Content Writer dan Copywriter, Apa Ya Bedanya? Yuk, Cari Tahu!

Ada berbagai macam profesi yang ada di dunia, setiap profesi memiliki kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Profesi tersebut ada untuk membantu manusia dalam mendapatkan pekerjaan, kemudian pada akhirnya, manusia akan mendapatkan penghasilan. Penghasilan tersebut berguna untuk manusia, supaya bisa bertahan hidup.

Content Writer dan Copywriter, Apa Ya Bedanya? Yuk, Cari Tahu!

Content Writer dan Copywriter, Apa Ya Bedanya? Yuk, Cari Tahu!

Dari sekian banyak pekerjaan, profesi yang ada di dunia, ada profesi yang sedang dicari oleh hampir seluruh perusahaan yang ada di dunia, profesi tersebut yaitu content writer dan copywriter. Keduanya sama-sama menggunakan kata “writer“, tetapi sebenarnya kedua profesi tersebut memiliki perbedaan.

Beberapa orang masih sulit membedakan kedua profesi tersebut, bahkan, menganggap kedua profesi tersebut merupakan profesi yang sama. Padahal, nyatanya kedua profesi tersebut memiliki perbedaan. Supaya, Reka Bijak lebih mudah untuk memahami perbedaannya, Danabijak menjelaskan sesuai dengan profesi masing-masing saja ya. Lalu, apa saja perbedaaan antara content writer dan copywriter ya?

Content WriterSumber : ngotik.com

Content Writer

Content writer atau penulis konten merupakan profesi atau pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk menulis konten artikel di blog, website, ataupun situs lainnya. Seorang penulis konten akan membuat tulisan yang disebut dengan artikel. Dalam membuat sebuah artikel, seorang penulis konten harus informatif, sehingga membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel yang sudah dibuat.

Jika, Rekan Bijak ingin menjadi seorang penulis konten, maka, Rekan Bijak harus memiliki keahlian berupa SEO. SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu mesin yang berguna untuk meningkatkan website yang dimiliki perusahaan atau organisasi, supaya bisa berada di rangking pertama dalam mesin pencarian, mesin pencarian yang di maksud yaitu Google.

Content WriterSumber : news.santara.co.id

Saat membuat artikel, penulis konten harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari seberapa informatif artikel atau tulisan yang dibuat, seberapa edukatif artikel atau tulisan yang dibuat, hingga seberapa menarik artikel atau tulisan yang dibuat. Tidak bisa dipungkiri, bagi beberapa orang membaca merupakan kegiatan yang lumayan membosankan. Untuk itu, seorang penulis konten harus membuat artikel atau tulisan sebaik mungkin, supaya, pembaca tertarik, dan membaca artikel atau tulisan yang dibuat oleh penulis konten.

Content WriterSumber : falconwords.com

Untuk menghasilkan suatu artikel atau tulisan yang menarik, maka, seorang penulis konten harus memperhatikan beberapa teknik penulisan. Teknik tersebut meliputi :

  1. Riset, seorang penulis konten harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai informasi, dan data yang akan di tulis oleh penulis konten. Biasanya, seorang penulis konten membutuhkan lebih dari dua referensi dari sejumlah artikel, atau data yang sudah ada.
  2. Membaca, menjadi seorang penulis konten, maka, harus terbiasa dengan membaca, karena, membaca merupakan kegiatan yang saling berkesinambungan. Dengan membaca, maka, seorang penulis dapat menambah wawasan, seperti menambah kosa kata, cara merangkai kata, kalimat, hingga paragraf.
  3. Brainstorming, tujuan menguasai teknik ini untuk Rekan Bijak, jika ingin menjadi penulis konten yaitu dapat menjadi sarana penyalur gagasan, dengan sistematis, dan memiliki maksud, serta tujuan yang jelas dari membuat suatu artikel atau tulisan.
  4. Menulis, seperti namanya, teknik yang harus Rekan Bijak kuasai yaitu dengan menulis. Oleh karena itu, jika, Rekan Bijak ingin terjun ke profesi ini, Rekan Bijak harus bisa menulis dengan baik, dan benar.

Setelah memiliki berbagai macam teknik diatas, maka, Rekan Bijak akan mendapatkan keuntungan, seperti memiliki wawasan yang luas, menjadi lebih kreatif, belajar hal-hal baru, bermanfaat bagi banyak orang, bahkan, bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit.

Copywriter

Content WriterSumber : mediabistro.com

Copywriter merupakan profesi yang mengharuskan seseorang untuk membuat, mengerjakan suatu tulisan yang memiliki isi berupa iklan atau promosi dari suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi. Intinya, copywriter adalah orang yang menulis sesuatu untuk mempengaruhi pembaca. Copywriter biasanya menulis suatu tulisan untuk keperluan marketing, atau mempromosikan produk, serta jasa dari perusahaan.

Content WriterSumber : freeeup.com

Biasanya seorang copywriter sering dibutuhkan untuk keperluan komersil, atau pemasaran. Tugas utama dari seorang copywriter saat membuat tulisan yaitu harus mampu membuat pembaca tertarik, sehingga membuat pembaca membeli produk dari perusahaan. Hal yang perlu diperhatikan, supaya copywriter menjadi efektif yaitu pada paragraf pertama menjelaskan apa yang dijual, paragraf yang selanjutnya menjelaskan keuntungan, serta juga informasi lengkap mengenai produk, dan pada paragraf yang terakhir yaitu berisikan mengenai info bagaimana cara membeli produk.

Content WriterSumber : Tempo.co

Intinya, perbedaan antara content writer dan copywriter yaitu

  • Content Writer = Build Trust
  • Copywriter = Build Action

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan perbedaan dari content writer dan copywriter? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Content Writer

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: