Baterai Handphone Cepat Habis saat Pergi? Inilah Cara Menghindarinya!

Sebagai salah seorang pengguna handphone yang baik, tentunya kamu mau baterai handphone kamu bertahan lebih lama saat bepergian. Namun, banyak pengguna tidak bisa mempertahankan daya hidup baterainya dengan lama karena terlalu sering memakai handphone nya saat bepergian. Lalu, bagaimana caranya agar daya hidup baterai lebih lama saat bepergian?

Baterai Handphone Cepat Habis saat Pergi? Inilah Cara Menghindarinya!

Baterai Handphone Cepat Habis saat Pergi? Inilah Cara Menghindarinya!

Pasti di antara kita sebagai pengguna handphone, seringkali mengalami salah satu masalah yang seringkali dihadapi, yakni cepat habisnya baterai handphone, dan seringkali kejadian-kejadian seperti ini menyusahkan karena jadi tidak bisa mengontak orang-orang lain ketika dibutuhkan. Hal-hal seperti ini tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang, namun banyak orang mengalami hal-hal seperti ini, sehingga kejadian-kejadian seperti ini seringkali harus dihindari.

Cara agar baterai handphone tidak cepat habis pun salah satu caranya adalah dengan membawa powerbank kemana agar baterai tersebut tidak akan mati-mati. Namun, hal itu justru berdampak buruk kepada kesehatan handphone, karena memang penggunaan powerbank tidaklah sehat, selain itu pemakaian powerbank pun juga dengan mudah memasang lalu melepas charger dari powerbank dan handphone, sehingga akan membuat handphone lebih mudah rusak. Apalagi ketika sedang bepergian ke suatu tempat tertentu. Lalu, bagaimana caranya agar baterai handphone tetap bisa hidup dan tidak cepat mati?

Cas Baterai hingga 100 Persen sebelum Pergi

baterai

Mengecas saat sebelum pergi ke tempat yang diinginkan adalah hal yang penting. Mengapa penting? Karena jika saat bepergian lalu tidak isi sampai penuh, maka yang terjadi adalah kemungkinan besar handphone mati pada waktu yang tidak diinginkan dan dengan cepat. Dan yang paling benar adalah, sebelum kamu pergi ke suatu tempat tertentu, lebih baik kamu mengecas hingga 100%.

Mengecas sebelum pergi ke tempat yang diinginkan adalah suatu hal yang patut dilakukan, agar tidak saat di tengah jalan, handphone mati dan kamu tidak bisa menghubungi siapapun. Hal itu menyedihkan bukan? Oleh karena itu, sebisa mungkin cas terlebih dahulu dan hingga 100%!

Jika Memang Tidak Terlalu Penting, Pakailah Airplane Mode atau Matikan Handphone

baterai

Jika memang tidak terlalu penting, untuk apa memakai handphone? Memakai handphone di saat-saat yang tidak terlalu penting, seperti hanya bermain Instagram, Twitter, chatting dengan teman, atau hal-hal lainnya yang boros baterai, seperti bermain game, hal itu hanya akan membuat baterai handphone kamu lebih cepat habis dan kamu tidak akan bisa memakai handphone kamu hingga harus dicas kembali.

Oleh karena itu, lebih baik kamu memakai airplane mode agar tidak cepat habis baterainya, sehingga masih bisa dipakai nantinya. Atau jika perlu kamu matikan handphone kamu dan tidak memakainya untuk beberapa saat.

Tidak Memakai Handphone saat Berjalan, Termasuk Mendengarkan Lagu, Menyalakan GPS hingga Bluetooth dan Menyalakan Getaran atau Suara Notifikasi

baterai

Jika kamu harus menggunakan handphone kamu saat bepergian, mungkin sudah saatnya kamu harus mematikan beberapa hal dan tidak memakai sama sekali hal-hal yang memang benar-benar akan membuat boros baterai. Hal-hal itu adalah seperti memakai GPS, memakai bluetooth, mendengarkan lagu, atau pun iseng-iseng mendengarkan radio lewat handphone. Dan sebisa mungkin kamu tidak memakai penanda notifikasi agar tidak boros baterainya.

Oleh karena itu, lebih baik kamu mempersiapkan diri dan tidak memakai hal-hal seperti itu. Kamu bisa mendengarkan lagu dengan memakai Ipod atau pun sekarang ini sudah ada Walkman untuk kamu mendengarkan lagu-lagu.

Jangan Terkena Panas

baterai

Jangan sampai handphone mu terkena panas, terutama sinar matahari atau pun tempat-tempat yang memang dikenal panas dan pengap seperti dapur restoran atau taman di hari yang panas, karena hal itu akan mempercepat baterai handphone mu untuk habis. Hal ini dikarenakan panas dapat “memaksa” baterai handphone mengeluarkan dayanya dan membuat handphone cepat mati dan harus dicas ulang.

Ditambah lagi, hal itu juga dapat menyebabkan kebocoran bateraimu! Tentunya bocornya sebuah baterai akan membuat kita kesal, karena pastinya akan lebih cepat lagi handphone nya. Oleh karena itu, hindarkan handphone dari ruangan atau tempat yang panas.

Matikan dan Turunkan Kecerahan Layar

baterai

Jika kamu sedang bepergian ke tempat apapun, sering-seringlah matikan layarmu, dan kalau perlu, kamu tidak perlu membuka layar handphone mu, agar tidak cepat mati handphone nya. Jika kamu memang membutuhkan handphone mu untuk sesuatu yang penting, kamu harus menurunkan kecerahan layarmu, agar tidak mudah habis handphone mu.

Dan kalau perlu, kamu memakai set timer untuk membuat layar handphone mu lebih cepat mati. Biasanya, orang yang tidak ingin layarnya terus hidup, mereka memakai timer untuk layarnya hingga sekitar hanya 15 detik, jika tidak diapa-apakan.

Aktifkan Mode Hemat Baterai

baterai

Mode hemat baterai adalah satu mode yang dipakai oleh banyak orang saat bepergian. Hal ini penting mengingat banyak orang yang tidak sadar bahwa ini cukup membantu. Tidak sedikit orang install aplikasi-aplikasi yang memang bisa membuat handphone mu berumur lebih panjang. Namun sekarang ini, banyak handphone mempunyai mode menghemat baterai tersendiri, dan kamu bisa memakai mode nya.

Oleh karena itu, setiap kali mau bepergian, jika kamu ingin merawat baterai handphone mu, pakailah mode menghemat baterai. Biasanya, dengan adanya mode tersebut, secara otomatis handphone akan menyala lebih lama.

Menyingkirkan Multitask

baterai

Multitask biasanya dipakai untuk memudahkan para penggunanya untuk bisa dengan cepat mengganti aplikasi dalam handphone, dan biasanya juga dipakai untuk menyimpan aplikasi dalam keadaan tetap sehingga tidak perlu diulang kembali seperti semula. Namun, hal ini juga bisa membuat baterai lebih mudah cepat habis, dikarenakan program aplikasinya yang akan terus berproses dan terus berjalan.

Oleh karena itu, lebih baik kamu menyingkirkan multitask tiap kali kamu memakai handphone kamu, karena hal itu berguna untuk memperpanjang hidup baterai kamu.

Tentunya kamu pasti ingin agar baterai handphone mu bertahan lebih lama bukan? Cara-cara di atas ini tidak hanya bisa digunakan ketika kamu bepergian, namun saat tidak bepergian juga bisa, demi menghemat bateraimu!

baterai

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: