12 Tips dan Cara untuk Atasi Kulit Kusam Agar Kembali Cerah

Wajah yang cerah dan bersih adalah idaman semua orang. Saat bertemu dengan orang-orang, yang pertama kali akan diperhatikan adalah wajah. Akan lebih nyaman dan percaya diri jika kita memiliki kulit yang bersih dan tidak kusam.

12 Tips dan Cara untuk Atasi Kulit Kusam Agar Kembali Cerah

12 Tips dan Cara untuk Atasi Kulit Kusam Agar Kembali Cerah

Selain jerawat, masalah yang kerap kali menimpa wajah dan membuat banyak orang resah adalah wajah dan kulit kusam. Dengan kulit wajah seperti itu maka penampilan seseorang bisa terhambat, bahkan ia tidak akan merasa percaya diri lagi. Jangan khawatir, Rekanbijak, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kusam. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu melakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami dan yang pasti harus memiliki pola hidup yang sehat. Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang kusam. Untuk mengetahuinya kita bisa simak tips dibawah ini.

Perbanyak Minum Air Putih

Kulit Kusam

www.suara.com

Minum air putih kurang minum air putih bisa membuat kulit dehidrasi dan memicu kulit kusam. Untuk itu, kita dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan. Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan kita.

 

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Kulit Kusam

www.taste.com.au

Untuk memiliki kulit bebas kusam, kita perlu memperhatikan pola makan kita. Karena, tanpa disadari makanan yang kita makan akan berdampak pada kesehatan kulit. Agar kulit selalu sehat, kita  perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Ini karena buah dan sayuran kaya vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang bisa mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

Tidur yang Cukup

Kulit Kusam

strategidanbisnis.com

Kurang tidur bisa menghambat proses regenerasi sel kulit dan produksi kolagen yang bisa memicu kelelahan dan kulit kusam. Itu sebabnya kita perlu memperhatikan pola tidurmu. Karena selain menghilangkan kantuk, tidur cukup juga bisa mengoptimalkan regenerasi kulit. Untuk orang dewasa, umumnya durasi tidur ideal adalah 7-9 jam per hari.

 

Berolahraga

Kulit Kusam

www.kompasiana.com

Selain melancarkan metabolisme, olahraga juga bisa mengurangi stres yang memicu kulit kusam. Ini karena saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan kotoran yang mengendap di dalam pori-pori melalui keringat. Alhasil, kulit akan menjadi lebih segar, cerah, dan sehat. Lakukan olahraga apapun yang kita sukai secara rutin, setidaknya 30 menit per hari. Jika kita enggak terbiasa berolahraga, kita bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti jogging, berenang, bersepeda, dan lain-lain.

 

Menggunakan Masker Yogurt

Kulit Kusam

kawaiibeautyjapan.com

Yogurt juga menjadi item penting untuk cara memutihkan wajah atau kulit kusam secara alami.  Yogurt mengandung asam laktat yang berperan sebagai agen pemutih kulit. Ini juga membantu kulit kita tetap halus dan lembut.

Untuk pengaplikasiannya, kita bisa mencampurkan 1 sdt yogurt tawar dengan ½ sdt madu. Aduk rata, lalu balurkan pada wajah secara merata. Setelah itu, bilas dengan hingga bersih. Perawatan ini bisa kita gunakan 1-2 kali dalam seminggu. Selain itu, kitaa juga bisa mengonsumsinya untuk perawatan dari dalam

 

Mulailah Rutin Mengoleskan Minyak Zaitun

Kulit Kusam

www.aliexpress.com

Minyak zaitun adalah item pertama yang harus kita miliki untuk mengatasi wajah kusam dan kering. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang bertugas meregenerasi sel-sel kulit mati sekaligus memberikan perlindungan kulit dari radikal bebas serta menjadi masker pemutih wajah alami.

Dengan mengoleskan minyak ini secara rutin pada wajah, kelembaban kulit perlahan akan kembali. kita bisa mengaplikasikannya sebelum tidur malam lalu membilasnya di keesokan pagi. Untuk hasil optimal, gunakan setiap hari ya, Rekan 🙂

 

Gunakan Masker Kakao, Madu dan Susu

Kulit Kusam

www.kaskus.co.id

Meminum segelas coklat hangat di pagi hari memang terasa menenangkan. Apabila kita memiliki persediaan bubuk kakao, coba deh ambil sedikit untuk dibuat menjadi masker wajah. Coklat kakao mengandung antioksidan yang bagus untuk melindungi wajah dari kerusakan akibat radikal bebas. Kita bisa juga memutihkan wajah dengan susu dan madu.

Untuk membuatnya, campur 1 sdm bubuk kakao, ½ sdm madu, dan 2 sdm susu. Aduk rata semua bahan. Lalu oleskan pada wajah serambi dipijat perlahan-lahan. Setelah masker mengering, kita bisa membersihkan wajah dengan air dingin. Kombinasi ketiga bahan ini ampuh untuk mencerahkan kulit.

 

Gunakan Masker Lidah Buaya

Kulit Kusam

www.deherba.com

Lidah buaya dapat membantu meningkatkan kelembaban wajah, mengatasi jerawat, melawan tanda-tanda penuaan sekaligus mencerahkan bila digunakan secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan vitaminnya yang tinggi, serta adanya zat antioksidan, antiseptik dan antiinflamasi.

Untuk cara memutihkan wajah dengan lidah buaya, kita cukup mengoleskan gel lidah buaya pada wajah secara rutin. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Perawatan ini bisa kita aplikasikan 3-4 kali seminggu. Kita juga bisa membeli aloe vera shooting gel yang saat ini sedang ramai dipakai, cukup praktis dan bermanfaat.

 

Gunakan Masker Madu dan Jeruk Nipis

Kulit Kusam

www.vemale.com

Madu adalah bahan alami yang mengandung zat antioksidan, antiinflamasi dan antiseptik. Cara memutihkan wajah dengan madu sangat bagus untuk untuk membuat kulit sehat. Sehingga tak heran jika madu sering dimanfaat oleh industri kosmetik sebagai bahan dasar pembuatan produk pemutih dan pelembab wajah.

Untuk membuat masker ini sebaiknya kombinasikan dengan jeruk nipis. Sebab jeruk nipis kaya vitamin C sehingga mampu mempercepat efek kulit cerah. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencapurkan 1 sdm madu dengan ½ sdm jus jeruk nipis. Aduk rata. Lalu oleskan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan 20 menit. Terakhir bilas dengan air dingin.

 

Gunakan Masker Madu, Oatmeal dan Kuning Telur

Kulit Kusam

gitacinta.com

Apabila kulit kita sudah sangat kering, kita bisa mencoba membuat masker dnegan mengombinasikan madu, masker oatmeal dan kuning telur. Ketiga bahan ini bagus dalam menghidrasi kulit sekaligus memberikan efek mencerahkan.

Cara pengaplikasiannya, campurkan 1 butir kuning telur, 2 sdm oatmeal dan 2 sdm madu. Aduk rata. Lalu oleskan pad a wajah serambi dipijat. Setelah 20 menit, bilas wajah dengan air sampai bersih. Kita bisa melakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

 

Hidrasi Wajah Dengan Minyak Kelapa

Kulit Kusam

gaya.tempo.co

Minyak kelapa kaya nutrisi dapat meningkatkan kelembaban wajah dan membuatnya tetap terhidrasi. Perlu kita tahu bahwa kulit yang kering bisa menjadi penyebab wajah kusam. Maka itu, bila kita ingin mendapatkan wajah putih dan cerah maka kuncinya adalah berikan kelembaban pada kulit secara rutin. Nah, minyak kelapa ini memiliki sifat antioksidan pada minyak kelapa dapat melawan tanda-tanda penuaan dini dan antibakteri untuk melawan jerawat. Begitupun dengan madu yang berperan sebagai pelembab dan agen pencerah.

Untuk membuat masker ini, campurkan 2 sdm minyak kelapa dan 1 sdm madu. Aduk rata, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

 

Gunakan Tabir Surya

Kulit Kusam

www.nihaoindo.com

Kulit kusam juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Ini karena sinar ultraviolet dapat mengubah pigmen, merusak DNA kulit, dan menyebabkan penuaan dini. Agar hasilnya optimal, kita bisa menggunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protector Factor) 30 atau lebih. Jika beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua hingga tiga jam sekali.

Inilah tips dari Danabijak untuk Rekanbijak yang sedang ingin mengatasi kulit kusam, semoga bermanfaat 🙂

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: