Cek Biaya Fakultas Kedokteran di 5 Universitas Ini!

Di Indonesia, sampai saat ini, jurusan perkuliahan paling bergengsi adalah fakultas kedokteran. Tidak hanya keuntungan yang akan didapat, tapi juga kebanggaan bisa menyandang status sebagai seorang dokter. Meski begitu, kita harus siap dengan segala kesulitan dan tekanan yang harus dihadapi saat menjalani sekolah kedokteran.

Cek Biaya Fakultas Kedokteran di 5 Universitas Ini!

Cek Biaya Fakultas Kedokteran di 5 Universitas Ini!

Profesi dokter yang menjadi mimpi sebagian orang membuat kursi mahasiswa kedokteran menjadi incaran jutaan calon mahasiswa di Indonesia. Seiring dengan tingginya peminat, biaya kuliah kedokteran semakin hari semakin melambung. Harganya mulai dari puluhan juta sampai ratusan juta rupiah. Biaya kuliah kedokteran yang dibandrol dengan harga tinggi terbilang wajar mengingat cerahnya prospek masa depan para mahasiswa kedokteran. Peluang mereka untuk bekerja di rumah sakit ternama, membuka praktik sendiri, sampai bisa menjadi dokter pribadi bagi keluarga menjadi daya tarik tersendiri.

Fakultas Kedokteran

Jika Rekan Bijak berniat untuk menyekolahkan putra atau putri kelak di Fakultas Kedokteran, sebaiknya siapkan kemampuan kemampuan kognitif mereka terlebih dahulu. Sementara itu, Rekan Bijak sebagai orang tua mempersiapkan biaya kuliah kedokteran di perguruan tinggi terbaik.

Berikut biaya Fakultas Kedokteran di 5 universitas terbaik di Indonesia yang dapat dijadikan referensi :

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Siapa yang tak kenal UGM? Salah satu  universitas terbaik di Indonesia bahkan dunia ini, mematok UKT mahasiswa kedokteran dengan harga sekitar 22,5 juta per semester dengan ketentuan gaji orang tua mahasiswa bersangkutan sebesar 10 juta per bulan.

Fakultas Kedokteran

Sumber : ayokuliah.id

Lain lagi untuk Fakultas Kedokteran Gigi, UGM memasang tarif sebesar 20 juta rupiah per semester.

UNIVERSITAS INDONESIA

Universitas Indonesia sebagai ikon pendidikan Indonesia terbaik memiliki dua item pembayaran, yaitu BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) yang nominal biaya kuliahnya berkisar seratus ribu sampai 15 juta rupiah, sedangkan untuk UP (uang pangkal) dikenakan hanya untuk mahasiswa non-reguler.

Fakultas Kedokteran

Sumber : kampusaja.com

Adapun 6 golongan UKT mahasiswa kedokteran dengan rincian sebagai berikut :

  • Golongan I : 0 – Rp500.000 per semester
  • Golongan II : Rp501.000 – Rp1.000.000 per semester
  • Golongan III : Rp1.000.001 – Rp2.000.000 per semester
  • Golongan IV : Rp2.000.001 – Rp3.000.000 per semester
  • Golongan V : Rp3.000.001 – Rp4.000.000 per semester
  • Golongan VI : Rp4.000.000 – Rp15.000.000 per semester

UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Fakultas Kedokteran UPH didirikan pertama kali tahun 2001. Meski usianya masih terbilang muda, tapi Fakultas Kedokteran UPH telah menjadi salah satu fakultas ilmu kesehatan terbaik di Indonesia dan sudah mengantongi cukup banyak jaringan internasional.

Fakultas Kedokteran

Sumber : id.wikipedia.org

Biaya pendaftaran Fakultas Kedokteran UPH sekitar Rp135 juta dengan biaya semester tetap Rp22 juta. Sementara itu, untuk biaya per SKS-nya UPH mematok harga Rp900 ribu. Jika ditotal, jumlah biaya pendidikan kedokteran di kampus ini bisa mencapai Rp630 jutaan.

UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Universitas Tarumanagara merupakan salah satu kampus swasta unggulan di Indonesia. Setelah 52 tahun berdiri, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara menjadi salah satu fakultas dengan minat paling tinggi. Akreditasi yang dimiliki juga sudah “A”.

Di awal perkuliahan, kita perlu membayar sumbangan pengembangan pendidikan sebesar Rp350 juta. Setelah itu, kita diwajibkan membayar Rp34 juta untuk pembayaran semester satu. Itu artinya, Rekan Bijak perlu menyiapkan uang sekitar Rp588 juta.

UNIVERSITAS DIPONEGORO

Universitas Diponegoro memasang tarif biaya UKT untuk para mahasiswa kedokteran yang masuk melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa sebesar Rp19 juta. Ini merupakan nilai nominal UKT tertinggi. Untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri, selain dikenakan biaya UKT, mereka juga wajib membayar biaya SPI atau Sumbangan Pembangunan Institusi sebesar Rp100 juta hingga Rp150 juta. Nilai tersebut disesuaikan dengan golongan yang ditentukan saat pengisian form pendaftaran.

Meski biaya sekolah kedokteran masih terbilang mahal, Rekan Bijak tidak perlu patah semangat. Kita masih bisa mempersiapkan biayanya sedari dini. Alokasikan sebagian penghasilan setiap bulannya untuk tabungan pendidikan anak. Kalau perlu, buatkan pula mereka asuransi pendidikan. Jika masih perlu dana tambahan demi bisa mencukupi tabungan pendidikan anak, ajukan saja pinjaman ke Danabijak! Prosesnya yang cepat dan bunganya yang kompetitif sudah pasti akan memberi keuntungan bagi Rekan Bijak.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: