Catat 6 Tips Melunasi Pinjaman yang Bisa Coba Dilakukan

Saat membutuhkan dana darurat untuk keperluan mendesak seperti servis kendaraan, perbaikan rumah hingga untuk modal menjalankan bisnis. Jalan tercepat mendapatkan dana adalah dengan mengajukan pinjaman, entah pada bank atau pinjaman online yang disediakan Fintech. Banyak orang yang berani mengajukan pinjaman dan banyak juga yang kesulitan melakukan pelunasan pinjaman tersebut.

Catat 6 Tips Melunasi Pinjaman yang Bisa Coba Dilakukan

Catat 6 Tips Melunasi Pinjaman yang Bisa Coba Dilakukan

Meski sudah menjadi hal yang umum di mata masyarakat, namun kehadiran utang baik utang pinjaman atau kartu kredit sering kali menjadi momok dan jika kesulitan melunasi pinjaman atau utang pasti akan membuat diri terbebani. Jika bisa memilih, pastinya, tak akan ada yang mau berurusan dengan utang jika tidak terdesak tuntutan kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat biayanya. Terlebih kini kemampuan pertumbuhan pendapatan masyarakat tidak sepadan dengan peningkatan biaya keseharian.

Keputusan untuk melakukan pinjaman harus diimbangi dengan manajemen keuangan yang baik sebab dalam prinsip keuangan yang sehat agar bisa melunasi pinjaman, beban cicilan pinjaman setiap orang maksimal hanya 35% dari pendapatan rutin. Meski demikian, utang pinjaman tetap tak bisa dihindari saat keperluan mendesak datang dan memerlukan sejumlah uang.

Namun jika Rekan kesulitan melunasi pinjaman, berikut 6 cara yang bisa dicoba untuk melunasi pinjaman :

Catat Kembali Seluruh Utang yang Dimiliki

Melunasi pinjamanSumber: jokowarino.id

Untuk cara yang pertama, Rekan bisa mengumpulkan semua tagihan termasuk cicilan pinjaman, cicilan kartu kredit dan semua utang yang dimiliki kemudian catat masing-masing nominalnya. Jangan lupa untuk mencatat masing-masing bunga yang dikenakan pada tagihan tersebut. Berikanlah prioritas pada tagihan dengan suku bunga yang lebih tinggi. Jika sudah mengetahui detail utang atau pinjaman yang tertunggak.

Rekan bisa mulai mengatur berapa besar uang yang perlu dialokasikan untuk melunasi pinjaman. Hal ini berguna agar Rekan tahu persis dana yang perlu dikeluarkan tanpa harus tercampur aduk dengan dana tabungan serta beberapa pengeluaran yang lebih baik tidak dipangkas meskipun sedang terlilit utang.

Baca Juga: Debt Stacking Vs Debt Snowball. Strategi Mana yang Lebih Baik dalam Melunasi Utang?

Tidak Menambah Utang Baru

Melunasi PinjamanSumber: konsultasisyariah.com

Gaya hidup boros atau konsumtif merupakan masalah utama dari timbulnya utang. Ketika kita dan pasangan selalu berusaha memenuhi gaya hidup maka utang pun kian menumpuk. Solusinya, lunasi utang satu per satu dan mulai menghentikan sikap boros tersebut agar tidak menambah utang yang baru. Jangan sampai kondisi keuangan rumah tangga kita hanya terpaku pada prinsip “gali lubang, tutup lubang”.

Salah satu jenis utang dengan bunga tinggi adalah utang kartu kredit. Bunga yang ditimbulkan dari pemakaian kartu kredit membuat jumlah utang menjadi semakin tinggi. Di sisi lain, tawaran pengajuan KTA dari pihak bank yang sama dengan alasan utang kartu kredit terlalu tinggi sehingga sebaiknya berutang di KTA saja, adalah sistem yang keliru. Kartu kredit dan KTA sama saja sistemnya jika sudah menjadi utang. Nilainya akan melambung tinggi.

Baca Juga: Ini Risikonya Jika Masih Muda Namun Sudah Memiliki Banyak Cicilan

Kelola Gaji Bulanan dengan Baik

Melunasi PinjamanSumber: winnetnews.com

Setelah mengetahui jumlah utang, suku bunga, dan total uang yang dialokasikan untuk membayar pinjaman tersebut, Rekan bisa memulai langkah selanjutnya. Rekan harus mulai membagi-bagi gaji per bulan untuk pos tabungan, pembayaran utang, serta pengeluaran-pengeluaran yang tentu harus ditekan. Selalu sisihkan tabungan terlebih dahulu agar Rekan tetap masih memiliki uang yang tersimpan di tabungan untuk dana darurat, setidaknya 30% dari penghasilan per bulan yang didapatkan.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan

Cari Penghasilan Tambahan

Melunasi pinjamanSumber: belajarkeuangan.com

Untuk dapat cepat melunasi pinjaman yang ada, Rekan bisa mencari penghasilan tambahan setiap bulannya melalui ide-ide kreatif. Misalnya dengan menjadi freelancer atau membuka online shop. Atau bisa juga Rekan melakukan investasi, namun tetap harus berhati-hati dengan oknum penipuan yang menawarkan investasi berkeuntungan fantastis.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Dapat Penghasilan Tambahan Lewat Media Sosial

Menyicil dengan Nominal Kecil Secara Periodik

Melunasi pinjamanSumber: mediakonsumen.com

Jika Rekan merasa keberatan harus membayar pinjaman dalam jumlah besar, boleh saja mencicil pinjaman dengan angka kecil, tapi dilakukan sesuai periode yang telah ditentukan. Seperti pinjaman di Danabijak yang pembayarannya bisa dicicil. Daripada membayar utang langsung besar, tapi tidak realistis, hal ini bisa menjadi sia-sia, bahkan berpeluang untuk memunculkan masalah baru.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Disiplin Mengatur Keuangan

Gunakan Dana Darurat

Melunasi pinjamanSumber: economy.okezone.com

Salah satu cara cepat melunasi pinjaman yang bisa Rekan lakukan adalah dengan menggunakan dana darurat. Jika Rekan mengatur tabungan dengan cukup teratur, tentu Rekan pasti sudah menyisihkan dana darurat setiap bulannya. Setidaknya setiap bulan Rekan menyisihkan minimal 10% dari gaji yang didapatkan untuk dana darurat.

Di sisi lain, jika risiko pekerjaan semakin besar seperti bekerja sebagai seorang freelancer, penyanyi, perbesar dana cadangan 6-9 bulan pengeluaran, tetapi jika Rekan seorang pengusaha setidaknya siapkan dana sebesar 9-12 bulan pengeluaran. Dana darurat bisa dikumpulkan dengan menggunakan tabungan berencana yang otomatis melakukan auto debet setiap bulan dari rekening transaksi Rekan.

Baca Juga: 3 Cara Memprioritaskan Dana Darurat agar Hidup Aman

Nah Rekan, itu adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melunasi pinjaman. Salah satunya dengan menyicil pinjaman seperti jika Rekan mengajukan pinjaman di Danabijak pembayarannya bisa dilakukan secara cicil dengan bunga yang rendah hanya 0,8% per hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Rekan dan orang terdekat Rekan Bijak!

Melunasi Pinjaman

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: