5 Cara Jitu Menghadapi Orang yang Sedang Marah

Setiap orang di Bumi memiliki berbagai macam perasaan, seperti senang, sedih, hingga marah. Berbagai perasaan yang ada biasanya dipengaruhi oleh berbagai macam hal yang sedang dialami oleh seseorang. Setiap hal yang belebihan tidak baik, dan hal ini berlaku juga terhadap perasaan yang sedang dirasakan oleh setiap orang di Bumi.

5 Cara Jitu Menghadapi Orang yang Sedang Marah

5 Cara Jitu Menghadapi Orang yang Sedang Marah

Setiap orang memiliki perasaan, senang, sedih, marah. Dalam satu hari saja, seseorang bisa merasakan berbagai macam perasaan tersebut, berbagai macam perasaan bisa ditimbul dari diri sendiri atau dari orang lain. Perasaan senang, sedih, marah yang berlebihan tidak baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Jika terlalu banyak merasakan senang, mungkin beberapa orang akan melihat seperti orang yang aneh, karena, dengan adanya perasaan senang, secara tidak sadar membuat orang lebih sering tersenyum atau tertawa. Kemudian, jika terlalu berlebihan merasakan sedih, tidak akan baik karena akan membuat seseorang depresi. Merasakan perasaan marah yang berlebihan tidak baik, karena akan membuat seseorang menjadi stress. Oleh karena itu, sebaiknya ketika merasakan sesuatu janganlah berlebihan agar tidak menimbulkan sesuatu yang negatif.

Marah atau geram, merupakan hal yang hampir dirasakan oleh setiap orang di Bumi. Ketika seseorang sedang geram merupakan hal yang membuat kita takut, baik marah dengan cara yang meledak (teriak-teriak) atau dalam bentuk diam. Beberapa orang terkadang salah mengambil tindakan ketika menghadapi orang yang sedang geram, lalu bagaimana cara menghadapi orang yang sedang marah?

Tenang dan Diam

Marah

Sumber : hellosehat.com

Hal pertama yang harus dilakukan Rekan Bijak untuk menghadapi orang yang sedang geram adalah tenang dan diam, orang yang sedang geram itu biasanya sedang mengalami kenaikkan dalam emosinya, oleh karena itu, Rekan Bijak harus tenang atau tidak ikut merasa geram. Jangan menangapi apapun ketika sedang menghadapi orang yang sedang geram, diam adalah cara terbaik untuk menghadapi orang yang sedang geram.

Tenang dan diam disini, Rekan Bijak jangan hanya dalam perkataan saja, tetapi tunjukkan juga dengan gerakan tubuh yang terlihat santai, mimik muka, dan tidak memancarkan sikap agresif.

Dengarkan dan Biarkan Bicara

Marah

Sumber : fee.org

Jika Rekan Bijak tidak ingin terlalu larut dalam menghadapi orang yang sedang marah, maka biarkan saja orang yang sedang marah berbicara dan Rekan Bijak cukup dengarkan saja perkataan yang dilontarkan, walaupun, orang yang sedang marah mengucapkan perkataan yang kurang pantas atau kasar, diamkan saja, anggap saja sebagai angin lewat dan jangan memasuki hati setiap perkataan yang dilontarkan.

Rekan Bijak cukup mengingat, bahwa orang yang bijaksana dan berpendidikan tidak akan mengeluarkan perkataan kasar atau perkataan yang tidak pantas untuk dikatakan, walau keadaan sedang geram sekalipun.

Cobalah Pahami Penyebabnya

Marah

Sumber : Tempo.co

Biasanya, setiap masalah memiliki alasan atau sebab yang membuat masalah itu muncul dan membuat seseorang menjadi geram. Untuk itu, setelah mendengarkan apa yang diucapkan seseorang yang sedang marah kepada Rekan Bijak, Rekan Bijak dapat menarik kesimpulan atau mencari alasan dari orang tersebut marah, tetapi jika Rekan Bijak tidak mendapatkan alasan atau kesimpulan dari setiap perkataan yang dilontarkan oleh seseorang yang marah tersebut.

Tunjukkan sikap baik Rekan Bijak untuk memahami situasi dari orang yang sedang marah tersebut, sehingga dapat membuat geramnya orang tersebut menjadi reda dan Rekan Bijak bisa mencari cara menjaga perasaan orang lain.

Mintalah Kesempatan untuk Berbicara

Marah

Sumber : Tempo.co

Setelah Rekan Bijak rasa bahwa geramnya seseorang sudah surut, coba mintalah kesempatan untuk Rekan Bijak berbicara. Ketika meminta kesempatan bicara, usahakan untuk menggunakan suara yang rendah dan halus agar seseorang yang sedang geram tersebut tidak geram kembali. Saat sudah ada kesempatan untuk Rekan Bijak berbicara, gunakan kata-kata yang menenangkan atau hati-hati. Berikan pejelasan mengenai masalah dengan urutan, rincian yang baik, jelas dan mudah untuk dipahami.

Jika sudah mendapatkan kesimpulan atau alasan dari seseorang geram dan ternyata hal tersebut, karena, kesalahan Rekan Bijak, maka, sebaiknya Rekan Bijak akui dan cobalah untuk meminta maaf dengan nada yang tenang dan pemilihan kata yang tidak membuat seseorang tersebut kembali tersinggung.

Jika Keadaan Memburuk, Tinggalkan

Marah

Sumber : hellosehat.com

Rekan Bijak sudah mencoba beberapa cara untuk menghadapi seseorang yang sedang marah, namun, tidak mendapatkan hasil yang baik? Ya, sebaiknya Rekan Bijak mengalah dan meninggalkan tempat agar bisa mempertahankan kesehatan hati Rekan Bijak. Tidak bisa dipungkiri, menghadapi orang yang sedang geram dapat menguras hati serta pikiran Rekan Bijak, untuk itu, supaya Rekan Bijak tidak ikut larut terhadap masalah yang kemudian masalah tersebut menjadi besar, maka, sebaiknya Rekan Bijak mundur dan tinggalkan.

Mengalah bukan berarti Rekan Bijak kalah, akan tetapi, dengan bersikap mengalah akan mencegah sesuatu hal negatif menjadi hal lebih parah lagi. Dan jangan habiskan energi serta waktu Rekan Bijak dengan hal yang sudah diperjuangkan, namun, hasilnya adalah sia-sia. Oleh karena itu, sebaiknya Rekan Bijak tinggalkan saja.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu cara-cara untuk menghadapi orang yang sedang marah kan? Jika iya, dapat coba lakukan beberapa cara pada artikel diatas ya!

Marah

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: