Apartemen vs Rumah, Mana yang Lebih Tepat Untuk Millennial?

Dengan budget yang terbatas untuk membeli hunian, millennial tentu ingin mendapatkan yang terbaik, entah itu apartemen ataupun rumah tapak. Sebelum memutuskan membeli yang mana, baca dulu yuk beberapa hal pertimbangan berikut!

Apartemen vs Rumah, Mana yang Lebih Tepat Untuk Millennial?

Apartemen vs Rumah, Mana yang Lebih Tepat Untuk Millennial?

Di beberapa industri pekerjaan mulai banyak didominasi oleh kaum Millenials. Tak sedikit juga perusahaan yang dipimpin oleh anak muda berusia 20an ke atas, sehingga meski masih terbilang belia namun mereka sudah mampu melakukan investasi berskala besar seperti properti. Jika berbicara mengenai hunian, dulu pasti langsung terarah dengan rumah. Tapi semakin tingginya harga rumah tapak dan jauhnya lokasi rumah berharga terjangkau, membuat sebagian orang mulai beralih ke apartemen. Lalu apa yang baik untuk kaum millenials? Yuk liat plus minusnya dari masing-masing properti terlebih dahulu!

RUMAH

1. Surat Hak Milik

Rumah memiliki sertifikat hak milik atas rumah dan tanah, sehingga aset lebih berharga saat dijual kembali dengan kenaikan harga tanah rata-rata berkisar 10% per tahun.

Sebaliknya apartemen hanya memiliki sertifikat hak guna yang harus diperpanjang setelah jangka waktu tertentu.

2. Aset Liquid

Masih tingginya peminat rumah tapak dibandingkan rumah susun membuat tipe hunian ini banyak dicari dan lebih mudah terjual.

3. Jaminan Bank

Ketika akan melakukan pinjaman, bank biasanya lebih memilih rumah sebagai jaminan. Tentunya setelah kita melakukan pembayaran KPR minimal 2 tahun.

4. Biaya Lebih Rendah

Dibandingkan apartemen, biaya bulanan yang dihabiskan tergolong lebih rendah karena kita hanya perlu membayar listrik, air dan atau internet. Sedangkan apartemen memiliki maintenance fee yang digunakan untuk perawatan gedung dan fasilitas umum, kebersihan dan keamanan.

5. Bebas Melakukan Renovasi

Tak seperti apartemen yang sangat dibatasi dalam renovasi dan dekorasi, kita bebas mengubah tata ruang rumah.

Baca juga:  Berbagai Informasi Tentang KPR yang Wajib Kita Tahu
Apartemen

Untuk yang ingin memiliki hunian di tengah kota, apartemen bisa jadi salah satu solusi.

Apartemen

Namun dengan semakin tingginya tuntutan untuk tepat waktu dalam bekerja, banyak orang mulai melirik apartemen sebagai tempat tinggal dengan pertimbangan berikut:

1. Letak Strategis

Dengan harga yang terjangkau, kita bisa mendapatkan apartemen di lokasi strategis tak jauh dari tempat kerja. Dibandingkan rumah, dengan harga yang sama kita hanya bisa mendapatkan rumah berlokasi di pinggir kota.

2. Fasilitas Lengkap

Saat ini apartemen mulai dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman, kolam renang, pusat kebugaran, restoran dan mini market. Bahkan sekarang banyak yang terhubung langsung dengan pusat perbelanjaan atau mall supaya kita bisa mendapat hiburan dan memenuhi kebutuhan dengan cepat.

3. Aman dan Terjaga Kebersihannya

Bukan tanpa alasan penghuni dibebankan biaya perawatan setiap bulannya. Dana ini digunakan untuk membiayai kebersihan gedung, melakukan service fasilitas umum dan kemanan. Dijaga oleh petugas professional dan dilengkapi CCTV membuat keamanan terjaga.

Jika sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing, saatnya memutuskan properti apa yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan. Jika kita butuh akses cepat ke kantor, maka apartemen bisa jadi pilihan atau rumah yang dekat dengan tol atau transportasi umum seperti KRL.

Kelengkapan sarana di sekitar hunian sangat penting diperhatikan karena dapat meningkatkan harga jual. Pastikan tempat tinggal dekat dengan supermarket, jalan utama, sekolah, taman, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, pastikan daerah yang kita pilih terbebas dari banjir dan terjaga kebersihannya.

Terakhir, pastikan developer berasal dari perusahaan terpercaya dengan reputasi baik. Mengeluarkan dana yang tak sedikit tentunya membuat kita harus berhati-hati supaya tidak rugi atau tertipu.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: