Antisipasi 5 Pengeluaran Ekstra Ini agar Selama Ramadhan Dompet Tetap Aman!

Bulan ramadhan adalah salah satu bulan istimewa yang ditunggu oleh umat islam, pada bulan ini umat islam harus menunaikan ibadah puasa. Namun meski sedang berpuasa kebanyakan orang justru mengalami pembengkakan pengeluaran selama ramadhan.

Antisipasi 5 Pengeluaran Ekstra Ini agar Selama Ramadhan Dompet Tetap Aman!

Antisipasi 5 Pengeluaran Ekstra Ini agar Selama Ramadhan Dompet Tetap Aman!

Jika kita melihat tempat perbelanjaan, orang-orang tidak segan mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Karena tidak adanya antisipasi, meskipun sedang berpuasa namun pengeluaran justru meningkat, pada tahun 2016 Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mencatat angka pengeluaran masyarakat meningkat 30% selama bulan puasa.

Harus ada antisipasi atas semua pengeluaran selama bulan ramadhan agar tidak adanya pengeluaran ekstra yang justru membuat puasa terasa boros dan berat dari segi finansial. Perlu dibuat rencana anggaran selama bulan ramadhan agar rekan dapat memilih mana pengeluaran yang bersifat keinginan mana yang merupakan kebutuhan. Agar tidak menjurus pada perilaku konsumtif, berikut ini beberapa pengeluraan yang dapat diantisipasi selama bulan ramadhan :

Baca Juga : Mau Hemat Pengeluaran? Jangan Lupa Hapus 3 Aplikasi Ini!

Belanja Makanan Berlebihan

Antisipasi

sumber : blogalfamartku.com

Meskipun saat berpuasa jam makan berkurang, namun pengeluaran belanja untuk bahan dapur justru bertambah. Karena biasanya setelah berpuasa seharian, para ibu atau rekan sendiri ingin berbuka dengan hal yang istimewa.

Atau jika tidak membeli bahan dapur, biasanya saat menjelang berbuka banyak orang yang tergiur makanan bukaan atau takjil yang dijual dijalan, lalu membelinya padahal makanan tersebut tidak benar-benar dibutuhkan. Antisipasi hal tersebut dengan mengikuti daftar anggaran pengeluaran yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Juga : 7 Macam Alokasi Dana yang Perlu Ada dalam Pengeluaran

Undangan Buka Bersama

Antisipasisumber : Liputan6.com

Saat ramadhan tiba akan banyak undangan buka bersama diluar dari teman sekolah, teman kampus, teman kantor, hingga buka bersama satu komplek. Tempatnya pun bervariasi, biasanya di rumah makan atau restoran yang bisa diisi banyak orang. Dan tentu saja rekan akan mengeluarkan biaya tambahan untuk acara buka bersama ini, belum lagi jika tempatnya memilki menu-menu yang mahal.

Antisipasi yang bisa dilakukan adalah, rekan perlu mengatur mana undangan buka bersama yang perlu dihadiri mana undangan yang sebaiknya di skip saja. Sesuaikan dengan kemampuan rekan, jika bisa usulkan tempat buka bersama yang tidak terlalu mahal namun tetap nyaman. Agar biaya yang dikeluarkan tidak sampai berlebihan.

Baca Juga : Ingin Tetap Hemat Saat Datang Acara Bukber? Yuk, Simak 5 Tips Ini!

Penggunaan Kuota Internet

Antisipasisumber : Liputan6.com

Google merilis data terkait perilaku konsumen Indonesia selama bulan ramadhan, terjadi peningkatan penelusuran sebesar 28% pada 2016. Dan berdasarkan data tersebut google meyakini masyarakat Indonesia akan menggunakan internet untuk mencari inspirasi, belanja produk terbaru, mencari promo dan diskon, hingga merencanakan perjalanan liburan sejak awal.

Penggunaan internet ini berhubungan dengan penggunaan kuota internet, demi mencari berbagai informasi yang diinginkan orang akan membeli kuota internet dengan jumlah besar dan menggunakannya untuk berbagai macam hal salah satunya bermain media sosial ataupun menonton vidio YouTube. Untuk antisipasi nya, rekan dapat membeli kuota yang tidak terlalu besar sehingga saat penggunaanya tidak memakan biaya tinggi.

Persiapan Mudik

Antisipasisumber : goodnewsfromindonesia.id

Mudik saat lebaran sudah menjadi sebuah tradisi, apalagi jika rekan hidup jauh merantau dari keluarga maka akan memakan biaya yang tinggi saat akan melakukan mudik. Apalagi jika rekan sudah berkeluarga, belum lagi oleh-oleh yang harus dibawa untuk keluarga pasti akan menghabiskan banyak biaya.

Biasanya harga tiket kendaraan akan sangat melonjak saat masa mudik lebaran, untuk menghindari hal tersebut dapat dilakukan antisipasi yaitu dengan membeli tiket mudik jauh hari 2 atau 3 bulan sebelum ramadhan.

Baca Juga : 4 Cara Mempersiapkan Biaya Mudik dengan Anggaran yang Cermat

Persiapan Lebaran

Antisipasisumber : travel.kompas.com

Persiapan untuk lebaran, mulai dari membeli baju lebaran, membeli kue-kue lebaran, hingga menyiapkan THR untuk sanak keluarga. Tentu hal tersebut membutuhkan anggaran biaya yang besar, dan seringkali orang kalap saat melakukan pembelian baju lebaran dan kue untuk lebaran.

Antisipasi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat daftar berapa anggaran untuk membeli baju dan berapa untuk membeli kue-kue lebaran hingga berapa angaran untuk THR. Jadi, biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu membengkak.

Baca Juga : Simak 6 Tips Belanja Hemat Ini agar Lebaran Lebih Menyenangkan!

Nah, itu adalah beberapa hal yang dapat diantisipasi agar pengeluaran selama bulan ramadhan tidak membengkak dan membuat dompet kosong. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Antisipasi

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: