berasal dari Kota Kudus. Soto ini mirip dengan soto lamongan, namun yang menjadi ciri khas dari soto kudus adalah soto ini tidak memakai daging sapi, dan biasanya memakai daging kerbau atau pun ayam. Disinilah cerita menarik soto kudus.

Soto kudus mungkin satu-satunya soto yang mempunyai latar belakang toleransi umat beragama, dimana daging sapi tidak diperbolehkan untuk menjadi makanan, karena sapi adalah hewan yang suci menurut orang beragama Hindu, dan diajarkan oleh Sunan Kudus. Oleh karena itu, masih banyak orang beragama Hindu yang masih tinggal di Kudus.

Nah, Rekan Bijak, unik-unik kan aneka soto yang ada di Indonesia? Selain itu, soto-soto ini mempunyai ciri khas, bahkan ada juga soto yang mempunyai cerita tersendiri! Nah, Rekan Bijak, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu tertarik untuk mencoba kesepuluh soto yang ada di artikel ini?

aneka soto

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: