Ayo, Asah dan Tingkatkan Kecerdasan Finansial dengan 4 Hal Ini!

Banyak yang berkata bahwa uang bukan segalanya, meskipun begitu rekan tetap perlu uang untuk bertahan hidup. Tidak itu saja, rekan juga bisa lebih mudah mendapatkan apa saja saat memilki uang yang cukup. Karena itu rekan perlu memilki pengetahuan dan kecerdasan finansial.

Ayo, Asah dan Tingkatkan Kecerdasan Finansial dengan 4 Hal Ini!

Ayo, Asah dan Tingkatkan Kecerdasan Finansial dengan 4 Hal Ini!

Kecerdasan finansial adalah kemampuan untuk mengenali, menciptakan dan mempraktikan sistem atau cara untuk mengakumulasi aset. Ia berperan aktif agar rekan bisa mengamankan masa depan. Hal ini berhubungan dengan bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan berinvestasi di tempat yang tepat agar keuangan tetap stabil bahkan bertambah. Kecerdasan finansial juga bisa membantu membangun hidup yang sejahtera dan bisa mengantisipasi berbagai masalah keuangan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Para ahli keuangan sepakat bahwa kecerdasan finansial harus dilatih sedini mungkin dan terus ditingkatkan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kecerdasan finansial :

Membuat Anggaran Pribadi

Kecerdasan Finansialsumber : akun.biz

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa keuangan rekan diatur dengan baik. Mulailah melacak arus uang, kemana uang tersebut pergi dan mengevaluasi kekayaan bersih secara berkala. Melacak kondisi keuangan akan membantu rekan mengevaluasi kemajuan dan menyoroti hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki.

Dan jangan lupa untuk membuat anggaran pribadi dan membuat prioritas pengeluaran mana saja yang penting dan harus segera dilakukan. Kategorikan setiap pengeluaran seperti pendidikan, perumahan, makanan, transportasi dan tabungan.

Belajarlah untuk mengelola keuangan dengan baik berapapun jumlahnya, karena bukan masalah banyak atau sedikit uang yang dimiliki. Jika terbiasa mengelola dalam jumlah kecil, rekan akan pandai dan terbiasa untuk mengatur keuangan yang besar. Dan saat rekan memilki sisa uang dari setiap pengeluaran, maka putuskan untuk memanfaatkannya dengan bijak.

Baca Juga : 7 Macam Alokasi Dana yang Perlu Ada dalam Pengeluaran

Menabung dan Berinvestasi

Kecerdasan Finansialsumber : inovasee.com

Setelah membuat rancangan anggaran, salah satu yang ada dalam daftar mungkin menabung. Karena rekan perlu menyimpan dana untuk menghadapi keadaan darurat yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Mulailah dengan menabung untuk dana pensiun sedini mungkin dan jangan menunggu sampai rekan tua.

Tidak hanya itu, rekan juga perlu menginvestasikan kembali penghasilan yang didapatkan secara rutin. Semakin dini rekan berinvestasi, maka akan semakin besar potensi imbal hasil yang didapatkan di masa depan. Jangan menunggu saat menjadi kaya untuk berinvestasi, tapi berinvestasilah untuk menjadi kaya. Cara mengatur keuangan dalam berinvestasi seperti ini bisa menjadi salah satu alternative rekan dalam mengatur keuangan dengan baik.

Tapi sebelum berinvestasi sebaiknya rekan mempelajari dahulu mengenai seluk beluknya. Belajar dapat dilakukan dengan membaca buku, internet atau dengan mengikuti kelas investasi. Selain mendapat keuntungan uang rekan juga akan mendapat ilmu yang bermanfaat dan tentu akan membantu meningkatkan kecerdasan finansial.

Baca Juga : Lebih Menguntungkan yang Mana, Investasi atau Menabung?

Menghindari Perilaku Konsumtif

Kecerdasan Finansialsumber : magazine.job-like.com

Beberapa dari rekan pasti mudah sekali tergoda untuk membelanjakan uangnya entah karena sedang ada diskon atau karna tergiur barang yang sedang populer. Apalagi banyak lembaga keuangan yang muncul dengan iming-iming diskon atau promo menarik lainnya. Banyak orang bilang hidup itu murah, namun pada kenyataanya gaya hiduplah yang membuatnya mahal.

Yang perlu dikedepankan saat berbelanja adalah esensi. Sebelum memutuskan membeli sesuatu, tanyakan dahulu pada diri sendiri apakah rekan benar-benar membutuhkan barang tersebut, atau hanya demi memuaskan hasrat belanja semata saja.

Orang yang memilki kecerdasan finansial tinggi tentu bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jika rekan bisa tahu cara mengatur keungan dengan baik, mungkin nantinya rekan akan masuk dalam tanda orang sukses dalam mengatur prioritas keuangan.

Baca Juga : Merasa Boros? 6 Tips Ini Membantu Kamu Menghadapi Belanja Impulsif

Tumbuhkan Semangat Entrepreneurship

Kecerdasan Finansialsumber : befast.tv

Boleh saja memilki cita-cita untuk menjadi orang kaya dan menjadikannya salah satu tujuan hidup. Ini adalah salah satu cara membangkitkan semangat entrepreneurship. Belajarlah dari kisah sukses para pengusaha bagaimana mereka membangun usaha dari nol hingga menjadi besar.

Mulailah dengan menggali potensi diri, bakat serta minat yang rekan milki untuk membuat prioritas yang lebih dulu untuk membuat planning entrepreneurship. Dengan mengetahui potensi atau minat apa yang dimilki, maka akan lebih mudah bagi rekan untuk menentukan jenis usaha apa yang ingin dibangun.

Baca Juga : Wajib Simak 7 Tips Ini untuk Jadi Pengusaha Muda Yang Sukses!

Meningkatkan kecerdasan finansial dapat cepat terwujud jika rekan mau bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya. Bagaimana mengelola dan merealisasikan rencana keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Mari jadi orang yang bijak dalam menggunakan dan mengelola keuangan agar rekan dapat merasakan apa itu kemerdekaan finansial.

Baca Juga : 7 Perilaku yang Membuat Kemerdekaan Finansial Sulit Terwujud

Itu dia beberapa hal yang dapat membantu rekan untuk meningkatkan kecerdasan finansial. Jika rekan masih bingung silahkan baca artikel diatas lagi ya dan semoga bermanfaat!

Finansial

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: