5 Cara Ampuh dalam Menyelesaikan Pinjaman Kartu Kredit

Terkadang, orang tidak mampu melunasi pinjaman kartu kredit kepada bank tepat waktu, yang justru akan berakibat penambahan suku bunga atau malah lebih parahnya ada uang denda. Hal ini tentunya memberatkan pihak-pihak debitur. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar dalam membayar pinjaman ketika sedang terlanda masalah keuangan dengan cara-cara tertentu.

5 Cara Ampuh dalam Menyelesaikan Pinjaman Kartu Kredit

5 Cara Ampuh dalam Menyelesaikan Pinjaman Kartu Kredit

Siapa yang tidak pernah menggunakan pinjaman kartu kredit? Pinjaman ini sudah sangat biasa dipakai oleh banyak orang, bahkan mungkin termasuk Rekan Bijak. Pinjaman kartu kredit merupakan pinjaman yang bisa dikatakan sudah menjadi biasa dan mungkin saja merupakan bagian dari kehidupan menjadi seorang pekerja, karena dengan adanya kartu kredit ini, segala sesuatu lebih efisien dan efektif. Hanya tinggal gesek, segala sesuatu lebih mudah dalam transaksi.

Namun, bukan berarti pinjaman kartu kredit tanpa ada sesuatu yang negatif. Pinjaman ini sebenarnya cukup memberatkan beberapa kalangan, dikarenakan adanya beban bunga yang akan selalu bertambah sebagai konsekuensi dari transaksi melalui penggunaan kartu kredit. Hal ini justru dapat membuat pinjaman cukup menumpuk di saat akhir bulan, dengan mungkin uang kas yang tersisa sedikit.

Hal itu tentunya menjadi beban, dan beban seperti yang kita tahu, harus dihindari, apalagi beban pinjaman, yang harus segera dilunasi. Lalu, jika seandainya Rekan Bijak mengalami kekurangan uang untuk melunasi beban pinjaman kartu kredit, inilah cara-cara agar bisa melunasi beban pinjaman kartu kredit!

Mencari Pinjaman tanpa Bunga atau Bunga Rendah untuk Pelunasan

Sumber : recipe-recipes-food-cake2.blogspot.com

Kamu perlu mencari kerabat atau teman, atau sanak saudara dalam melunasi pinjaman kartu kredit, selain karena mereka merupakan orang yang kamu percayai dan lebih mudah untuk meminjam kepada mereka, juga mereka pastinya tidak akan perhitungan kepada kamu dan tak akan memakai sistem suku bunga untuk kamu. Pastinya kamu akan diberikan pinjaman dan melunasinya di tanggal-tanggal tertentu sesuai dengan perjanjian kalian.

Hal ini dikenal dengan gali lobang kecil tutup lobang besar. Agar suku bunga tidak terus bertambah, ditambah dengan denda dari kartu kredit yang banyak, lebih baik tutup dulu pinjamannya dengan meminjam uang dengan kerabat atau kreditur yang memiliki suku bunga yang lebih rendah sekitar 1%.

Membuat Skala Prioritas tentang Apa yang Harus Dilunasi

pinjaman kartu kredit

Sumber : Freepik.com

Skala prioritas merupakan hal yang penting dalam melunasi pinjaman yang ada. Mengapa? Dengan adanya skala prioritas, kamu akan tau apa yang harus kamu lunaskan terlebih dahulu. Pelunasan dengan skala prioritas merupakan hal yang penting, bahkan mungkin sangat penting. Mengapa? Agar kamu akan mengetahui apa yang harus diselesaikan dengan cepat.

Dengan adanya skala prioritas, kamu tau apapun yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Apalagi, jika kamu memiliki beban pinjaman kartu kredit, kamu harus menyelesaikan beban tersebut, karena bebannya bersifat bunga dan akan terus bertambah.

Jual Aset atau Barang-barang yang Ada

pinjaman kartu kredit

Sumber : honeykidsasia.com

Menjual barang akan menambah uang kamu, dan itu pasti. Kamu harus mencoba menjual barang-barang yang mungkin sama sekali kamu tidak pakai atau kamu jarang pakai. Dengan menjual barang-barang tersebut, kamu dapat mendapatkan uang tambahan demi melunasi pinjaman kartu kredit yang ada. Apalagi jika barang-barang tersebut memang kamu tidak gunakan.

Dengan penjualan barang-barang ini, dapat menambah juga uang jajan kamu, sekaligus dapat membuat barang-barang yang tidak kamu gunakan dan sudah menumpuk, bisa kamu “hilangkan” dan jadikan uang. Menarik bukan?

Balance Transfer

pinjaman kartu kredit

Sumber : Blog.quizzle.com

Balance transfer merupakan hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang sedang terlilit oleh pinjaman kartu kredit, yakni dengan cara memindahkan beban pinjaman dari satu kartu yang dianggap memberi bunga yang cukup tinggi, ke kartu kredit yang memiliki bunga lebih rendah, agar pembayaran beban pinjaman pun lebih kecil dan juga pembayarannya pun tidak menyesakkan.

Dengan melakukan hal ini, tentu ada konsekuensi lainnya : kamu mempunyai kartu kredit yang lebih banyak, dan tentunya kamu harus melunasi pinjaman kamu. Oleh karena itu, sebaik mungkin jangan sampai pinjaman menumpuk, ya Rekan Bijak!

Negosiasi dengan Pihak Bank

pinjaman kartu kredit

Sumber : majestymortgage.com

Negosiasi dengan pihak bank bisa dilakukan dengan baik, jika kamu mempunyai sejarah yang baik dan dikenal oleh bank sebagai seseorang yang bertanggung jawab, seperti membayar pinjaman dengan tepat waktu, dikenal ramah oleh pihak bank, dan lain-lain. Dengan hal-hal seperti itu, kamu dapat negosiasi dengan pihak bank jika kamu memang belum bisa membayar pinjaman.

Kamu dapat melakukan refinancing, yakni sebuah cara untuk menutupi pinjaman yang kamu miliki dengan pinjaman yang lain. Dengan cara refinancing, kamu bisa mendapatkan kesempatan pelunasan pinjaman lebih cepat, ditambah lagi kamu juga tidak akan terkena suku bunga yang terlalu tinggi!

Nah, Rekan Bijak, bagaimana dengan kamu? Jika kamu terkena pinjaman-pinjaman kartu kredit yang cukup tinggi, lebih baik kamu segera beralih ke situs-situs kredit online jangka pendek, karena bunganya dikenal rendah, ditambah lagi tidak merepotkan! Contohnya seperti Danabijak. Jika kamu membutuhkan dana cepat, kamu dapat meminjam di Danabijak dengan sistem kredit jangka pendek dan tidak merepotkan! Tunggu apa lagi?

pinjaman kartu kredit

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: