Asuransi Mobil Syariah

Asuransi Mobil Syariah adalah salah satu pilihan yang bijak jika Rekan Bijak ingin mengasuransikan kendaraanya. Saat ini sudah banyak perbankan yang membuka layanan asuransi syariah. Sebelum kita mengasuransikan kendaraan kita, ketahuilah dulu seputar informasi tentang asuransi mobil syariah.

Asuransi Mobil Syariah

Asuransi Mobil Syariah

Rekan Bijak, pernakah kita mendengar tentang Asuransi Mobil Syariah?

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui tentang sistem perbankan yang konvesional, namun ternyata terdapat dua sistem perbankan di Indonesia, yaitu konvesional dan syariah.

Perbedaan diantara sistem perbankan tersebut ada pada karakteristik dan sistemnya, di mana perbankan syariah mengutamakan nilai keadilan sesuai dengan syariat Islam di dalam setiap transaksinya, serta menghindari kegiatan spekulatif dalam transaksi keuangan. Selain perbankan syariah, perusahaan keuangan lain juga mengeluarkan produk keuangan berbasis syariah, salah satunya adalah asuransi syariah atau bisa juga disebut Tafakul. Asuransi syariah juga mengeluarkan berbagai macam produk seperti Tafakul rumah, Tafakul kesehatan dan Tafakul kendaaran.

asuransi mobil syariah

blogoart.com

Kali ini, Dana Bijak akan membahas tentang Asuransi mobil syariah, dimana kita dapat melindungi kendaraan kita dengan mengandalkan prinsip yang sesuai dengan syariat islam.

Salah satu perbedaan  diantara asuransi mobil konvensional dan asuransi mobil syariah adalah akad hibah di prinsip syariah, yang mana baik perusahaan dan pelanggan tidak mengharapkan imbalan. Sedangkan pada asuransi konvensional, kedua pihak berharap mendapatkan untung sebesar-besarnya dan kerugian minimal. Terdapat beberapa perbedaan lain antara asuransi mobil konvensional dengan asuransi mobil syariah. Beberapa informasi tentang asuransi mobil syariah antara lain adalah:

Syariat Islam

Yang pasti asuransi mobil syariah memakai Syariat Islam dalam menjalankan perusahaan baik itu dalam investasi maupun dalam operasionalnya.

Syariat Islam yang dipakai dalam asuransi mobil syariah adalah:

  • Riba
    Investasi syariah tidak memakai atau menanamkan investasi yang ada “Bunga Investasi”.
  • Halal/Haram
    Investasi yang dilakukan tidak masuk ke Bank dan Hotel atau pun minuman keras.
  • Zakat
    Perusahaan asuransi mobil syariah secara berkala melakukan zakat dari pendapatannya.

Perjanjian 

Memakai akad hibah dengan konsep tolong-menolong. Yang dimaksud adalah, kita sesama peserta asuransi akan saling tolong menolong jika ada peserta lainnya yang terkena musibah, kehilangan ataupun rusak. Karena memakai asas tolong menolong tidak ada riba dan haram di dalam asuransi mobil syariah.

Pengelolaan Dana

Dalam masalah pengelolaan dana, asuransi mobil syariah bersifat lebih transparan dibandingkan asuransi mobil pada umumnya. Pada asuransi mobil syariah, kita dapat terhindar dari suku bunga (riba) yang tidak sesuai dengan syariat. Dana pada asuransi mobil syariah akan dikelola dengan maksimal dengan tujuan untuk menguntungkan peserta asuransi syariah.

Kepemilikan Dana

Sama seperti pengelolaan risiko, berlandaskan prinsip syariah, maka kepemilikan dana pada asuransi kendaraan syariah adalah milik bersama atau milik seluruh peserta asuransi. Di sini, perusahaan asuransi hanya memegang peran sebagai pengelola dana. Yang berarti, premi yang disetorkan oleh nasabah adalah milik nasabah seutuhnya.

Bagi Hasil 

Keuntungan yang didapat dari pengelolaan dana asuransi akan dibagi untuk semua peserta dan perusahaan asuransi secara merata. Besarnya bagi hasil ini tergantung untung atau rugi perusahaan asuransi setiap bulannya dan juga tergantung berapa besar keuntungannya setiap bulannya. Bagi hasil akan dibagikan ketika polis asuransi mobil jatuh tempo/habis dan besarnya bagi hasil berdasarkan keuntungan perusahaan di bulan tersebut dan juga dengan catatan tidak pernah klaim selama setahun polis.

Pengawasan Dana

Ada Dewan Pengawas Syariah (DPS) di tiap perusahaan berbasis syariah, termasuk perusahaan asuransi. Tugasnya mengawasi perusahaan itu untuk selalu mentaati dan memegang teguh prinsip syariah dalam mengelola dana asuransi. DPS bertanggung jawab kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI). DPS ini akan ditempatkan di setiap perusahaan berbasis syariah dan perusahaan asuransi syariah dan bertugas untuk mengawasi operasional perusahaan agar sesuai dan taat pada prinsip syariah.

Selain informasi tentang asuransi kendaraan syariah diatas, berikut keuntungan yang bisa kita dapat dari asuransi kendaraan syariah:

  • Jumlah premi yang dapat dipilih oleh nasabah yang disesuaikan dengan keadaan ekonomi nasabah.
  • Nasabah dapat mengambil kembali premi (terpotong oleh dana tabarru) jika mengalami kesulitan pembayaran.
  • Premi yang berbeda untuk jenis, tipe, dan tahun mobil.

Inilah informasi yang berkaitan tentang asuransi mobil syariah, saat ini sudah banyak orang yang berminat dengan jenis asuransi syariah, para perusahaan asuransi konvensional juga sudah mengeluarkan produk asuransi mobil syariah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan bijak yang ingin mengasurasinkan kedaraannya dengan asuransi syariah

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: