3 Macam Biaya yang Dikeluarkan ketika Memutuskan untuk Berbisnis

segala sesuatu membutuhkan yang dinamakan sebagai biaya. Bahkan sekarang ini pun, ada slogan "kencing pun bayar" yang berarti apapun membutuhkan biaya. Hal ini juga termasuk pada berbisnis. Berbisnis pun membutuhkan biaya. Lalu, apa sajakah macam biaya yang dibutuhkan dalam berbisnis?

3 Macam Biaya yang Dikeluarkan ketika Memutuskan untuk Berbisnis

3 Macam Biaya yang Dikeluarkan ketika Memutuskan untuk Berbisnis

Di antara kita semua, tentunya pasti kita bermimpi untuk membuka bisnis, yang walaupun biaya berbisnis tidaklah sedikit(Tergantung apa macam bisnis kita), namun jika berbisnis, apalagi jika kita berbisnis sesuatu yang berhubungan dengan passion yang kita punya, pasti sangatlah seru. Mimpi membuka bisnis bukanlah hal yang sangat sulit seperti yang dibicarakan orang-orang, namun yang paling penting adalah komitmen dan fokus yang kuat sehingga dapat berbisnis.

Dengan komitmen dan fokus yang kuat, pastinya akan menjadi suatu hal yang tidaklah sulit. Namun, masih ada lagi yang juga sama pentingnya dengan komitmen dan fokus, yakni permasalahan biaya. Bisa diyakini, dalam suatu usaha, pastinya membutuhkan biaya. Dengan adanya biaya dan modal yang jelas dan cukup, pastinya suatu usaha akan bisa berdiri. Lalu, apa kunci dari modal yang jelas dan cukup? Kuncinya adalah persiapan anggaran.

Persiapan anggaran yang sudah jelas akan sangat membantu, karena akan ada kejelasan dalam mengeluarkan biaya untuk bisnis yang dibuat. Lalu, apa saja jenis-jenis biaya yang akan dikeluarkan ketika membuat sebuah bisnis? Simak, Rekan Bijak!

Modal Awal Produksi

biaya

Sumber : videoblocks.com

Modal awal produksi merupakan modal yang paling penting. Perhitungan modal awal merupakan perhitungan yang paling penting karena modal awal merupakan biaya yang sudah pasti dikeluarkan, dan pastinya harus mencari barang yang sesuai dengan penjualanmu. Tanpa modal ini, tentunya bisnismu pastinya tidak akan jalan! Modal awal juga harus diperhitungkan matang-matang dan merupakan biaya yang pasti keluar.

Contoh modal awal adalah jika anda ingin membuat sebuah bisnis pakaian secara online. Tentunya, bisnis pakaian, jika kamu ingin memproduksi baju, kamu tentunya membutuhkan kain, mesin penjahit baju, kipas angin, stop kontak yang banyak hingga meja dan kursi agar pembuatannya enak. Ditambah lagi mesin untuk sablon, jika kamu ingin pakaian kamu semakin menarik. Apalagi, sekarang ini orang-orang lebih tertarik dengan baju-baju yang ia desain sendiri dibandingkan baju-baju yang sudah ada gambarnya dari awal.

Modal Kerja

biaya

Sumber : shutterstock.com

Modal kerja merupakan biaya berapa buah yang dibutuhkan untuk membuat produkmu berjalan. Tidak mungkin, ketika kamu membeli modal awal, hanya satu atau dua barang? Tentunya kamu membutuhkan beberapa barang agar bisnismu berjalan. Jika kamu hanya membeli kain untuk tiga meter, padahal 1 baju membutuhkan kurang lebih 2-3 meter, apa yang kamu akan jual?

Tentunya, ketika berbicara tentang modal kerja, kamu harus memperhitungkan berapa barang yang akan kamu jual, berapa barang yang akan kamu buat. Nah, modal kerja juga mencakup tentang untuk dari satu pakaian tersebut. Misalkan kamu hargai satu baju Rp 100.000,-, padahal biaya pembuatan mencapai Rp 40.000,-. Nah, Rp 40.000,- itu adalah modal kerja kamu. Untung kamu sekitar Rp 60.000,-.

Modal Operasional

biaya

Sumber : Shutterstock.com

Modal operasional juga salah satu yang paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Mengapa? Karena dengan adanya modal operasional, suatu bisnis dapat bekerja dengan baik. Tanpa modal operasional, tentunya bisnismu tak akan bisa berjalan dengan baik. Jangankan tak akan bisa berjalan dengan baik, bahkan bisnismu tak akan sama sekali berjalan, karena modal operasional berjalan setiap bulan dan dibutuhkan.

Contohnya, jika dalam bisnis pakaian, ada beban LAT(Listrik, air, telepon), gaji pegawai, bagian keamanan, belum lagi ada juga uang “preman” yang konon katanya untuk membayar preman sekitar untuk tidak mengganggu bisnis yang ada. Dan juga banyak biaya lainnya, seperti beban internet, beban pulsa, beban pengantaran barang, dan lain-lain. Mungkin saja juga ada beban bensin, dan tentunya biaya-biaya ini penting.

Nah, Rekan Bijak, jika kamu ingin membuat suatu bisnis, kamu harus memperhitungkan biaya-biaya ini tentunya, agar modal yang kamu keluarkan tidak terlalu banyak dan lebih terstruktur, sehingga kamu jadi lebih tau pengeluaran kamu dan kamu dapat bersiap-siap untuk pengeluaran tersebut. Jika kamu tidak mempunyai uang yang cukup untuk membuat suatu usaha, namun kamu sangat ingin membuat usaha tersebut, kamu dapat meminjam di Danabijak, dengan bunga yang rendah, ditambah lagi sama sekali tidak merepotkan dalam peminjaman uang! Tunggu apa lagi?

biaya

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: