6 Cara yang Bisa Kamu Pakai untuk Menolak Permintaan Seseorang

Bagi beberapa orang, menolak adalah hal yang tidak sulit, namun sebagian besar orang sulit menolak, bahkan jika pun tawaran yang diberikan hanya akan merugikan mereka. Alasan orang-orang sulit menolak pun bermacam-macam. Lalu, jika sudah begitu, apakah solusinya agar bisa berkata tidak pada permintaan seseorang?

6 Cara yang Bisa Kamu Pakai untuk Menolak Permintaan Seseorang

6 Cara yang Bisa Kamu Pakai untuk Menolak Permintaan Seseorang

Banyak orang, mungkin termasuk Rekan Bijak, adalah orang-orang yang takut menolak, dengan banyak alasan, namun alasan yang paling umum adalah karena tidak enak kepada orang lain, ditambah lagi jika menolak justru ditakutkan akan melukai hati orang lain tersebut. Hal itu sudah lazim, terlebih lagi masyarakat Indonesia yang mempunyai budaya untuk saling menolong, sehingga berkata “tidak” pun menjadi hal yang sulit dilakukan, padahal setiap orang punya keinginan tersendiri dan jika kamu menolak, orang lain justru akan sakit hati atau pun marah.

Padahal, pada kenyataannya, tidaklah baik untuk tidak berkata “tidak”, karena sebagai seorang manusia, apalagi jika sudah dewasa, tentunya mempunyai pendirian tersendiri, dan menolak adalah salah satu cara agar mempunyai pendirian yang teguh, namun karena merasa “tidak enak”, pendirian tersebut pun bisa goyah. Namun, ada cara-cara agar berkata “tidak” pun menjadi kata-kata yang tidak sulit diucapkan, dan tentunya tidak melukai perasaan orang lain. Apa sajakah caranya?

Jangan Membuat Janji Terlebih Dahulu

menolak

Membuat janji saat pertama kali diajak karena sebuah permintaan adalah hal yang tidak bijak. Mengapa? Karena membuat janji, padahal mungkin saja ada pekerjaan yang lebih penting dan lebih menguntungkan, namun karena tidak enak langsung mengiyakan segala sesuatu. Tentunya hal itu akan sangat merugikan kamu, dan kamu kemungkinan besar akan menyesali hal tersebut.

Lebih baik, ketika kamu membuat janji, kamu menjawab, “Belum tahu” atau “tidak bisa janji” dengan alasan yang membuat kamu diterima alasannya oleh orang yang meminta sesuatu kepada kamu, sehingga ketika kamu sudah memikirkan matang-matang, kamu bisa menolaknya dengan alasan yang baik.

Berikan Alasan Logis

menolak

Memberikan alasan haruslah logis. Ketika kamu menolak permintaan seseorang, kamu harus memberikan segala alasan yang memang masuk akal, logis dan tidak terlihat dibuat-buat, sehingga orang lain dapat menerimanya dengan baik dan tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Tentunya hal ini penting agar orang lain tersebut tidak perlu hingga sakit hati atau pun kesal.

Alasan yang logis ini juga akan membantu kamu untuk tetap mempertahankan hubungan akrab dengan orang lain tersebut. Namun, ingatlah, bahwa alasan yang logis ini perlu perkataan yang sejujur-jujurnya sehingga kamu tidak dikatakan sebagai orang yang “membuat-buat” alasan.

Memuji sambil Menolak

menolak

Pujian pastinya diinginkan oleh banyak orang. Siapa sih yang tidak suka dipuji? Bahkan jika pun ada orang yang mengaku tidak suka dipuji, sebenarnya mereka suka, namun karena malu atau pun tidak ingin dipuji karena tidak ingin cepat berpuas diri. Itulah realitasnya, sehingga jika kamu ingin menolak suatu hal, misalkan suatu rencana atau strategi orang, pujilah terlebih dahulu, namun secara diam-diam berkata tidak.

Hal itu agar bisa menenangkan orang lain, dengan cara memberi pujian. Pemberian pujian ini bisa dikatakan bahwa kamu sebenarnya menghargai pendapat maupun ajakan orang tersebut, namun karena ada urusan yang penting atau sesuatu yang kamu tidak setujui, kamu menolaknya, namun dengan cara yang lebih halus dan sopan agar diterima dengan baik penolakannya.

Minta Maaf

menolak

Meminta maaf adalah hal lain yang bisa kamu lakukan ketika ingin menolak seseorang. Tidak ada salahnya dengan meminta maaf, karena meminta maaf merupakan salah satu perwujudan bahwa seseorang tidak ingin melakukan suatu hal, namun karena tidak enak, maka ia meminta maaf, sehingga orang yang ditolak pun tidaklah sakit hati atau pun tidak perlu hingga kesal.

Memang cara ini jarang dipakai, namun lebih baik, pakailah cara lain, karena cara ini biasanya dipakai ketika benar-benar kepepet. Lebih baik pakai dahulu 3 cara diatas yang tidak perlu hingga minta maaf.

Beri Solusi dan Alternatif

menolak

Pemberian solusi ketika menolak juga adalah salah satu cara agar penolakan kamu terasa lebih halus dan lebih baik. Mengapa? Karena pemberian solusi merupakan pertanda bahwa kamu mendengarkan apa yang diinginkan oleh orang lain tersebut, namun karena ketidaksepakatan atau pun ketidaksetujuan terhadap suatu hal, kamu pun menolaknya, namun memberikan solusi agar kamu dan orang lain bisa sepakat.

Dengan cara tersebut, orang lain tersebut akan sadar bahwa pendapatnya dihargai, namun karena membutuhkan suatu kesepakatan, kamu bisa bernegosiasi dengan orang lain tersebut, sehingga bisa terjadi kesepakatan dan tidak perlu ada perselisihan, apalagi jika sudah masuk ke ranah pribadi.

Bohong Kecil

menolak

Terkadang, sebuah kebohongan kecil diperlukan demi sekedar menolak. Bohong kecil penting untuk kamu yang memang ingin benar-benar menolak, namun tidak bisa membuat alasan yang terdengar logis, atau pun memang sedang malas dan tidak ingin mengikuti apapun. Kebohongan kecil bukanlah masalah yang besar jika kamu memang sedang tidak ingin untuk melakukan suatu permintaan.

Namun, walau begitu, berbohong tetaplah berbohong, dan konsekuensinya pun besar jika sampai ketahuan. Jadi, cara ini memang tidak terlalu direkomendasikan. Namun jika benar-benar kepepet, tidak ada salahnya memakai cara ini.

Nah, Rekan Bijak, jika kamu memang tidak pintar menolak dan berkata tidak kamu bisa mencoba cara-cara di atas ini dan kamu bisa melakukannya di dalam kehidupan sehari-hari!

menolak

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: