Apa Saja Manfaat Membayar Pajak?

Masyarakat harus mengetahui bahwa pajak yang dibayarkan langsung masuk ke kas negara dan dipergunakan negara untuk kepentingan umum, pembangunan, dan biaya penyelenggaraan negara. Selain itu, masyarakat juga perlu diberi kewenangan untuk mengawasi pajak yang telah dibayarkan, apakah telah disalurkan dengan benar atau tidak. Jika terjadi penyimpangan, maka harus dilaporkan kepada pihak yang berwenang.

Apa Saja Manfaat Membayar Pajak?

Apa Saja Manfaat Membayar Pajak?

Ada pepatah mengatakan, “Orang Bijak Bayar Pajak”, pepatah ini memang ada benarnya. Jika kita mengerti untuk apa kita membayar pajak, pastilah kita membayar pajak dengan rajin. Perlu Rekanbijak ketahui bahwa fungsi dan manfaat pajak adalah untuk membiayai seluruh infrastruktur dan segala pembagunan negara. Pajak juga berfungsi sebagai pembiayaan proyek-proyek negara yang befungsi sebagai fasiltas masyarakat, seperti pembagunan jalan tol. Pajak juga memiliki kegunaan lainnya seperti untuk pembagunan taman hijau, taman rekreasi dan semacam tempat hiburan lainnya. Manfaat pajak yang kita bayar juga untuk membiayai pertahanan negara dan mendanai keperluan sosial. Bahkan dengan pajak kita bisa membantu negara untuk membayar hutang-hutang keluar negeri.

Membayar pajak adalah kontribusi wajib rakyat terhadap negara, bisa dibilang pemungutannya dapat dipaksakan berdasarkan Undang-undang (UU). Bagi masyarakat yang menurut ketentuan diwajibkan membayar tetapi tidak membayar dapat dikenakan sanksi. Pembayaran pajak merupakan peran serta masyarakat (wajib pajak) untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Membayar Pajak dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara.

Memberikan Subsidi Pada Negara 

Manfaat Pajak

mojok.co

Kita perlu mengetahui bahwa pajak yang kita bayar juga turut memberikan subsidi pada negara. Sebagai masyarakat sebenarnya kita turut merasakan manfaat yang kita lakukan dari pembayaran pajaknya walaupun secara tidak langsung, pemerintah sampai saat ini masih memberikan subsidi untuk sektor-sektor tertentu. Bahkan masyarakat yang tidak membayar pajak pun ikut menerima manfaatnya, seperti adanya subsidi untuk BBM (Bahan Bakar Minyak), listrik, pangan dan lain sebagainya.

Membantu Mengurangi Beban Masyarakat

Manfaat Pajak

mojok.co

Selain itu kita juga membantu mengurangi beban masyarakat. Dana pajak yang telah dibayarkan oleh wajib pajak ke kas negara digunakan untuk membiayai fasilitas publik yang dipakai untuk memudahkan aktivitas masyarakat, seperti misalnya menambah moda trasportasi umum. Walau sampai saat ini fasilitas publik tersebut belum memadai dikarenakan adanya keterbatasan anggaran, karena masih banyak oknum-oknum yang tidak taat menbayar pajak.

Turut Membiayai Kas Negara

Manfaat Pajak

nusantaranews.co

Uang Pajak yang telah kita bayarkan akan masuk ke uang kas negara. Lalu melalui Undang-undang APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), uang pajak akan dialokasikan untuk membiayai program kerja pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pajak juga biasanya digunakan pemerintah untuk alat dalam mencapai tujuan tertentu dan pelengkap dari fungsi anggaran.

Selain itu, uang yang masuk ke kas negara juga digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran Negara. Kas ini digunakan untuk membiayai pembuatan fasilitas umum dan infrastruktur agar menjadi semakin baik dan tidak kalah bersaing dengan Negara-negara lainnya.

Nah, sekarang kita mengerti sudah mengerti toh manfaat dari kita membayar pajak. Dengan kita rajin dan taat membayar pajak, kita berarti sudah ikut berkontribusi dalam pembagunan dan pembiayaan negara dan ikut serta mendukung pemerintah dalam menyukseskan setiap program pemerintah Indonesia dengan cara membayar dan melaporkan pajak.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: