Ketahuilah 7 Macam Biaya Kartu Kredit yang Seringkali Terlupakan!

Kartu kredit sudah seperti menjamur di tengah masyarakat Indonesia, dan memang sudah banyak yang memakai kartu kredit. Bahkan, banyak orang yang masih dibawah 18 tahun, sudah dipinjamkan kartu kredit oleh kerabat atau orangtuanya. Ini membuktikan bahwa tak ada lagi batasan umur dalam penggunaan kartu kredit. Namun, kebanyakan tidak tau akan biaya kartu kredit yang orang-orang seringkali tak sadar.

Ketahuilah 7 Macam Biaya Kartu Kredit yang Seringkali Terlupakan!

Ketahuilah 7 Macam Biaya Kartu Kredit yang Seringkali Terlupakan!

Rekan, apakah Rekan Bijak mempunyai kartu kredit dan mengetahui biaya kartu kredit? Banyak orang Indonesia, terutama kalangan pekerja, biasanya sudah mempunyai kartu kredit. Kartu kredit dimiliki oleh banyak pekerja dan karyawan zaman sekarang karena memang banyak keuntungan yang dimiliki oleh kartu kredit untuk para penggunanya, antara lain adalah praktis, efisien, cepat, dapat dipakai saat sedang urgen, banyak manfaat tambahan, ditambah lagi juga bisa dipakai di seluruh dunia.

Namun, Rekan Bijak yang menggunakan kartu tersebut, juga harus mengetahui apa kekurangan-kekurangan dari kartu ini. Salah satunya adalah banyaknya biaya tambahan yang tidak diketahui, atau mungkin sudah diketahui namun sering dilupakan. Hal ini sering terjadi kepada para pengguna kartu kredit. Lalu biaya kartu kredit apa saja yang sering terlupakan? Simak sebagai berikut, Rekan Bijak!

Biaya Overlimit

biaya Kartu Kredit

Sumber : Pilihkartu.com

Biaya ini merupakan biaya kartu kredit yang memang tidak terdengar asing, namun seringkali orang-orang tidak memerhatikan biaya kartu kredit ini. Biaya overlimit dikenakan ketika kamu hanya mampu membayar sebagian kecil atau sebagian besar dari kartu kredit kamu. Misal, kamu mempunyai limit 5 juta rupiah dan memakai 5 juta rupiah tersebut, namun kamu hanya mampu membayar 4 juta rupiah, dan di bulan kedua kamu memakai limit 5 juta rupiah. Nah, kamu ada saldo tagihan terhutang sebesar 1 juta rupiah, dan itu sudah termasuk overlimit. 

Hal seperti ini harus bisa dihindari dalam rangka untuk menekan biaya-biaya tambahan, namun seringkali orang-orang meremehkan hal ini, padahal hal ini tidak baik untuk diremehkan. Biasanya, biaya untuk overlimit adalah 50 ribu rupiah atau bisa juga sekitar 5% dari transaksi.

Gagal Autodebit

biaya Kartu Kredit

Sumber : Pilihkartu.com

Kegagalan autodebit adalah salah satu biaya kartu kredit yang mungkin saja kita tidak tahu. Kegagalan autodebit biasanya dikarenakan adanya pemblokiran kartu atau pun karena biasanya sudah expired, atau juga bisa karena saldo sudah mencapai limit dan tidak mencukupi. Biasanya, dengan kegagalan ini, pihak kartu kredit akan mengenakan biaya tertentu untuk kegagalan autodebit.

Biaya kegagalan autodebit ini biasanya ditentukan sendiri oleh pihak bank kreditur dan sudah ada persetujuan tertentu antara pihak kreditur dan pengguna.

Konversi Mata Uang Asing

biaya Kartu Kredit

Sumber : Halomoney.co.id

Pengonversian mata uang dari mata uang negara sendiri ke mata uang negara lain biasanya membutuhkan biaya pengonversian mata uang. Biasanya, memang kartu kredit sangatlah dibutuhkan bagi para pebisnis yang memang pekerjaannya berhubungan dengan luar negeri, atau pun para traveler, dan tentunya keberadaan kartu ini sangatlah efisien dan praktis, tidak perlu susah-susah mengeluarkan uang cash.

Namun, karena hal ini pula, seringkali kita melupakan biaya-biaya tambahan saat pengonversian mata uang. Biasanya, biaya konversi mata uang memang kartu seperti visa atau mastercard, berkisar 1-2%, dan untuk transaksi berkisar 1,5-2,5%.

Biaya Materai

biaya Kartu Kredit

Sumber : Kabarcoin.com

Biaya materai biasanya tidak terlalu besar. Biaya kartu kredit ini biasanya dikenakan ketika kamu melakukan transaksi lebih besar  daripada 250 ribu rupiah. Jika kamu melakukan transaksi 250 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah, kamu akan dikenakan biaya materai sebesar 3 ribu rupiah. Lalu jika lebih daripada 1 juta rupiah, maka akan dikenakan biaya materai sebesar 6 ribu rupiah.

Jadi, sebisa mungkin, jika tidak terlalu urgen, jangan terlalu sering bertransaksi memakai kartu kredit, Rekan Bijak! Karena bahkan biaya sekecil apapun akan ditarik, bahkan termasuk biaya materai.

Biaya Tarik Tunai

biaya Kartu Kredit

Sumber : Merdeka.com

Biaya tarik tunai yang dimaksudkan adalah kartu kredit ketika dipakai untuk mendapatkan cash secara langsung. Hal ini biasanya memakan biaya yang terlampau mahal, jadi jika tidak terlalu urgen, lebih baik Rekan Bijak tidak memakai transaksi seperti ini.

Biayanya biasanya berkisar dari 3-6% atau pun bisa jadi sebesar 50 ribu rupiah, dan biasanya pihak bank akan memilih yang mana lebih besar nominalnya untuk dijadikan biaya penarikan tunai.

Biaya untuk Penggantian Kartu

biaya Kartu Kredit

Sumber : Simulasikredit.com

Seperti biasa, jika kamu kehilangan kartu, baik kartu kredit atau pun kartu debit, pastinya kamu harus menggantikan kartu tersebut, cepat atau lambat. Apalagi jika kartu kredit, yang notabene lebih mudah dipakai, selain itu juga jika hilang, pastinya yang mencurinya akan secepat mungkin untuk memakai kartu tersebut.

Jadi, ketika sudah merasa kehilangan, sangat dianjurkan untuk langsung diblokir. Namun, tetap ingat bahwa ketika ingin mengganti kartu kredit, kamu harus siap-siap untuk mengeluarkan biaya penggantian kartu.

Biaya Pembatalan Cicilan

biaya Kartu Kredit

Sumber : Saldokartukredit.blogspot.com

Biaya pembatalan cicilan akan dikenakan ketika kamu memutuskan untuk membatalkan suatu cicilan tertentu, seperti misalkan kamu ingin untuk membatalkan suatu cicilan dan ingin memutuskan untuk menyelesaikan cicilan lebih awal.

Biasanya, biayanya berkisar dari 200 ribu rupiah, hingga 250 ribu rupiah. Jadi, pastikan ketika kamu ingin mencicil suatu hal, sudah memperhitungkan waktu dengan tepat dalam suatu tempo tertentu!

Nah, ini biaya kartu kredit yang biasanya “dibiarkan” oleh para penggunanya dan seringkali terlupakan. Bahkan, ada juga pengguna yang tidak tau tentang hal-hal ini. Jadi, jika Rekan Bijak ingin memakai atau memang sudah memakai kartu kredit, pahamilah dahulu kelebihan dan kekurangannya, baru pertimbangkan lagi penggunaannya dan lebih bijak dalam menggunakannya!

Biaya Kartu Kredit

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: