6 Film yang Akan Membuat Belajar Manajemen Keuangan Lebih Menyenangkan

Ingin belajar manajemen keuangan namun tidak ingin pusing membaca buku atau artikel rumit yang ada? maka rekan bisa mempelajari manajemen keuangan dengan menonton film tentang keuangan, bisnis dan lainnya. Yang tentu lebih menyenangkan dan bermanfaat.

6 Film yang Akan Membuat Belajar Manajemen Keuangan Lebih Menyenangkan

6 Film yang Akan Membuat Belajar Manajemen Keuangan Lebih Menyenangkan

Setiap film memiliki kisah yang berbeda-beda dan pasti memiliki pesan dan pelajaran dibalik sebuah film. Dan ternyata banyak film yang mengangkat tema mengenai finansial. Film-film tersebut bisa membantu rekan belajar bagaimana manajemen keuangan yang baik.

Baca Juga: Ayo, Asah dan Tingkatkan Kecerdasan Finansial dengan 4 Hal Ini!

Jika biasanya belajar di dalam kelas, maka cara belajar dengan menonton film akan sangat menyenangkan dan tidak membosankan karena rekan akan disuguhkan dengan cara belajar melalui audio visual yang dikemas dalam sebuah film.

Berikut 6 film yang akan berguna untuk mempelajari cara mengelola keuangan dengan baik :

Jerry Maguire (1996)

Filmsumber : aol.com

Jerry Maguire merupakan sebuah film drama yang dirilis tahun 1996, pemeran utamanya dimainkan oleh Tom Cruise. Jerry adalah seorang agen olahraga yang mencoba kembali ke puncak kejayaan. Melalui kisah dan plot ceritanya jerry mengajarkan untuk selalu lebih menghormati orang dibandingkan uang.

Diceritakan pula bagaimana jerry mengalami pasang surut bisnis. Dan bagaimana ia akhirnya bangkit dari keterpurukan dengan melakukan kerja keras terbaik agar satu atlet yang masih setia dengannya mendapatkan kontrak bagus. Hingga bisnis kecil yang dijalaninya kembali sukses.

Baca Juga: Usaha Pailit? 8 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan agar Usahamu Bangkit!

The Pursuit of Happyness (2006)

Filmsumber : imdb.com

Dirilis tahun 2006 dengan dibintangi aktor ternama, Will Smith. The pursuit of Happyness mengisahkan kehidupan Chris Gardner, seorang salesman miskin yang berhasil menjadi pialang saham yang sukses dan kaya raya.

Awalnya kehidupan keluarga Chris dipenuhi tagihan yang menumpuk. Akibat kesulitan keuangan, akhirnya ia dan putranya yang masih kecil harus tidur di tempat penampungan atau stasiun kereta. Pada suatu hari secara kebetulan Chris bertemu seorang pialang kaya raya dan mencoba peruntungan di dunia finansial dan saham. Ia terus bekerja keras hingga akhirnya berhasil mendirikan perusahaan pialangnya sendiri.

Pelajaran yang dapat di petik dari Chris Gardner ini adalah untuk meraih kesuksesan kunci utamanya adalah dengan kerja keras dan merencanakan masa depan dengan matang.

Baca Juga: 6 Alasan Penting Memiliki Target untuk Mengembangkan Suatu Bisnis

Margin Call (2011)

Filmsumber : lippo.co.id

Mengambil latar krisis ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat tahun 2008, dengan mengisahkan 36 jam pertama dalam krisis, bagaimana cara perusahaan dan bankir AS mengenali tanda-tanda resesi ekonomi di negara adidaya tersebut.

Melalui Margin Call, poin penting yang dapat diperoleh tentang keuangan adalah keuntungan. Hal itu seringkali didapat dari penderitaan orang lain. Banyak perusahaan melakukan praktik bisnis tanpa mengukur kemampuannya sendiri.

Baca Juga: 6 Manfaat Memiliki Laporan Keuangan untuk Bisnis

The Wolf of Wall Street (2013)

Filmsumber : traderlife.co.uk

Dengan Leonardi DiCaprio yang berperan sebagai Jordan Belfort, seorang pialang yang harus meninggalkan pekerjaannya karena perusahaan saham tempatnya bekerja sudah gulung tikar. Namun Kecintaannya pada dunia saham membuat Belfort tetap ingin menjadi seorang pialang.

Ia dan teman-temannya akhirnya membuka perusahaan saham sendiri. Sayangnya, dipuncak kejayaan karirnya, mereka tergoda melakukan tindakan ilegal hingga menjadi buronan FBI. Film biografi Jordan Belfort ini mencoba menghibur sekaligus menyindir kehidupan orang kaya baru dan para mafia saham.

Baca Juga: Melihat 7 Alasan Investasi Saham Banyak Diminati Orang

The Big Short (2015)

Filmsumber : due.com

Berlokasi di area Wall Street, film ini mengisahkan empat pria yang memiliki ide gila di tengah krisis perekonomian dunia. The Big Short merupakan adaptasi dari buku berjudul serupa karya Michael Lewis. Menggunakan krisis finansial global sebagai latar cerita.

Dalam film ini rekan akan melihat Margot Robbie dan Selena Gomez menjelaskan sejumlah istilah ekonomi hingga situasi perkenomian dunia dengan analogi yang mudah untuk dipahami.

Baca Juga: Mengalami Krisis Finansial? Yuk, Hadapi dengan 5 Cara Ini!

The Wizard of Lies (2017)

Filmsumber : bzfilm.com

Film yang diangkat dari buku karanga Diana B. Henriques, berjudul The Wizard of Lies : Bernie Madoff and the Death of Trust, ini mengingatkan penontonnya untuk lebih berhati-hati saat berinvestasi.

Bagaimana rekan harus pandai-pandai memilih jenis dan tempat investasi, agar tidak tertipu oleh investasi abal-abal yang dapat melakukan penipuan seperti yang dilakukan oleh Bernard Madoff secara besar-besaran.

Baca Juga: Simak, 7 Tips Berinvestasi Bagi Para Investor Pemula

Nah, itu adalah beberapa film yang bisa rekan tonton saat sedang belajar tentang pengelolaan keuangan dan hal lain yang berkaitan dengan dunia finansial. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Film

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: