5 Cara Mudah Ini Efektif dalam Menyiapkan Dana Jalan-Jalan, Loh!

Terkadang, ketika seseorang ingin berjalan-jalan atau berwisata akhir tahun ke luar kota atau luar negeri, pastinya akan memikirkan secara keras bagaimana bisa mempunyai dana yang cukup untuk pergi ke tempat tersebut, dengan bersenang-senang. Tetapi, dana bukanlah hal yang sulit jika kamu mengikuti cara-cara ini, loh, Rekan Bijak!

5 Cara Mudah Ini Efektif dalam Menyiapkan Dana Jalan-Jalan, Loh!

5 Cara Mudah Ini Efektif dalam Menyiapkan Dana Jalan-Jalan, Loh!

Tidak terasa 2018 sudah hampir mau berada di akhir tahun, apakah Rekan Bijak sudah mempersiapkan tempat untuk jalan-jalan di akhir tahun nanti? Jika sudah, tentunya harus mempersiapkan dana yang ada, bukan? Dana jalan-jalan pastinya terbatas, kecuali kamu orang yang memang sudah sangat terbebas dari kendala perekonomian. Namun, jika kamu ingin pergi jalan-jalan, namun dananya masih belum mencukupi, kamu perlu strategi untuk menyiapkan dana liburan tersebut.

Mempersiapkan dana jalan-jalan mungkin bukanlah perkara mudah, mengingat dana memang terbatas, dan sayangnya, uang bukanlah daun, yang mudah saja dipetik. Dan mendapatkan dana untuk liburan pun memang tidaklah mudah. Namun, bukan berarti memenuhi dana jalan-jalan dengan puas, dan dengan uang yang mencukupi, bahkan dana jalan-jalan yang lebih, adalah hal yang tidak mungkin. Dengan strategi dan cara-cara tertentu yang mudah, hal itu dapat dilakukan. Lalu, apa saja cara-cara mudah dalam menyiapkan dana jalan-jalan?

Perencanaan yang Sudah Ada dan Matang

jalan-jalan

Perencanaan sangatlah dibutuhkan dan sangatlah mudah untuk dibuat. Perencanaan berguna untuk mengetahui tujuan-tujuan tempat apa saja yang akan didatangi ketika berlibur. Hal ini untuk menghindari segala hal ketika berlibur namun tidak tahu tujuannya kemana. Hal ini juga berguna agar kita bisa mengetahui berapa modal yang kita akan keluarkan ketika berlibur nantinya.

Modal yang akan dikeluarkan tentunya akan mempengaruhi cara kita mengeluarkan uang dalam kehidupan sehari-hari sebelum liburan nanti. Dan hal itu akan membuat kita lebih berhati-hati dalam menggunakan uang sehari-hari, sehingga secara tidak langsung, dengan adanya perencanaan keuangan untuk liburan tersebut, membuat kita menjadi lebih hemat dan lebih pelit dalam urusan uang.

Jangan Sering Jajan di Luar

jalan-jalan

Sumber : Intisari.grid.id

Jajan di luar, atau pun beli makan di luar, adalah suatu kesalahan yang seringkali dibuat oleh orang-orang, terutama karyawan, di kala mereka sedang membutuhkan uang. Jajan atau membeli makanan di luar sebenarnya dapat ditahan, selama nafsunya untuk jajan dan membeli makanan bisa dijaga. Hal ini juga bisa ditahan dengan cara membawa makanan dari rumah, atau pun ngemil makanan yang murah.

Terkadang, jika makan di luar, bisa saja jika tidak kenyang maka akan membeli makanan lainnya hingga uangnya pun habis untuk hal-hal yang sebenarnya dapat ditahan. Dengan mengurangi konsumsi makanan dari luar, hal itu dapat membuat keuanganmu lebih terjaga, dan uang yang untuk membeli makanan dari luar tersebut, dapat dijadikan dana tambahan untuk dana jalan-jalan!

Membuat Bisnis Kecil dengan Sedikit Potensi Kerugian atau Punya Pekerjaan Kedua

jalan-jalan

Sumber : Quotemaster.org

Membuat sebuah bisnis dalam tempo waktu yang singkat mungkin merupakan hal yang sulit untuk dijalankan, jika menginginkan untung yang besar. Namun, bagaimana jika bisnis dalam tempo yang cukup lama sebelum liburan? Hal ini bisa memberikan dua keuntungan untuk kamu. Pertama, kamu akan mendapatkan uang tambahan saat liburan. Kedua, kamu juga bisa meneruskan bisnis tersebut setelah selesai liburan, sehingga bisa menjadi sebuah pendapatan sekunder.

Hal lain yang dapat dilakukan jika ingin mendapatkan dana liburan adalah dengan cara bekerja pekerjaan kedua, dengan cara menjadi ojek online, barista atau bartender, atau juga bisa mencari dana tambahan di tempat lainnya. Namun yang pasti, mencari pendapatan kedua akan sangat membantu kamu dalam mendapatkan uang untuk berlibur!

Konsisten Menabung

jalan-jalan

Sumber : Dconheels.com

Konsisten menabung merupakan hal yang sebenarnya mudah saja dilakukan, namun akan sulit jika kamu memang seorang yang mudah tergoda oleh apapun. Konsisten menabung untuk jalan-jalan akan sangat membantu kamu ketika kamu liburan nanti. Ketika kamu berlibur nanti, dan kamu sedang membutuhkan uang karena jalan-jalan.

Konsistensi dalam menabung untuk bepergian akan sangat membantu kamu dalam liburan nantinya. Kamu akan dimanjakan dalam liburan nantinya, karena uangnya pun saat liburan akan cukup sehingga tidak akan kekurangan. Ditambah lagi, kamu juga akan lebih menikmati liburan kamu tanpa harus memusingkan keuangan. Namun, kamu tentunya tahu, dengan adanya menabung, kamu juga harus mengorbankan sebagian dana kamu yang biasanya untuk pergi bersama teman atau nongkrong, menjadi dana tabungan untuk liburan.

Tidak Memakai Kartu Kredit atau Berutang

jalan-jalan

Sumber : insideretail.asia

Pemakaian kartu kredit hanya akan menghambat keinginanmu untuk berlibur, dan hanya akan membuat kamu terbebani oleh utang yang ada. Jika kamu memakai kartu kredit, kamu bukan hanya meminjam kepada kreditur, namun kamu juga berutang dengan bunga yang lebih tinggi, sehingga kamu harus membayarnya di saat nanti. Tentunya ini akan membebankan kamu dengan adanya utang tersebut.

Dan ditambah lagi, jika kamu mempunyai utang-utang tertentu, sebaiknya jangan dulu jika kamu ingin berlibur dan jalan-jalan. Mengapa? Karena pertama, kamu tentunya perlu melunasi utang tersebut, apalagi utang adalah suatu kewajiban yang harus dibayarkan oleh orang yang bertanggungjawab. Kedua, jika kamu sedang jalan-jalan, tentunya dengan keberadaan utang, kamu menjadi lebih tidak bisa berfokus untuk beristirahat karena masih ada saja yang mengganjal di pikiran, yakni keberadaan utang.

Nah, bagaimana Rekan Bijak? Tentunya dengan hal-hal ini, kamu bisa menjalani liburan jalan-jalan dengan menyenangkan! Cara-cara mudah dalam menyiapkan uang untuk liburan ini sangat berguna untuk kamu yang sedang ingin berlibur!

jalan-jalan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: