8 Aset Tak Berwujud yang Harus Dimiliki oleh Seorang Pebisnis

Apakah Rekan Bijak ingin menjadi pebisnis dan memang ingin jika sudah mempunyai bisnis, bisnisnya berkembang? Tentunya Rekan Bijak harus mempunyai aset tak berwujud! Aset tak berwujud ini akan membantu Rekan Bijak dalam mengembangkan bisnis yang ada. Lalu, apa sajakah aset-aset tak berwujud tersebut?

8 Aset Tak Berwujud yang Harus Dimiliki oleh Seorang Pebisnis

8 Aset Tak Berwujud yang Harus Dimiliki oleh Seorang Pebisnis

Seorang pebisnis atau pengusaha mesti mempunyai aset-aset penting untuk mengembangkan bisnisnya agar meraih kesuksesan, baik aset yang berwujud maupun aset tak berwujud. Aset yang berwujud merupakan aset-aset yang memang bisa dilihat oleh semua orang, dan berbentuk seperti uang, barang secara fisik, dan lain-lain, berbeda dengan aset tak berwujud. Aset tak berwujud ini merupakan aset-aset yang tidak bisa dilihat dan dipegang maupun diraba, karena sifatnya bukanlah sesuatu yang bersifat fisik. Contohnya adalah sifat, sikap dan pemikiran seseorang.

Aset yang berwujud memanglah penting, namun aset yang berwujud adalah hal yang sia-sia jika seorang pebisnis mempunyai aset tak berwujud yang buruk. Aset tak berwujud inilah yang justru akan mempengaruhi pemikiran seorang pebisnis, dan secara tak langsung akan mempengaruhi bisnisnya. Hal inilah yang mengakibatkan mengapa aset tak berwujud seorang pebisnis itu penting. Lalu, apa saja aset tak berwujud yang perlu dipunyai oleh seorang pebisnis? Simak, Rekan Bijak!

Disiplin

aset tak berwujud

Sumber : Atimes.com

Kedisiplinan seorang pebisnis merupakan hal yang penting. Menjadi disiplin berarti harus mengerjakan segala sesuatu dengan niat dan mempunyai konsistensi. Aset tak berwujud satu ini merupakan hal yang paling penting dalam sebuah bisnis. Mempunyai kedisiplinan yang tinggi akan membuat bisnis seorang pebisnis berkembang, karena kebiasaan yang sang pebisnis lakukan. Kebiasaan yang dilakukan akan dicontoh oleh karyawan-karyawan.

Disiplin juga akan melatih seoran gpebisnis untuk selalu mempunyai jadwal yang tersusun dengan rapi dan akan selalu memberikan 100 persen dari kekuatan untuk bisnisnya. Disiplin memang tidak akan memastikan seorang pengusaha pasti sukses dalam bisnisnya, namun setidaknya hal itu akan membantunya mempunyai peluang sukses yang tinggi.

Kreativitas dan Inovasi

aset tak berwujud

Sumber : Straitstimes.com

Mempunyai kreativitas bukanlah suatu hal yang natur yang hanya dimiliki oleh beberapa orang, namun kreativitas itu dipunyai oleh semua orang, hanya saja bentuk kreativitasnya yang berbeda. Ada orang yang bisa memecahkan masalah dengan kreatif, ada orang yang bisa membuat suatu produk yang tidak terpikirkan oleh orang, ada juga orang yang mampu mendesain sebuah produk dengan kreatif, dan lain-lain.

Yang menjadi masalah adalah tidak banyak orang yang memanfaatkan kreativitasnya mereka untuk bisnis. Seorang pebisnis tentunya harus bisa memanfaatkan kreativitas yang dimiliki untuk pengembangan bisnisnya. Dengan kreativitasnya, orang-orang pasti akan tertarik dengan bisnis yang dijalaninya.

Berkomitmen pada Bisnisnya

aset tak berwujud

Sumber : adb.org

Komitmen yang tinggi merupakan salah satu yang mesti dimiliki oleh seorang pebisnis. Seorang pebisnis yang mempunyai komitmen yang tinggi, pastinya akan menerobos apapun rintangan yang ada demi bisnisnya bisa berkembang, bahkan jika perlu, ia harus kerja 20 jam sehari jika hal itu yang diperlukan agar bisnisnya sukses.

Komitmen inilah yang akan membuat seseorang konsisten dengan bisnisnya, dan fokus dengan bisnisnya. Komitmen juga pastinya akan membuat seseorang menjadi lebih disiplin, karena dengan adanya komitmen yang tinggi, motivasi untuk mengembangkan bisnis pasti juga berkembang, dan pastinya akan menjadi lebih disiplin agar bisnisnya berhasil.

Optimis-Realistis

aset tak berwujud

Sumber : Videohive.net

Orang selalu berkata bahwa menjadi seseorang itu tidak boleh terlalu optimis karena jatuhnya nanti sakit. Perkataan ini salah, karena seseorang mempunyai pengharapan karena mempunyai pemikiran optimistis. Dengan pemikiran yang optimistis tersebut, seseorang pasti bisa membuat apa yang ia inginkan. Namun, harus juga diingat, menjadi seseorang harus optimis namun mampu berpikir realistis.

Ketika kamu merasa mampu untuk membuat sebuah mobil terbang dan mempunyai semua ilmu untuk membuat sebuah mobil terbang, kamu sudah mempunyai optimisme. Namun, ketika kamu menciptakan sebuah mobil terbang, kamu juga harus mampu berpikir realistis, apakah mobil terbang tersebut, jika dijual ke pasar, akan banyak yang membeli, atau apakah mobil tersebut sudah sesuai dengan apa yang masyarakat sedang butuhkan. Hal itu perlu dipikirkan oleh semua pebisnis yang baik!

Kerja Keras juga Kerja Pintar

aset tak berwujud

Sumber : Asianentrepreneur.org

Bagi sebagian besar orang, kerja keras adalah kunci dalam meraih kesuksesan. Memang benar, kerja keras adalah salah satu kunci dalam meraih kesuksesan, namun kerja keras adalah hal yang sia-sia tanpa dibarengi dengan bekerja pintar. Kerja pintar yang dimaksudkan adalah bagaimana bisa mengatur waktu untuk bermain dan bekerja, bagaimana bisa bekerja efektif tanpa perlu susah payah, atau pun cara berfokus dengan baik tanpa perlu kehilangan konsentrasi.

Kerja keras memang adalah salah satu kunci agar bisnis bisa berkembang, namun mempunyai kemampuan untuk kerja pintar adalah salah satu kunci agar tidak perlu mengeluarkan jerih payah lebih banyak dan lebih efisien pula. Kedua aset tak berwujud ini adalah hal yang juga dibutuhkan oleh semua pebisnis.

Berani Mengambil Resiko

aset tak berwujud

Sumber : Theasianslant.com

Keberanian mengambil resiko merupakan hal lain yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha. Aset tak berwujud dalam bentuk keberanian mengambil resiko ini merupakan salah satu hal yang dapat dilatih dengan pengalaman. Makin banyak resiko, makin banyak pengalaman. Resiko merupakan hal yang biasa dalam bisnis, dan kegagalan merupakan hal yang normal, yang tidak biasa adalah keberanian seorang pebisnis dalam mengambil resiko tersebut.

Resiko tersebut termasuk seperti kehilangan seberapa banyak uang, kehilangan banyak produk yang mungkin saja karena penipuan, dan lain-lain. Keberanian dalam mengambil resiko merupakan hal yang penting yang perlu dimiliki oleh para pebisnis ulung.

Orientasi Tidak pada Keuntungan

aset tak berwujud

Sumber : atimes.com

Salah satu kesalahan orang-orang yang ingin menjadi pebisnis adalah karena merasa keuntungannya besar dan memiliki uang yang banyak. Pemahaman ini sebenarnya salah. Menjadi seorang pebisnis berarti berkontribusi bagi orang-orang yang membutuhkan, contohnya Go-jek. Walaupun Go-jek terlihat berhasil dan mempunyai banyak uang, namun kontribusinya dalam efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan ojek membantu seluruh lapisan masyarakat.

Hal yang dapat kita contoh dari Go-jek bukanlah pada keuntungan dan uang yang perusahaan tersebut dapatkan, namun bagaimana Go-jek telah membantu orang-orang yang tadinya pengangguran menjadi ojek, lalu membantu orang-orang yang harus naik taksi dan terkena macet lalu menaiki ojek online yang lebih efisien ditambah lagi juga lebih murah.

Mau Menerima Kritik

aset tak berwujud

Sumber : shutterstock.com

Mau menerima kritik juga salah satu aset tak berwujud yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis yang ingin bisnisnya berkembang. Sebagai seorang manusia yang tidak luput dari kesalahan, mendapatkan kritik merupakan hal yang biasa dan dapat dimaklumi. Menerima kritik berarti tidak menutup telinga atau pun keras kepala ketika diberitahu tentang sesuatu yang salah.

Mau menerima kritik juga berarti melakukan apapun yang benar jika sebelumnya salah. Ketika seorang pebisnis mau menerima kritik, ia pasti akan mengubah apa yang salah dan tidak disukai oleh orang-orang, baik konsumennya maupun karyawan-karyawannya.

Nah Rekan Bijak, apakah kamu ingin menjadi seorang pebisnis? Dengan mempunyai aset tak berwujud yang ada seperti diatas, kamu bisa memiliki bisnis yang berkembang! Karena dengan mengikuti aset-aset diatas ini, selain diri kamu juga berubah, bisnis kamu pun juga pastinya akan lebih baik ketika kamu pegang!

Nah, Rekan Bijak mempunyai bisnis namun tidak mempunyai modal yang cukup untuk mengembangkannya? Rekan Bijak bisa pinjam di Danabijak yang merupakan wadah peminjaman uang secara kredit dengan jangka waktu yang pendek dan bunga yang rendah! Peminjaman di Danabijak juga tidak merepotkan loh! Tunggu apa lagi?

Aset tak Berwujud

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: