Ingin Bisa Bahasa Mandarin Tanpa Kursus? Inilah 6 Cara Belajarnya!

Beberapa tahun belakangan ini, pengaruh Tiongkok di segala bidang telah menguat, terutama di bidang ekonomi. Lebih parahnya lagi, pengaruhnya pun paling besar di benua Asia. Tidak mengagetkan bahwa memang sudah banyak perusahaan yang membutuhkan orang untuk bisa berbahasa Mandarin. Mungkin, demi karier yang lebih baik, sudah saatnya kamu belajar bahasa Mandarin. Kursusnya mahal? Tenang, bisa kok secara otodidak!

Ingin Bisa Bahasa Mandarin Tanpa Kursus? Inilah 6 Cara Belajarnya!

Ingin Bisa Bahasa Mandarin Tanpa Kursus? Inilah 6 Cara Belajarnya!

Sebagai bahasa dengan pemakai terbanyak di dunia, bahasa Mandarin merupakan bahasa asing yang saat ini diincar orang-orang untuk bisa segera dipelajari, terutama agar bisa memuluskan karier di masa depan. Ditambah lagi, Tiongkok sebagai negara asal bahasa Mandarin, telah memberikan pengaruh di segala bidang. Mau tidak mau, orang-orang pun harus juga belajar bahasa ini selain bahasa Inggris, yang sudah terlebih dahulu dipakai sebagai bahasa internasional.

Lalu, dengan begitu, dengan bisa bahasa Mandarin, kamu pun punya kemungkinan lebih besar untuk masuk ke sebuah perusahaan, mengingat kemampuan untuk berbahasa asing sekarang ini sangatlah diutamakan oleh banyak perusahaan, apalagi perusahaan-perusahaan multinasional maupun lokal. Dan mampu berbahasa Mandarin akan membuat kamu bisa lebih diterima oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai hubungan dengan Tiongkok.

Lalu, jika sudah begitu, kamu mungkin sudah waktunya untuk belajar bahasa Mandarin demi masa depan yang lebih baik, namun kursus Mandarin pun harus bayar lagi. Namun tenang, kamu tetap bisa belajar bahasa ini secara otodidak. Bagaimanakah caranya?

Pelajari Kata-Kata Dasar

bahasa mandarin

Sumber : Limpehft.blogspot.com

Mempelajari kata-kata dasar dalam bahasa Mandarin merupakan hal paling penting sebelum masuk ke dalam bahasa itu sendiri. Mengapa? Karena kosa katanya akan sangat terpakai, karena bahasa ini mempunyai kosa kata yang akan dicampur-campurkan dengan kosa kata lainnya, sehingga akan membentuk satu kata tertentu dengan arti berbeda. Misalkan, 看 Kàn artinya melihat, lalu 书 Shū artinya buku, jika digabungkan, secara harfiah diartikan sebagai “melihat buku”, padahal arti aslinya adalah membaca.

Lalu, juga harus mempelajari nada-nada dasar. Nada-nada dasar dalam mandarin, secara umum ada empat, yakni nada satu yang diucapkan dengan flat dan seperti robot, nada dua yang diucapkan dengan nada yang naik, nada tiga yang diucapkan nada dengan nada yang turun, bahkan terkadang sangat turun lalu naik, dan nada yang keempat adalah nada turun, dan biasanya nadanya seperti nada orang membentak. Ada juga nada netral, yang biasanya dikatakan sebagai nada kelima, yakni nada yang tidak memakai nada sama sekali.

Belajar secara online

bahasa mandarin

Sumber : Shutterstock.com

Belajar secara online merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Nah, jika kamu ingin belajar bahasa Mandarin, mungkin sudah saatnya kamu mencoba untuk belajar secara online, karena sekarang ini, menemukan materi belajar secara online tidaklah sulit, ditambah lagi juga sudah banyak orang yang memerlukan belajar bahasa asing demi karier, sehingga untuk menemukan materi bahasa ini tidaklah sulit.

Belajar bahasa Mandarin juga kamu bisa lakukan dengan cara berbicara dengan orang-orang asli Taiwan atau pun orang-orang asal Tiongkok, dan kamu bisa meminta mereka untuk mengajarkan kamu bahasa asli mereka. Dengan begitu, kamu akan lebih terlatih untuk berbicara bahasa mereka.

Ikut Komunitas dengan Tujuan yang Sama

bahasa mandarin

Sumber : Gettyimages.ca

Banyak sekarang ini komunitas yang berdiri untuk saling membantu dan bersama-sama saling memotivasi. Sekarang ini, ada grup-grup seperti grup di Whatsapp, square di Line hingga grup-grup di Facebook yang menjadi suatu komunitas untuk belajar bahasa-bahasa asing. Kebanyakan adalah grup-grup yang belajar bahasa Inggris, namun tidak sedikit grup-grup yang fokus pada pembelajaran bahasa Mandarin.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas seperti ini. Kemudahan teknologi yang ditawarkan membuat kamu tidak akan terlalu kesulitan untuk mencari motivasi dalam belajar bahasa, mencari orang-orang yang sudah lebih senior dalam pembelajaran bahasa Mandarin, dan lain-lain.

Mengubah Kebiasaan

bahasa mandarin

Sumber : Learning.jobscentral.com.sg

Mengubah kebiasaan adalah hal yang sangat penting jika kamu memang benar-benar mau otodidak untuk belajar bahasa Mandarin. Kamu perlu mengorbankan beberapa hal, seperti waktu senggangmu, mungkin waktu pas kamu sedang pergi gym pun juga harus kamu buang, hingga waktu bertemu dengan teman-teman. Hal-hal seperti itu mungkin sudah saatnya kamu buang jika kamu memang ingin fokus dalam belajar bahasa Mandarin.

Kamu juga perlu ingat, bahwa banyak hal yang kamu perlu prioritaskan. Jika kamu sedang bekerja, tentunya kamu harus prioritaskan terlebih dahulu pekerjaanmu. Jika kamu seorang anak kuliah, tentunya kamu harus fokus kuliah. Belajar bahasa Mandarin pun juga dapat diprioritaskan, namun itu prioritas kedua atau ketiga. Mungkin, yang harus dikorbankan adalah waktumu bersenang-senang. Ya, memang sulit, namun tidak ada hal di dunia ini yang dapat didapatkan tanpa pengorbanan, bukan?

Tulis Tulisan Mandarin Setiap Hari

bahasa mandarin

Sumber : Shutterstock.com

Menulis tulisan Mandarin adalah hal yang penting jika kamu memang benar-benar hebat di dalam bahasa Mandarin. Mengapa? Karena tulisan Mandarin bukanlah tulisan alfabet Latin yang setiap hari orang Indonesia seperti kita pakai, namun tulisan Mandarin memakai tulisan-tulisan yang berakar dari gambar-gambar, seperti tulisan 日 Rì yang berakar dari gambar matahari yang berbentuk bulat, atau pun 人 Rén yang berakar dari gambar manusia.

Menulis kosa kata gambar seperti ini merupakan hal yang tidak biasa bagi orang-orang Indonesia pada umumnya, namun bisa dilatih. Salah satu cara melatihnya adalah dengan tiap hari menuliskan tulisan-tulisan Mandarin seperti ini agar bisa lebih baik dalam bahasa Mandarin.

Jika Perlu, Kumpulkan Uang ke Tiongkok

bahasa mandarin

Sumber : Rbcwealthmanagement.com

Jika kamu memang benar-benar mau fokus untuk segera belajar bahasa Mandarin dengan waktu yang tidak lama, sangat disarankan untuk langsung mengumpulkan uang di Tiongkok. Mengapa? Karena disana kamu akan dilatih dengan cara dipaksa untuk mengerti bahasa dari sana, apalagi lebih parahnya, kebanyakan orang Tiongkok tidak begitu mengerti bahasa Inggris, sehingga kamu akan lebih dipaksa lagi untuk mengerti bahasa Mandarin.

Dengan adanya paksaan tersebut, kamu akan secara pelan-pelan dilatih cara berbicara bahasanya, dan kamu lama-lama pun akan terbiasa. Dan mungkin, dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun, kamu akan sudah lancar berbicaranya. Untuk itu, kalau kamu ingin benar-benar langsung bisa bahasa Mandarin, sangat disarankan kamu langsung pergi ke negara pemakainya, Rekan Bijak!

Jika Rekan Bijak memang ingin fokus untuk belajar bahasa Mandarin secara otodidak, Rekan Bijak bisa mengikuti cara-cara uang ada di atas ini. Pasti nanti berguna jika kamu memang ingin serius belajar bahasa tersebut!

bahasa mandarin

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: