5 Cara Membaca Buku dengan Cepat namun Tetap Efektif

Membaca buku merupakan kegiatan yang hampir setiap manusia lakukan, dengan membaca buku, dapat menambah pengetahuan kita, namun, bagi beberapa orang membaca buku merupakan kegiatan yang menjenuhkan, karena, harus berhadapan dengan tulisan yang berlembar-lembar.

5 Cara Membaca Buku dengan Cepat namun Tetap Efektif

5 Cara Membaca Buku dengan Cepat namun Tetap Efektif

Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, karena, dengan membaca akan menambah pengetahuan. Ada berbagai macam hal yang dapat di baca, seperti membaca buku. Membaca buku merupakan kegiatan yang hampir tertinggal, karena, adanya perkembangan teknologi yang ada. Padahal dengan membaca sebuah buku dapat membuat kita lebih pintar dan cerdas, jika dibandingkan dengan membaca melalui smartphone.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa membaca sebuah buku bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang menjenuhkan, dibanding membaca dengan menggunakan smartphone. Hal yang membuat beberapa orang jenuh ketika membaca suatu buku yaitu, terlalu banyak tulisan, tulisan dominan dengan warna hitam saja, buku yang terlalu tebal, dan ketika kita berada di bangku sekolah kita dipaksa untuk hafal dengan isi buku.

Dengan adanya paksaan mengenai harus hafal seluruh isi buku, membuat sebagian orang tidak mau membaca buku, baik buku pelajaran maupun buku lainnya seperti, Novel. Padahal membaca sebuah buku adalah memahami inti dari isi buku, bukan hanya menghafal, dan membaca sebuah buku dapat dilakukan dengan cepat, namun, efektif. Lalu, bagaimana cara membaca buku dengan cepat namun tetap efektif?

Tentukan Tujuan

Membaca Buku

Sumber : Dreamers.id

Hal utama yang harus Rekan Bijak perhatikan agar dapat membaca suatu buku dengan cepat namun tetap efektif adalah tujuan, dimana Rekan Bijak harus metentukan informasi atau teori yang mau Rekan Bijak baca, supaya bisa menghindari hal-hal yang tidak terlalu perlu Rekan Bijak baca.

Setelah menentukan tujuan mengenai informasi atau teori yang ingin Rekan Bijak cari, selanjutnya untuk mempermudah pekerjaan Rekan Bijak, Rekan Bijak dapat melihat daftar isi yang ada di sebuah buku yang sekiranya ada informasi atau teori yang ingin Rekan Bijak cari. Setelah Rekan Bijak dapat halaman atau bab yang ada di daftar isi, barulah Rekan Bijak fokus membaca tulisan  dengan halaman-halaman yang sudah Rekan Bijak tentukan atau tandai.

Baca Juga: 5 Alasan Membaca Buku dalam Bentuk Fisik Lebih Baik daripada Ebook

Fokus Kepada Kata Kunci

Membaca Buku

Sumber : my-dunia-ku.blogspot.com

Setelah menentukan tujuan dari informasi atau teori yang ingin Rekan Bijak cari, maka selanjutnya, Rekan Bijak dapat memulai membaca dan fokuskan pada kata kunci yang ingin Rekan Bijak cari, contohnya seperti, Komunikasi. Jika kata kunci sudah ditemukan, selanjutnya Rekan Bijak carilah kata kunci tentang komunikasi yang ada di setiap lembar atau paragraf yang ada di sebuah buku.

Jika, Rekan Bijak sudah mendapatkan kata kunci, sebaiknya, Rekan Bijak tandai setiap kata kunci menggunakan spidol, pulpen, pensil atau lain sebagainya. Dengan mencari kata kunci, Rekan Bijak dapat menghemat waktu dalam membaca sebuah buku, karena, tidak perlu pusing berlama-lama mencari inti dari informasi atau teori yang Rekan Bijak inginkan.

Baca Juga: 3 Judul Buku untuk Teman Ngabuburit

Baca Satu Kalimat Utuh

Membaca Buku

Sumber : tempo.co

Rekan Bijak dapat membaca dengan cepat namun tetap efektif yaitu dengan cara membaca satu kalimat utuh. Apa yang dimaksud dengan membaca satu kalimat utuh? Hal yang dimaksud disini adalah Rekan Bijak bacalah suatu tulisan yang ada di sebuah buku dengan membaca satu kalimat utuh tanpa membedakan setiap kata yang ada (membaca satu per satu kata) , karena, dalam sebuah buku, kata-kata tidak bisa berdiri sendiri, dimana setiap kata tergabung dalam sebuah kalimat yang harus dibaca dalam satu kesatuan agar dapat Rekan Bijak pahami dengan baik.

Dan dengan membaca satu kalimat yang utuh dari setiap paragraf yang ada di setiap lembar pada sebuah buku, dapat menghemat waktu Rekan Bijak.

Gunakan Petunjuk

Membaca Buku

Sumber : footage.framepool.com

Hal yang membuat Rekan Bijak jenuh untuk membaca sebuah buku adalah mengulang suatu kalimat yang ada dalam suatu bacaan, hal ini tentu membuat Rekan Bijak lama untuk membaca sebuah buku. Untuk menghindari mengulang kembali bacaan, Rekan Bijak membutuhkan petunjuk seperti, mengarahkan telunjuk sesuai dengan tulisan yang sedang Rekan Bijak baca. Tidak bisa dipungkiri, bawa buku yang seluruhnya hanya terisi tulisan, akan membuat fokus Rekan Bijak mejadi berantakan, hal tersebut berpengaruh kepada mengulang kembali tulisan yang sudah Rekan Bijak baca.

Maka dengan adanya petunjuk akan memudahkan Rekan Bijak membaca suatu tulisan yang ada di sebuah buku dan dapat menghemat waktu Rekan Bijak. Dan dengan menggunakan petunjuk ketika membaca, maka Rekan Bijak tidak lagi merasa bahwa membaca sebuah buku merupakan kegiatan yang menjenuhkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Komunitas Si Pecinta Buku, Seni, dan Budaya

Buat Ringkasan

Membaca Buku

Sumber : tolerance.org

Beberapa orang salah mengartikan bahwa membaca sebuah buku harus di hafal, padahal yang sebenarnya adalah memahami isi yang ada di suatu buku yang sedang di baca. Untuk memudahkan Rekan Bijak memahami isi dari sebuah buku dengan cepat tetapi tetap efektif, sebaiknya Rekan Bijak membuat ringkasan dari beberapa informasi atau teori yang sudah Rekan Bijak dapatkan ketika membaca sebuah buku.

Dengan membuat ringkasan, akan membantu Rekan Bijak, jika sewaktu-waktu memerlukan kembali informasi atau teori yang sudah pernah Rekan Bijak baca. Dan dengan membuat ringkasan, dapat membuat Rekan Bijak menjadi lebih mudah untuk mengingat informasi atau teori yang sudah Rekan Bijak baca dari sebuah buku dan ingatan tersebut merupakan ingatan jangka panjang.

Baca Juga: Senang Hal Unik? Ini Dia 5 Perpustakaan Unik yang Ada di Dunia!

Nah, Rekan Bijak, ternyata membaca buku tidak menjenuhkan kan? Jika masih menjenuhkan, Rekan Bijak dapat mengikuti beberapa cara pada artikel di atas agar bisa membaca buku dengan cepat namun tetap efektif dan tidak menjenuhkan ya!

Membaca Buku

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: