7 Cabang Olahraga Paling Diminati dan Digemari di Dunia

Saat Asian Games kemarin, publik seolah-olah melihat sekaligus sadar bahwa ada saja olahraga yang tidak pernah didengar namun kenyataannya ada, seperti squash, kabaddi hingga sambo. Hal ini tergantung dari popularitas olahraga tersebut. Lalu, apa sajakah olahraga paling populer di dunia?

7 Cabang Olahraga Paling Diminati dan Digemari di Dunia

7 Cabang Olahraga Paling Diminati dan Digemari di Dunia

Ada banyak jenis atau cabang olahraga yang ditemukan di dunia ini. Cabang-cabang olahraga berbeda-beda dengan budayanya tersendiri. Olahraga memang merupakan salah satu hasil kebudayaan manusia, namun cabang olahraganya berbeda-beda. Sebut saja, di Jepang ada olahraga sumo, di India ada olahraga kabaddi, dan di Indonesia sendiri ada pencak silat hingga sepak takraw.

Namun, seiring perubahan zaman dan mulainya era globalisasi, makin lama ada saja olahraga yang sangat diminati dan ada saja olahraga yang mulai ditinggalkan karena tidak semenarik cabang-cabang olahraga yang dari luar negeri. Bahkan, ada saja penggemar sebuah olahraga yang bisa mencapai hingga miliaran orang, saking banyaknya yang menyukai cabang olahraga tersebut. Lalu, cabang olahraga apa sajakah yang paling digemari di dunia? Mari simak, Rekan Bijak!

Bisbol

cabang olahraga

Bisbol atau biasa disebut sebagai bola kasti, adalah cabang olahraga yang memang kurang populer di negara-negara seperti di Asia Tenggara, Afrika hingga Oseania, namun sangatlah populer di negara-negara Amerika Utara, Asia Timur hingga negara-negara Karibia. Bahkan, disana pun juga ada liga bisbol tersendiri, seperti di Amerika Serikat ada MLB dan di Jepang ada NPB. Negara-negara seperti Amerika Serikat dan Jepang sudah biasa mempunyai pemain bisbol.

Penggemar dari olahraga ini ada sekitar 500 juta orang, sebuah angka yang cukup besar. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang berjumlah hingga 9 orang untuk satu tim. Yang paling penting dalam olahraga ini adalah dua pemain yang menjadi seorang pitcher dan batter, dan keduanya harus secermat mungkin dalam memainkan bola. Seorang pitcher harus melempar bola secermat mungkin, sedangkat seorang batter harus memukul bola sedapat dan sekeras mungkin agar tidak dapat diambil oleh fielding team.

Tenis Meja

cabang olahraga

Tenis meja merupakan permainan yang sangat sering dimainkan terutama di wilayah negara-negara Asia seperti Tiongkok, Singapura hingga Korea Selatan. Pada kenyataannya, banyak sekali pemain tenis meja di wilayah Asia. Juga banyak pemain yang datang dari wilayah negara-negara Eropa seperti Rusia, Jerman dan Portugal. Ada juga banyak pemain profesional tenis meja dari wilayah Amerika walaupun tidak sebanyak pemain di Asia dan Eropa.

Penggemar tenis meja atau ping pong adalah sekitar 850 juta orang. Permainan ini sebenarnya tidak rumit dan sangat mengutamakan kegesitan dan reflek. Permainannya berisi dua tim, yang bisa jadi dalam 1 tim ada 1 hingga dua orang di sekitar meja(Tergantung sektor. Jika sektor tunggal, 1 tim hanya 1 orang, namun jika sektor ganda, 1 tim ada 2 orang) dan saling menyerang dengan dimulai dari service, dan terus-terusan serang-serangan. Cara memegang bat pada umumnya ada dua, yakni shake hand dan pen holder.

Voli

cabang olahraga

Bisa dikatakan, olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga paling mendunia. Olahraga ini juga bahkan mempunyai liga hampir di setiap negara, dengan pemain-pemainnya yang cenderung tinggi-tinggi, dan biasanya tingginya tersebut dipakai untuk mengeblok smash dari lawan. Bahkan di tiap benua ada jagoan negaranya tersendiri, seperti dari Amerika Selatan ada Brazil dan Argentina, Amerika Utara ada Amerika Serikat dan Kanada, dari Afrika ada Mesir, dari Asia ada Iran dan Jepang, dan dari Eropa ada Polandia, Rusia, Italia, Perancis hingga Jerman.

Olahraga ini digemari oleh 900 juta orang. Permainan ini menghadirkan dua tim di satu lapangan, dengan satu tim beranggotakan 6 orang, dan kedua tim dipisahkan oleh sebuah jaring. Cara bermainnya cukup sederhana, yakni dengan servis dan usahakan jangan sampai bolanya jatuh di tempat yang diharuskan. Bola dalam permainan voli juga termasuk sangatlah ringan sehingga mudah untuk servis kencang.

Tenis

cabang olahraga

Tenis adalah sebuah olahraga yang memang cukup terkenal terutama di kalangan orang-orang menengah keatas. Memang, olahraga ini membutuhkan sepatu khusus hingga raket khusus untuk bermain, dengan harganya yang bisa mencapai jutaan. Namun, tetap saja, walau begitu, olahraga ini sangat digemari oleh orang-orang, terutama orang-orang dari negara Amerika dan Eropa. Kebanyakan pemain memang berasal dari negara-negara utara, seperti Amerika Serikat, Spanyol, Perancis hingga negara-negara Balkan.

Tenis digemari oleh sekitar 1 miliar orang, meski olahraganya terkesan mahal. Meski terlihat membosankan, namun tenis adalah salah satu olahraga paling melelahkan, apalagi di bagian tangan, mengingat raket tenis terkenal berat dan perlu tenaga. Cara mainnya pun mirip dengan tenis meja, namun permainannya berada di lapangan.

Hoki

cabang olahraga

Hoki disini pastinya bukanlah keberuntungan, namun nama dari salah satu cabang olahraga yang ada di dunia. Hoki ini juga dibagi dua, yakni hoki es, hoki ruangan dan hoki darat. Biasanya, negara-negara yang hebat dalam hoki merupakan bekas jajahan Inggris seperti India, Australia dan Selandia Baru, yang bahkan masih menjadi Negara Persemakmuran Inggris. Biasanya pula, hoki darat lebih dimainkan oleh negara-negara Eropa dan Asia, seperti India, Belgia dan Korea Selatan. Sedangkan, hoki es lebih sering dimainkan negara-negara dingin seperti di Eropa, Asia Tengah dan Amerika Utara, seperti Finlandia, Kazakhstan dan Kanada.

Penggemar dari olahraga ini bisa mencapai 2 miliar orang, dengan kebanyakan pastinya dari India dan Amerika Serikat, yang mempunyai populasi terbesar kedua dan ketiga di dunia. Permainan ini dengan adanya dua tim yang berhadapan di satu lapangan, dan cara bermainnya pun mirip dengan sepak bola, hanya saja bolanya harus dipukul dengan stik, bukan memakai kaki. Ada juga gawang dan kiper.

Kriket

cabang olahraga

Kriket adalah salah satu permainan paling populer di dunia, dan kebanyakan permainan ini terkenal di negara-negara bekas koloni Inggris dan negara-negara yang masih menjadi Negara Persemakmuran Inggris. Kriket banyak dimainkan di negara-negara Asia Selatan seperti India, Pakistan hingga Afghanistan, lalu di negara-negara Inggris Raya, negara-negara Karibia, hingga negara-negara di wilayah Oseania dan Australia seperti Australia, Papua Nugini dan Selandia Baru.

Kriket merupakan cabang olahraga yang sebenarnya juga jarang dimainkan di negara-negara bekas koloni Ingris, namun karena penduduk yang besar dari India, ditambah dengan negara-negara yang juga banyak penduduknya seperti Pakistan dan Inggris, membuat kriket banyak dimainkan. Jumlah penggemarnya pun tidak tanggung-tanggung, yakni mencapai 2,5 miliar orang.

Sepak Bola

cabang olahraga

Siapa yang tidak tahu cabang olahraga sepak bola? Olahraga ini merupakan olahraga paling populer di dunia, bahkan mungkin saja olahraga paling populer sepanjang sejarah dunia yang pernah tercatat. Olahraga ini juga pertama kali dimainkan di Inggris, walaupun asal usul sepak bola paling awal adalah dari Tiongkok di zaman dinasti Han. Hampir setiap negara mempunyai organisasi sepak bolanya tersendiri, namun negara-negara terbaik hanya muncul dari Amerika Selatan dan Eropa, jarang dari Asia.

Penggemarnya pun tidak tanggung-tanggung, mencapai 3,5 miliar orang. Sepak bola sendiri bisa dikatakan permainan yang cukup sederhana, namun ada hal-hal seperti offsidehandball, hingga tendangan bebas tidak langsung yang membuat permainan ini ada kesulitannya. Biasanya, para pemain profesionalnya akan pergi ke dataran Eropa untuk meraih gelar tertinggi, yakni Best FIFA’s Man Player, sebuah penghargaan tertinggi untuk pesepak bola. Biasanya, pesepak bola terbaik akan bermain di Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Jerman hingga Liga Perancis, dan tidak menutup kemungkinan untuk Liga Rusia, Liga Belanda dan Liga Brazil jika di ranah Amerika Selatan.

Nah, Rekan Bijak, apakah kamu tertarik dengan cabang-cabang olahraga yang ada diatas? Menarik, bukan? Berolahraga juga sehat, Rekan Bijak! Jika kamu tidak pernah mencoba ketujuh olahraga yang ada ini, mungkin sudah waktunya kamu mencobanya!

cabang olahraga

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: