7 Barang Memorabilia Olahraga yang Terjual dengan Harga Tinggi

Apakah kamu mempunyai barang yang akan membuat kamu mengenang suatu hal? Barang-barang tersebut tentunya akan kamu simpan agar kamu tidak kehilangan kenangannya. Hal itu juga termasuk kenangan dalam olahraga. Banyak barang memorabilia olahraga yang akhirnya dijual dengan harga tinggi, sekaligus menjadi investasi.

7 Barang Memorabilia Olahraga yang Terjual dengan Harga Tinggi

7 Barang Memorabilia Olahraga yang Terjual dengan Harga Tinggi

Dalam olahraga, banyak kejadian-kejadian penting yang akan selalu dikenang oleh orang-orang. Sebut saja ketika Cleveland Cavaliers berhasil membuat comeback dalam Final NBA 2016 dengan bintangnya James Lebron, saat Liverpool membuat comeback di Final Liga Champions Eropa 2005 saat melawan tim superstar AC Milan dari tertinggal 3-0 menjadi 3-3 dan berhasil memenangkan adu penalti dengan skor 3-2, atau yang baru-baru ini dalam olahraga adu fisik antara Khabib Nurmagomedov melawan Conor Mcgregor di tahun 2018 dengan kemenangan Khabib.

Kenangan-kenangan dalam olahraga ini membuat banyak barang yang sebenarnya barang biasa, namun karena kenangan-kenangan tersebut, barang-barangnya menjadi barang dengan harga yang tinggi, dan bahkan dapat dilelang hingga menjadi suatu investasi. Hal ini tidak terbatas dalam 1 atau 2 olahraga, namun banyak. Kebanyakan, barang-barang yang dihargai mahal tersebut berasal dari Amerika Serikat. Lalu, apa sajakah barang-barang memorabilia olahraga yang sangat dikenang? Simak, Rekan Bijak!

Seragam Babe Ruth 1920

olahraga

Sumber : OCregister.com

Babe Ruth adalah seorang pemain bisbol asal Amerika Serikat dan dikatakan sebagai salah satu pemain bisbol terbaik sepanjang sejarah bisbol dunia. Ia dikatakan salah satu pemain bisbol terbaik sepanjang sejarah bisbol karena kemahirannya dan kehebatannya dalam memukul bola, hingga melakukan pukulan home run hingga 714 kali, rekor yang bertahan hingga 1974 oleh Hank Aaron.

Seragam New York Yankees miliknya pada tahun 1920-an terjual pada angka Rp 40 miliar atau dalam USD, adalah sekitar 4.415.658 dolar AS pada tahun 2012 lalu dan merupakan harga pelelangan barang olahraga termahal sepanjang sejarah. Sekarang, barang tersebut ditaruh di Museum di Baltimore, Amerika Serikat.

Piagam Peraturan NBA oleh James Naismith

olahraga

Sumber : Basketballismypassion.com

Siapa bilang kertas tidak akan mempunyai harga? Kertas yang dibuat oleh James Naismith adalah salah satu bukti bahwa kertas pun bisa berharga. Mengapa kertas ini bisa berharga? Karena kertas ini berisi tentang peraturan awal olahraga basket yang dibuat sendiri oleh penggagas awal basket, James Naismith. Perlu diingat, bahwa basket sendiri pada awalnya merupakan olahraga yang sebenarnya tercipta secara tidak sengaja karena dibuat untuk para mahasiswanya yang ingin mengisi waktu liburan oleh Naismith.

Piagam peraturan tersebut pun akhirnya terjual dengan harga 4.34 juta dolar AS atau sekitar Rp 57 miliar dan sampai sekarang merupakan salah satu barang memorabilia termahal dunia.

Bola Bisbol Mark McGwire

olahraga

Sumber : mensjournal.com

Mark McGwire adalah salah satu pemain bisbol terbaik sepanjang sejarah bisbol. Pemain bisbol ini juga dikenal mencatatkan salah satu pemegang rekor home runs terbanyak di dunia, dengan totalnya sebanyak 583. Ia juga dikenal kontroversial setelah ketahuan memakai steroid, namun walau bagaimanapun, ia merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah bisbol.

Yang menarik adalah bola home run nya yang ketujuhpuluh. Mengapa menarik? Karena bolanya tersebut terjual dengan harga Rp 40 miliar. Bola home run tersebut seolah memperingatkan bahwa akan terbit salah satu legenda bisbol terbaik sepanjang sejarah bisbol, yakni Mark McGwire atau biasa dipanggil sebbagai Big Mac.

Buku Peraturan Sepak bola Sheffield 1857

olahraga

Sumber : BBC.co.uk

Buku peraturan sepak bola sheffield merupakan hal lain yang juga dilelang sebagai salah satu barang memorabilia olahraga termahal, dengan harganya mencapai Rp 12,1 miliar, atau dalam poundsterling, mencapai 881,250 poundsterling. Peraturan ini diyakini sebagai cikal bakal peraturan sepak bola yang ada sampai sekarang ini, dan diyakini sebagai salah satu arsip yang membawa evolusi sepak bola modern.

Dalam peraturannya, ada peraturan-peraturan seperti tendangan bebas atau pun tendangan sepak pojok. Pelelangan tersebut akan dijadikan sebagai dana untuk klub tersebut mengembangkan klubnya sendiri, sehingga dananya sangat penting untuk klub tersebut.

Kartu Bisbol Honus Wagner

olahraga

Sumber : Youtube.com

Honus Wagner adalah pemain bisbol keturunan Jerman-Amerika Serikat yang bermain hampir sepenuhnya untuk Pittsburgh Pirates. Karena keturunannya berasal dari jerman, ditambah lagi dengan kecepatan dan kelincahannya, ia dijuluki sebagai “The Flying Dutchman”. Ia juga dikenal sebagai salah satu pemain shortstop bisbol terbaik sepanjang sejarah bisbol Amerika Serikat.

Yang terkenal dari Honus Wagner hingga mendunia adalah kartu bisbol T206 Honus Wagner. Kartu ini dikenal dengan kelangkaannya dan juga harganya yang mahal. Kartu bisbol ini mengalami kelangkaan karena ketidaksetujuan Honus Wagner dalam pemroduksian kartu, entah dengan alasan karena tidak ingin anak-anak membeli sekotak rokok untuk mendapatkan kartu, atau pun karena kompensasi yang kurang. Hal itu secara tidak sengaja membuat kartu T206 Honus Wagner hanya diproduksi 50-200 kartu, hingga ada satu kartu terjual Rp 29 miliar atau 2,8 juta dolar AS pada tahun 2007 lalu.

Permen Karet Terakhir Sir Alex Ferguson Bersama Manchester United

olahraga

Sumber : Eurosport.ru

Permen karet dan Sir Alex Ferguson bisa dikatakan merupakan “kisah romantis” dalam sepak bola romantis. Setiap pertandingan, Sir Alex Ferguson mengunyah permen karet. Memang, penelitian mengatakan bahwa permen karet bisa menurunkan rasa tegang, namun siapa sangka, barang kecil tersebut juga ikut berhasil membawa Sir Alex Ferguson dan juga tim besutannya, Manchester United, menjadi salah satu tim paling hebat sepanjang sejarah sepak bola dunia dengan perolehan gelar liga inggris terbanyak melewati Liverpool FC.

Sir Alex Ferguson juga berhasil membawa Manchester United ke tingkat Eropa dengan meraih 2 gelar liga champions Eropa. Karena keberhasilan-keberhasilannya, tidak mengagetkan ia juga didaulat sebagai salah satu pelatih sepak bola modern terbaik sepanjang masa. Ketika laga terakhir Manchester United sebelum ia digantikan David Moyes karena ia pensiun, ia sempat membuang permen karetnya. Permen karet terakhirnya pun diambil oleh seorang suporter dan terjual dengan harga Rp 6 miliar atau sekitar 390.000 poundsterling.

Sarung Tinju Muhammad Ali Lawan Sonny Liston 1964

olahraga

Sumber : Tribunnews.com

Siapa yang tidak mengenal Muhammad Ali? Ia adalah salah satu petinju terbaik sepanjang masa, dan terkenal sebagai salah satu orang berkulit hitam terbaik dalam dunia tinju. Dapat dikatakan, Muhammad Ali berhasil membuat orang-orang pun tertarik dengan segala pakaian yang ia pakai ketika bertarung. Salah satunya adalah sarung tinju yang dimiliki oleh Muhammad Ali saat melawan Sonny Liston.

Ketika Muhammad Ali mengalahkan Sonny Liston pada 25 Februari 1964 dalam perebutan gelar juara kelas berat, sarung tinjunya dijual dengan harga yang cukup tinggi, yakni sekitar Rp 9.7 miliar atau 836.500 dolar AS. Sarung tinju ini membuktikan bahwa bagaimana Muhammad Ali memang dicintai oleh masyarakat, ditambah dengan kehebatannya dalam tinju.

Banyak juga barang-barang memorabilia olahraga yang sudah terjual mahal. Jika di Indonesia, sebut saja mulai dari raket bulutangkis milik Jonathan Christie di Asian Games 2018, medali juara dunia milik Icuk Sugiarto, hingga raket milik Rudy Hartono yang membuatnya juara All England 8 kali. Bagaimana dengan kamu Rekan Bijak? Jika ada atlet yang berpotensi populer dan terkenal, langsung saja mencari barangnya dan membelinya, bisa menjadi investasi jika atlet tersebut terkenal dan menjadi legenda, loh!

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: