Bitcoin : Investasi Menguntungkan yang Masih Awam di Masyarakat

Mau tau lebih detail tentang bitcoin yang tengah populer di era digital ini? Yuk baca penjelasannya, Rekan Bijak!

Bitcoin : Investasi Menguntungkan yang Masih Awam di Masyarakat

Bitcoin : Investasi Menguntungkan yang Masih Awam di Masyarakat

Bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency yang pada dasarnya adalah sebuah mata uang digital. Bentuk dan penyimpanan adalah digital. Pertama kali ditemukan oleh seorang programmer yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto.

Kedudukannya tidak seperti mata uang resmi negara yang keberadaannya dikontrol oleh Lembaga perbankan negara. Salah satu kelebihannya adalah sangat mustahil dipalsukan di setiap transaksinya. Seluruh transaksi akan tercatat secara langsung, transparan, dan tersebar ke seluruh server pengguna.

Bitcoin biasanya digunakan untuk melakukan pembelian berbagai jasa, seperti game atau website hosting. Meski sudah cukup terkenal, jumlah layanannya sampai saat ini terbilang masih terbatas.

Rekan Bijak tertarik untuk memilikinya? Simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan bitcoin selengkapnya!

Bisa Transfer Lebih Cepat

Bitcoin

Sumber: dipendrashekhawat.com

Bitcoin memungkinkan untuk melakukan transfer ke mana saja dengan cara yang sangat mudah. Pada dasarnya, bitcoin bergerak mandiri dan tidak memiliki pusat server. Penyimpanannya bersifat desentralisasi dan menyebar ke berbagai server yang dimiliki oleh setiap pengguna yang terhubung dalam jaringan. Tidak ada pihak yang bisa memutuskan satu pihak lainnya atau membuat kebijakan baru yang akan memberatkan pemilik mata uang ini.

Terjaga Kerahasiaannya

Meski tidak ada sistem yang bisa sempurna dalam dunia digital, tapi dengan bitcoin, Rekan Bijak dapat langsung membuatnya tanpa perlu menyediakan nama atau alamat. Setelah itu, Rekan Bijak akan mendapat nomor rekening yang aktif.

Harga Mudah Berubah

Harga bitcoin bisa naik dan turun secara tak terduga bahkan dalam periode waktu yang singkat. Hal ini disebabkan oleh nilai ekonominya yang masih muda, baru, pasar yang terkadang tidak cair. Oleh karena itu, menabung dalam bentuk bitcoin belum direkomendasikan. Sebaiknya, bitcoin dipandang sebagai aset yang berisiko cukup tinggi dan tidak perlu menyimpan uang terlalu banyak karena bisa saja hilang. Jika Rekan Bijak menerima pembayaran bitcoin, segeralah menukarnya secara instan ke mata uang lokal.

Bersifat Transparan

Semua orang dapat melihat dan memiliki catatan jurnal, seperti adanya informasi bitcoin address beserta jumlahnya. Meski demikian, tidak ada informasi siapa pemilik bitcoin address tersebut.

Pembayaran Tidak Dapat Dibatalkan

Bitcoin

Sumber: cryptocurry.com

Setiap transaksi yang dilakukan, sayangnya, tidak dapat dibatalkan. Dana hanya bisa dibatalkan oleh penerima dana. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hati dalam melakukan bisnis yang notabene orangnya belum diketaui dengan baik. Perlu adanya kontrol permintaan atas pembayaran yang diperlihatkan kepada pelanggan. Bitcoin mampu mendeteksi kesalahan ketik dan tidak akan memberikan izin untuk mengirim uang ke alamat yang salah tanpa disengaja.

Dapat Hilang dan Rusak

Bitcoin

Bitcoin yang merupakan uang virtual digital membutuhkan tempat penyimpanan yang tidak sama seperti uang konvensional lainnya karena sifatnya yang sangat mudah rusak dan hilang. Untuk menyimpannya, diperlukan  dompet atau wallet khusus.

Stock Terbatas

Di seluruh dunia, bitcoin hanya tersedia sebanyak 21 juta. Semakin sedikit nilai maka semakin naik harganya. Sistem penciptaannya pun semakin berkurang setiap 4 tahun sekali termasuk sistem ekonomi berdasarkan deflasi.

Pajak Pemerintah dan Peraturannya

Bitcoin bukanlah mata uang resmi sehingga sebagian besar negara masih meminta pajak pendapatan, penjualan, penggajian, dan pajak keuntungan modal atas apa pun yang memiliki nilai termasuk untuk bitcoin.

Jadi, bagaimana Rekan Bijak? Jika kamu ingin mencoba untuk membelinya, tapi tersandung dana yang kurang memadai jangan khawatir ajukan saja dana tambahan ke Danabijak! Semakin sering kamu melakukan pinjaman, semakin banyak pula poin yang terkumpul. Poin tersebut sangat bermanfaat loh! Bisa kamu gunakan untuk meringankan bunga pinjaman selanjutnya.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: