5 Macam Anggaran yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi Berlibur

Apakah kamu sudah merencanakan untuk pergi berlibur ke suatu daerah? Jika kamu pergi ke suatu daerah, baik daerah tersebut dekat dan hanya di sekitar kamu, maupun daerah yang benar-benar jauh seperti Eropa dan Timur Tengah, usahakan kamu mempunyai anggaran untuk berlibur agar kamu tidak mengalami over budget saat berlibur!

5 Macam Anggaran yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi Berlibur

5 Macam Anggaran yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi Berlibur

Di penghujung akhir tahun 2018 ini, banyak orang sudah mulai merencanakan untuk pergi berlibur, melupakan segala masalah yang ada baik di universitas, sekolah maupun kantor, dan pergi bersenang-senang dengan uang yang sudah disediakan untuk sekedar berlibur, apalagi orang-orang yang berada di kota-kota besar. Pergi berlibur memang seringkali meredakan rasa stres dan depresi yang seringkali didapatkan di tempat bekerja maupun belajar.

Banyak juga orang yang mengeluarkan uang cukup besar saat pergi untuk sekedar liburan di suatu tempat. Alasannya biasanya adalah untuk menyenangkan diri sendiri tanpa perlu pusing, padahal sebenarnya cara ini salah dan tidak boleh dilakukan. Harus tetap ada anggaran yang jelas ketika pergi berlibur. Tetapi masalah lainnya adalah banyak orang yang tidak tahu cara menyusun anggaran liburan tersebut. Lalu, apa sajakah macam-macam anggaran liburan yang diperlukan?

Transportasi

berlibur

Transportasi adalah hal pertama dan yang paling penting untuk disediakan. Ketika kamu berlibur, transportasi pastinya sangatlah dipakai, entah kamu pergi memakai pesawat, kereta, mobil pribadi maupun bus. Kamu harus tahu berapa uang yang cukup untuk kamu sediakan untuk transportasi. Jika kamu menggunakan pesawat, kamu pastinya akan menghitung uang untuk tiket pergi-pulang dan ketika bepergian memakai alat transportasi lainnya di daerah tujuan liburan, dan lain-lain. Jika memakai mobil pribadi, akan menghitung bensin, tip parkir, uang tol, dan dana untuk transportasi tak terduga lainnya.

Biasanya, transportasi berada di kisaran 15% hingga 30% dari dana untuk pergi liburan. Transportasi memang alat yang penting untuk kamu bisa mencapai daerah liburan tujuan. Tanpa alat transportasi, kamu tidak akan bisa pergi! Oleh karena itu, butuh dana yang cukup besar persentasenya untuk transportasi.

Akomodasi atau Penginapan

berlibur

Ketika kamu pergi berlibur ke suatu tempat, pastinya kamu memesan tempat menginap, dan tidak mungkin kamu pergi lalu hanya tidur di pinggir jalan? Pastinya tempat menginap itu penting, apapun bentuknya. Tergantung, jika kamu pergi berlibur ke kampung halaman, mungkin kamu akan menginap di rumah kerabat atau rumah lama. Namun jika pergi liburan ke suatu daerah tertentu, kamu pasti akan mencari hotel, hostel, hotel kapsul, villa, cottage, losmen, guest house, dan lain-lain. Namun, pastikan uangmu mencukupi untuk akomodasi.

Biasanya jika pergi liburan ke rumah saudara atau rumah sendiri di kampung halaman, tidak akan membutuhkan uang sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Namun jika pergi ke suatu daerah wisata tertentu, tentunya membutuhkan uang, dan biasanya membutuhkan sekitar 20% hingga 30% dari anggaran liburan, Rekan Bijak.

Makan

berlibur

Saat sampai di tempat liburan, tentunya kamu akan membutuhkan makanan dan minuman. Pastinya, ketika kamu pergi ke suatu daerah untuk liburan, kamu akan makan makanan daerah khas yang ada di daerah wisata tersebut. Untuk makan makanan khas daerah tersebut, sudah pasti kamu akan mencari di tempat terbaik untuk makan makanan khas daerah tersebut, dan pastinya mempunyai harga yang sama untuk kualitas makanan tersebut. Dengan begitu, kamu akan mengeluarkan uang yang besar untuk makanan.

Untuk makanan sendiri, kamu bisa mengeluarkan 10% dari anggaran dengan catatan makan makanan yang murah atau pun lebih banyak makan di rumah kerabat jika balik ke kampung halaman, hingga 25% dari anggaran jika kamu memang ingin makan makanan khas yang ada di daerah wisata tersebut.

Oleh-Oleh

berlibur

Oleh-oleh juga salah satu hal yang paling penting untuk dibawa. Ketika kamu pergi ke suatu daerah yang mungkin saja teman dan kerabatmu di daerah asal tidak pernah pergi ke daerah tersebut, sudah sepatutnya kamu membeli oleh-oleh, apalagi jika kamu pergi ke daerah-daerah yang memang benar-benar jauh, seperti Eropa Barat, Amerika Utara atau pun daerah Karibia.

Untuk oleh-oleh, kamu bisa menyediakan anggaran sekitar 5% hingga 20% untuk oleh-oleh, apalagi jika kamu memang benar-benar pergi ke suatu daerah yang jauh, sehingga kamu membutuhkan sangat banyak uang. Dan ingat, ketika kamu membeli oleh-oleh, jangan sampai oleh-oleh tersebut sudah ada di daerah asal kamu.

Dana-Dana Lainnya

berlibur

Ada banyak kejadian yang tidak terduga, atau pun pengeluaran tak terduga dari liburan. Ada pengeluaran tidak terduga tersebut, misalkan tiba-tiba membutuhkan obat-obatan di apotek, kacamata rusak secara tiba-tiba dan kamu adalah pengemudinya dan membutuhkan kacamata secepatnya, atau tiba-tiba terjadi kecelakaan yang tidak disengaja sehingga kamu harus memperbaiki kendaraan yang kamu punyai jika kamu mengendarai mobil pribadi.

Hal-hal seperti ini kerap terjadi dan oleh karena itu dibutuhkan anggaran untuk dana lain-lain karena kejadian tidak terduga. Untuk dana ini, kamu bisa menyediakan 10% hingga 15% dari anggaran. Dana-dana seperti ini pastinya sangatlah dibutuhkan dan jangan sampai diabaikan.

Nah Rekan Bijak, jika kamu ingin berlibur, usahakan uang yang dikeluarkan jangan sampai over budget dan kamu harus mempunyai perhitungan untuk liburan yang tepat sehingga tidak membuang uang terlalu banyak! Dengan adanya anggaran tertulis seperti ini, kamu akan lebih jelas dalam pengeluaran uang dan kamu akan mempunyai perencanaan liburan lebih baik!

berlibur

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: