Uang Habis karena Liburan? Inilah Tipsnya agar Berhemat saat Berlibur!

Pastinya, ketika Rekan Bijak berlibur, Rekan Bijak sangatlah ingin memuaskan dan melepaskan diri dari penatnya kehidupan biasa, seperti berkantor, berkuliah atau pun bersekolah, dan cenderung untuk membuang-buang uang yang ada agar memuaskan diri. Namun, tetaplah ingat, bahwa berhemat, ketika liburan pun penting, terutama untuk keuangan setelah liburan yang panjang.

Uang Habis karena Liburan? Inilah Tipsnya agar Berhemat saat Berlibur!

Uang Habis karena Liburan? Inilah Tipsnya agar Berhemat saat Berlibur!

Rekan, apakah Rekan merasa sama sekali tidak berhemat saat pergi liburan? Tenang, hal itu mungkin terjadi pada sebagian besar orang, yang memang saat liburan sudah ingin bersenang-senang tidak ingin mengingat suatu apapun saat hari biasa, terutama saat bekerja dan berkuliah, atau pun belajar di sekolah. Ya, hal ini memang normal, namun bukanlah suatu hal yang patut diikuti dan dicontoh. Mengapa? Karena hal itu, selain membuang-buang uang, juga hanya merusak anggaran keuangan yang bisa sebenarnya dialokasikan untuk hal lain yang lebih berguna.

Berhemat saat liburan, bisa dikatakan sebagai suatu hal yang penting dan perlu untuk dilakukan. Mengapa? Karena saat liburan sudah selesai, kamu harus memastikan keuangannya itu cukup setelah pergi berlibur. Apa yang terjadi jika uangnya tidak cukup? Yang ada nantinya malah minjam uang kesana dan kesini. Tentunya hal itu memberatkan dan hanya akan membebani. Lalu, apa sajakah tips berhemat saat berlibur agar uang tidak habis saat liburan usai?

Destinasi yang Jelas dan Tidak Terlalu Mahal

berhemat

Destinasi yang jelas merupakan hal terutama dalam hal untuk berhemat saat liburan. Mengapa? Karena dengan adanya destinasi yang jelas, kamu juga akan tahu berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk benar-benar bergembira senang ria di tempat kamu berlibur. Kamu hanya perlu memperkirakan berapa uang yang harus kamu kumpulkan untuk transportasi, akomodasi hingga uang lainnya agar menikmati liburan.

Pergi ke suatu destinasi liburan, kamu juga harus bepergian dengan harga yang tidak terlalu mahal. Jika kamu ingin sebuah penginapan yang enak, carilah tiket pesawat yang murah dan penginapan yang mahal. Jika kamu ingin pergi ke tempat-tempat yang cukup membuang uang, kamu harus mencari akomodasi dan tiket pesawat yang murah, agar tidak terjadi pemborosan.

Membuat Anggaran Kebutuhan saat Liburan

berhemat

Membuat anggaran kebutuhan saat liburan merupakan hal penting lainnya. Mengapa membuat anggaran kebutuhan itu penting? Agar kamu bisa membedakan apa yang menjadi kebutuhan kamu dan apa yang menjadi kamu inginkan ketika pergi berlibur. Anggaran kebutuhan setelah liburan jugalah sangat penting untuk kamu. Anggaran kebutuhan setelah berlibur merupakan uang yang harus kamu sisihkan ketika liburan sudah kelar dan harus melanjutkan hidup yang normal.

Anggaran kebutuhan saat berlibur akan sangat membantu jika kamu ingin berhemat. Dengan anggaran ini, kamu akan lebih waswas dalam mengeluarkan uang sambil mengingat apa saja yang harus dikeluarkan saat liburan selesai. Tentunya ini demi kebutuhanmu saat hari biasa setelah liburan.

Ada Pengaturan Jadwal Liburan yang Baik

berhemat

Pengaturan jadwal liburan yang baik merupakan hal lainnya yang penting, dan ini juga penting sebelum kamu mengatur anggaran kamu. Pengaturan jadwal liburan yang baik akan menyisakan hari-hari saat liburan kamu di rumah, di kota tempat berlibur, dan saat pergi jalan-jalan. Jadwal ini berguna kapan kamu akan pergi, dan tanggal yang kamu akan pergi juga akan menentukan kamu harus keluar uang minimal berapa.

Contohnya adalah, ketika pergi ke bioskop. Tentunya, di saat weekday dan di saat weekend, harga yang dipatok oleh bioskoop tersebut beda-beda, belum lagi mal yang berbeda, menambah perbedaan harga yang terkadang terlampau cukup jauh. Hal ini akan mempengaruhi pengeluaran kamu, bukan?

Belanja Promo Liburan Secukupnya Saja

berhemat

Berbelanja promo liburan merupakan hal penting lainnya. Memang, siapa yang tidak suka promo? Apalagi banyak sekarang ini online shop-online shop yang memang berfokus kepada flash sale sehingga banyak promosi-promosi demi mengangkat nama online shop tersebut. Belum lagi banyak mal yang fokus kepada promosi-promosi agar meningkatkan pamor mal tersebut, seperti dengan holiday sale atau pun midnight sale.

Namun, tetaplah ingat, jangan sampai “kelewatan” saat berbelanja barang-barang atau jasa-jasa yang sedang mengadakan promosi. Kamu harus ingat, ketika kamu berbelanja, kamu harus mendahulukan segala kebutuhan yang ada sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan yang ada terlebih dahulu, lalu baru kamu bisa berbelanja apa yang sesuai dengan keinginan kamu.

Ingat Masih Ada Kebutuhan Lainnya

berhemat

Kamu harus terus mengingat bahwa ada kebutuhan lainnya selain bersenang-senang saat liburan. Mengapa ingat akan ada kebutuhan lainnya itu harus? Karena tanpa kebutuhan-kebutuhan yang kamu memang wajib untuk mempunyainya, seperti pakaian bekerja, bayar listrik, hingga kebutuhan lainnya yang wajib untuk dibayar, kamu tidak akan bisa hidup dengan normal, dan hanya akan memaksa kamu meminjam kesana kesini.

Oleh karena itu, ingatlah bahwa kamu tidak boleh terlalu terjatuh ke dalam jurang kesenangan ketika kamu sedang bersenang-senang saat berlibur. Ketika kamu sudah terjatuh dalam jurang kesenangan, kamu hanya akan menghabiskan uang yang banyak.

Mengatur Prioritas Pengeluaran

berhemat

Pengaturan prioritas pengeluaran juga merupakan hal yang penting, terutama ketika kamu memutuskan untuk menyusun anggaran saat ingin pergi liburan dan memisahkan anggaran yang ada dengan anggaran kebutuhan, ditambah dengan anggaran setelah liburan. Hal ini sangatlah penting. Adanya pemrioritasan merupakan hal yang benar-benar penting, jika kamu memang ingin “menyelamatkan” uang kamu.

Penyusunan prioritas ini merupakan juga hal yang penting ketika kamu sadar bahwa banyak barang yang butuh dibeli, dan tambahannya, kamu menjadi mengetahui secara lengkap barang apa saja yang akan kamu butuhkan nantinya.

Bawa Uang Secukupnya

berhemat

Membawa uang secukupnya merupakan hal lainnya yang diperlukan. Membawa uang secukupnya berarti tidak membawa uang yang banyak, demi menghindari pemborosan. Yang menjadi masalah utama adalah, banyak orang yang tidak sadar ketika dirinya boros, apalagi saat liburan. Mungkin di antara orang tersebut adalah kamu, jadi jangan sampai kamu boros saat berlibur, dan ingatlah bahwa kamu harus berhemat untuk hari esok!

Membawa uang secukupnya akan sangat membantu kamu berhemat ketika bepergian kemana pun. Misalkan, kamu ingin pergi ke Bali, dan dengan segala perhitungan yang ada, kamu harus minimal membawa Rp 2.000.000,- untuk sekedar berlibur, jadi bawalah Rp 2.100.000,- untuk sekedar berlibur, dan jangan sampai kelebihan atau kamu bisa boros dan tidak memikirkan kebutuhan lainnya.

Hindari Utang dan Jangan Terlalu Sering Memakai Kartu Kredit

berhemat

Jangan sampai berutang uang kepada teman kamu ketika pergi, dan itulah hal yang penting! Jika kamu berutang dengan temanmu, justru nantinya akan memberatkan kamu, karena ketika kamu berutang, kamu harus membayarnya di lain hari, dan hal itu bisa saja cukup memberatkan kamu. Lebih baik, kamu bawa uang seminimal mungkin dengan anggaran yang sudah tersusun, dan hindari pinjam uang kepada teman.

Ditambah lagi, kamu harus membatasi penggunaan kartu kredit, karena kartu kredit hanya akan membuat kamu lebih boros lagi. Kamu tahu sendiri, bukan, bahwa kartu kredit memang didesain untuk para nasabahnya berutang? Oleh karena itu, boleh saja menggunakan kartu kredit, namun harus tahu batasan, Rekan Bijak!

Ada Dana Darurat

berhemat

Ada dana darurat juga merupakan hal yang penting. Dana darurat berarti dana yang kamu perlukan untuk memenuhi kebutuhan kamu. Untuk apakah dana darurat? Dana darurat dibutuhkan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau pun ternyata biaya yang ada ternyata belum mencukupkan, terutama untuk masalah seperti kecelakaan atau pun salah perhitungan untuk kebutuhan.

Oleh karena itu, sebelum kamu menyiapkan dana untuk liburan, kamu harus memastikan apakah dana darurat yang kamu punya itu sudah cukup atau belum. Jika kamu merasa sudah cukup, baru kamu menyiapkan dana untuk liburan, Rekan Bijak!

Nah, itulah tips-tips yang kamu butuhkan agar uang tidak cepat habis ketika kamu berlibur. Ingat, berhemat itu tetaplah penting, bahkan ketika berlibur sekalipun!

berhemat

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: