Bertualang ke Geopark Ciletuh yang diakui oleh UNESCO

Geopark atau yang biasa dikenal oleh orang Indonesia dengan Taman Bumi atau Taman Geologi merupakan sebuah tempat yang sudah terbentuk oleh alam bertahun-tahun yang lalu, yang dibantu oleh Manusia yang berperan sebagai melindungi dan meningkatkan warisan alam.

Bertualang ke Geopark Ciletuh yang diakui oleh UNESCO

Bertualang ke Geopark Ciletuh yang diakui oleh UNESCO

Bagi sebagian orang masih belum mengenal apa itu “Geopark Ciletuh”, padahal tempat ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai Global Geopark pada bulan April tahun 2018. Geopark Ciletuh terletak di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Indonesia. Tempat ini merupakan sebuah kawasan yang menggabungkan keragaman geologi, hayati, dan budaya dengan menggunakan prinsip edukasi, konservasi, dan pembangunan berkelanjutan.

Geopark Ciletuh merupakan taman alam purba yang terbentuk dari pelapukan jutaan tahun yang lalu. Tempat ini memiliki luas sekitar 128 hektar, yang mencangkup delapan kecamatan di Sukabumi. Waktu yang akan di tempuh oleh Rekan Bijak jika ingin datang ke Geopark Ciletuh dari Kota Sukabumi menggunakan kendaraan beroda empat yang memliki mesin sebesar 4WD, selama 4-5 jam. Jangan lupa menyiapkan uang tunai, jika Rekan Bijak ingin berkunjung ke tempat-tempat yang berada di Geopark Ciletuh, karena, tempat mesin ATM sangat susah di temukan.

Hal istimewa dari tempat ini yaitu memperlihatkan aneka batuan samudera, sedimen laut dalam, mantel atas Bumi, lereng benua yang berasal dari kovergensi lempeng yang sudah berumur sekitar 60-120 juta tahun yang lalu. Hal istimewa lainnya dari tempat ini yaitu menyimpan panorama geo-ekologi yang menakjubkan. Selain itu, ada beberapa tempat wisata yang memiliki pesona alam yang indah, lalu apa saja tempat wisata yang ada di Geopark Ciletuh ya?

Pantai Palangpang

Geopark Ciletuh

Sumber : ciletuhpalabuhanratugeopark.org

Pantai palangpang atau yang biasa disebut dengan Teluk Ciletuh merupakan pintu masuk Geopark Ciletuh untuk jalur laut, oleh karena itu, lebih baik Rekan Bijak berkunjung terlebih dahulu ke pantai ini. Pantai ini berada di Desa Ciwaru. Pesona alam dari pantai ini tertelak pada perbukitan hijau yang memiliki hamparan laut yang luas dan panjang, sehingga, pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk melakukan acara yang akan menarik banyak orang untuk datang, misalnya, festival budaya.

Pantai palangpang digunakan sebagai tempat mendarat dari kegiatan olahraga Paralayang, selain itu, pantai ini merupakan tempat pelabuhan bagi para nelayan untuk mencari ikan dan tempat pelelangan ikan. Dan di pantai palangpang ini terdapat sebuah landmark yang bertuliskan “Geopark Ciletuh”.

 

Taman Purba

Geopark Ciletuh

Sumber : Travelingyuk.com

Sesuai dengan namanya yaitu Geopark, dimana tempat ini memiliki beragam keindahan alam berupa pemandangan alam dan batu-batuan yang sudah tua (sudah ada bertahun-tahun lamanya), dan salah satunya yaitu di taman purba ini. Taman purba memiliki banyak batu-batu tua yang telah mengalami pelapukan, atau yang kembali hadir ke permukaan. Sebaiknya Rekan Bijak datang ketika siang hari jika ingin mengunjungi taman purba ini, agar dapat melihat keindahan batuan tua di taman purba ini.

Puncak Darma

Geopark Ciletuh

Sumber : ridwanderful.com

Puncak darma berada di sekitar pantai palangpang, Rekan Bijak dapat melihat pemandangan sunrise atau sunset dari tempat ini, karena, puncak darma memiliki tinggi 230 mbpl di atas desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Rekan Bijak dapat menempuh puncak darma dengan jalan kaki, ataupun dengan kendaraan, baik kendaraan beroda dua hingga kendaraan beroda empat. Selain dapat melihat keindahan sunrise atau sunset, Rekan Bijak dapat melihat keindahan pantai yang luas, samudera yang luas, hutan dan air terjun yang berada di sekililing Geopark Ciletuh.

Curug Cimarinjung

Geopark Ciletuh

Sumber : wisatatempatku.com

Tempat wisata yang berada di Geopark Ciletuh yang wajib Rekan Bijak kunjungi adalah curug cimarinjung, karena, ketika Rekan Bijak datang ke curug cimarinjung, Rekan Bijak dapat melihat kemegahan dan kealamian dari curug cimarinjung. Curug cimarinjung memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan mengaliri air dari Sungai Cimarinjung. Tidak disarankan jika Rekan Bijak membawa keluarga, karena, akses jalan menuju curug cimarinjung tidak mulus, tidak ada penginapan dan tidak ada penjual makanan. Curug cimarinjung lebih baik dikunjungi oleh wisatawan yang senang melakukan kegiatan outdoor (touring, sepeda, panjat tebing dan lain sebagainya).

Nah, Rekan Bijak, ternyata Indonesia memiliki Geopark yang sudah di akui oleh UNESCO ya? Jangan lupa untuk membantu melestarikan dan menjaga alam ya!

Geopark Ciletuh

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: