7 Cara Jitu Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ)

Dalam melakukan sebuah kegiatan atau pekerjaan, tidak terlepas dari kecerdesan kita untuk berpikir, kecerdasaan dalam berpikir yang biasa digunakan oleh manusia adalah kecerdasan intelektual. Kecerdasan intelektual pada seseorang biasa disebuat dengan IQ, kecerdasan intelektual setiap orang berbeda. Dan terkadang tes IQ dijadikan sebagai ukuran tingkat kecerdasan seseorang.

Padahal dalam setiap kegiatan disetiap kehidupan, selain menggunakan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional juga harus diperhatikan. Mempunyai otak yang cerdas, namun, tidak cerdas dalam mengelola emosi merupakan sesuatu yang tidak baik, dimana seseorang akan terlihat memiliki kekurangan, untuk itu, sebaiknya kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dapat berjalan beriringan.

Baca Juga : Ayo, Asah dan Tingkatkan Kecerdasan Finansial dengan 4 Hal Ini!

Kecerdasan Emosional (EQ) adalah bagaimana cara Rekan Bijak mengekspresikan emosi dengan baik, dan mengatasi emosi dengan cara yang positif, jika Rekan Bijak memiliki kecerdasan emosional, maka, Rekan Bijak mampu berbicara dengan efektif kepada orang lain, memiliki rasa empati kepada orang lain, bisa mengatasi kesulitan, dan meredakan konflik. Untuk itu, setiap orang, selain memiliki kecerdasan intelektual, sebaiknya, memiliki kecerdasaan emosional yang baik. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosional?

Mengenal Emosi yang dirasakan

Kecerdasan Emosional

Sumber : hormatgerak.tumblr.com

Dalam setiap hari, emosi setiap orang bisa berubah-ubah tergantung kepada kondisi serta lingkungan seseorang. Hal yang harus diperhatikan agar bisa meningkatkan kecerdasaan emosional yaitu dengan cara mengenal emosi yang dirasakan oleh Rekan Bijak, dimana Rekan Bijak harus menanyakan kepada diri Rekan Bijak sendiri, apakah perasaan yang sedang dirasakan oleh Rekan Bijak, apakah perasaan senang, perasaan sedih, perasaan cemas, perasaan marah, atau lain sebagainya.

Jangan mengangap sepele emosi yang Rekan Bijak rasakan, bahkan perasaan bosan sekalipun. Dengan mengenal emosi yang dirasakan oleh perasaan Rekan Bijak sendiri, akan membantu Rekan Bijak dalam bertindak ketika menghadapi situasi tertentu.

Baca Juga : Cintai Diri Sendiri dengan Lakukan 5 Investasi Diri Ini, Agar Hidup Lebih Berkualitas!

Mengamati serta Mengelola Setiap Emosi yang Keluar

Kecerdasan Emosional

Sumber : gregetan.com

Mengalami berbagai macam perasaan seperti saat Rekan Bijak menaiki wahana roller coaster, maka, Rekan Bijak sebaiknya belajar mengamati setiap emosi yang keluar. Dengan mengamati setiap emosi yang keluar, Rekan Bijak dapat belajar mengatasi setiap masalah yang timbul, dan mengetahui masalah yang akan timbul dari setiap emosi yang dikeluarkan oleh Rekan Bijak.

Emosi adalah reaksi seseorang terhadap perasaan yang timbul, sehingga, membuat seseorang melakukan suatu tindakan. Jika Rekan Bijak dapat mengelola emosi diri sendiri dengan baik, maka, Rekan Bijak dapat mengatasi situasi yang tepat terhadap masalah yang ada disekitar.

Baca Juga : Kamu Punya Hewan Peliharaan di Rumah? Yuk, Cari Tahu 7 Manfaatnya!

Meminta Pendapat Orang Lain

Kecerdasan Emosional

Sumber : halodoc.com

Dalam kehidupan, tidak lepas dari bersosialisasi, oleh karena itu, untuk meningkatkan kecerdasaan emosi, maka, Rekan Bijak dapat meminta tolong kepada orang lain mengenai pendapat mereka terhadap emosi yang biasa dikeluarkan oleh Rekan Bijak. Misalkan, saat Rekan Bijak lapar, tanyakan kepada orang lain mengenai emosi apa yang biasa muncul jika Rekan Bijak sudah merasakan lapar? ternyata, kata orang lain, bahwa emosi yang biasa dikeluarkan oleh Rekan Bijak ketika sedang lapar yaitu perasaan kesal.

Rekan Bijak dapat menanyakan pendapat tersebut kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, atau pasangan. Dan dengan meminta pendapat orang lain, dapat membuat Rekan Bijak berlatih untuk menghadapi kritik serta saran yang diberikan.

Baca Juga : Ketahui Lebih dalam Mengenai Bahasa Tubuh Manusia dengan 5 Cara Ini!

Melakukan Introspeksi

Kecerdasan Emosional

Sumber : hipwee.com

Setelah mengenal, mengamati, mengelola, dan meminta pendapat orang lain terhadap emosi yang dikeluarkan, langkah selanjutnya yaitu melakukan introspeksi diri. Melakukan introspeksi diri adalah hal yang sangat diperlukan bagi setiap manusia di Bumi, dengan melakukan introspeksi dapat menjadikan Rekan Bijak orang yang lebih baik, dimana Rekan Bijak akan tahu hal-hal negatif yang harus dikurangi, diperbaiki, dan hal-hal positif yang harus dikembangkan lebih baik lagi kepada diri Rekan Bijak sendiri.

Dengan melakukan introspeksi diri, Rekan Bijak dapat terus memperbaiki diri, sehingga, membuat Rekan Bijak menjadi orang yang dapat berguna bagi diri sendiri serta orang lain.

Mengenal Emosi Orang Lain

Kecerdasan Emosional

Sumber : male.co.id

Selain mengenal emosi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dapat membantu Rekan Bijak dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Dengan mengenali emosi orang lain, dapat membuat Rekan Bijak cepat bertindak terhadap situasi yang dirasakan oleh orang lain, baik perasaan senang, kesal, sedih, dan lain sebagainya.

Rekan Bijak dapat mengenali emosi orang lain dengan cara memperhatikan gerakan non-verbal, seperti mimik wajah, sorot mata, gerakan tubuh, dan lain sebagainya. Dan saat sudah mengenali emosi orang lain, Rekan Bijak dapat merasakan manfaatnya, seperti dapat dengan mudah berkenalan serta bersosialisasi dengan orang lain.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Menghadapi Orang yang Sedang Marah

Menulis Jurnal atau Diari

Kecerdasan Emosional

Sumber : hellosehat.com

Tidak dapat dipungkiri, bahwa, orang akan mengalami lupa, untuk itu, setelah mengetahui berbagai macam emosi yang keluar, dan sebab akibat dari emosi tersebut, alangkah lebih baik, jika Rekan Bijak menuliskan hal-hal tersebut di jurnal atau diari Rekan Bijak. Hal ini berguna untuk menghadapi masalah ataupun mengantisipasi tindakan yang akan timbul akibat dari emosi yang dikeluarkan Rekan Bijak, dan dapat berguna juga untuk menghadapi emosi yang dikeluarkan oleh orang lain.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari di Kantor

Terus Berlatih

Kecerdasan Emosional

Sumber : kampusdosenjualan.com

Disetiap kehidupan, berlatih merupakan hal yang penting agar kita dapat menjadi orang yang lebih baik lagi, dan berguna untuk mengembangkan sesuatu hal yang positif. Hal tersebut juga berlaku untuk meningkatkan kecerdasan emosional, dimana Rekan Bijak harus tetap berlatih memahami diri serta mengasah kemampuan dalam mengendalikan emosi diri sendiri.

Dengan terus berlatih, Rekan Bijak tidak perlu mengikuti terapi atau seminar mengenai cara meningkatkan kecerdasaan emosional yang memiliki tarif yang tidak murah. Rekan Bijak cukup butuh satu kunci penting, yaitu mendorong diri sendiri untuk terus berlatih mengenai kecerdasaan emosional.

Baca Juga : 7 Cara Untuk Memiliki Personal Branding yang Baik dan Otentik

Nah, Rekan Bijak, ingin menjadi pribadi yang berkualitas? Yap, Rekan Bijak harus memiliki kecerdasan intelktual dan kecerdasan emosional ya!

Kecerdasan Emosional

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: