Cerita Tradisi Idul Fitri di 6 Negara Ini

Perayaan dan tradisi unik dari msyarakat Muslim di beberapa negara. Seluruh Umat Muslim merayakan Idul Fitri dengan dengan hati bersyukur dan penuh kegembiraan

Cerita Tradisi Idul Fitri di 6 Negara Ini

Cerita Tradisi Idul Fitri di 6 Negara Ini

Hari raya Idul Fitri merupakan hari yang paling membahagiakan bagi umat Islam diseluruh dunia, sebab pada hari raya Idul Fitri umat muslim sedunia merayakan kemenangan setelah berpuasa menahan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Ternyata tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki tradisi dalam menyambut lebaran di berbagai belahan negara di dunia juga memiliki cara cara tersendiri untuk merayakan hari Idul Fitri. Mari kita baca tentang Cerita Tradisi Idul Fitri di 6 Negara Ini.

Indonesia

Idul Fitri

www.dream.co.id

Suasana  Hari Raya Lebaran di Indonesia sungguh terasa,karena perayaan ini cukup besar bagi warga Indonesia, akan ada banyak keluarga yang saling bersilahturahmi, berkumpul bersama merayakan Idul Fitri. Tradisi yang selalu ada setiap tahunnya adalah tradisi mudik, dimana orang-orang yang merantau ke kota akan pulang ke kampung halaman masing-masing. Fenomena mudik sudah sangat biasa bagi masyarakat Indonesia, semua jalur trasportasi akan ramai dan siap-siaga, dalam beberapa hari sebelum dan sesudah lebaran kita akan melihat berita dari tiap stasiun TV yang mengabarkan tentang info arus mudik.

Selain mudik dan shalat Ied, euforia lebaran juga dirayakan dengan tradisi yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Jika di Jakarta, warga Betawi biasanya akan berkumpul di rumah keluarga, saling mengunjungi dan makan bersama. Lain dengan di Aceh, ada sebuah tradisi lebaran yang selalu dilakukan setiap tahunnya saat menjelang Idul Fitri, namanya adalah Meugang. Meugang adalah tradisi memasak dan memakan bersama untuk dibagikan pada kaum dhuafa sebagai bentuk saling berbagi di bulan Ramadhan.Umumnya, semua warga di sebuah kampung akan berkumpul di masjid untuk memasak daging dan memakan bersama-sama, serta tidak lupa membagikan sebagian makanan tersebut kepada orang tidak mampu.

 

Warga Bangka punya tradisi yang unik untuk menikmati kebersamaan mereka pada waktu Idul Fitri. Setelah bersilahturahmi dan bermaaf-maafan, merakan akan melakukan tradisi Begawa yang berarti makan bersama, tapi karena penyajiannya mengunakan tudung saji sehingga disebut juga makan Bedulang. Dalam tradisi makan Bedulang ini tidak diperbolehkan memakai sendok, harus mengunakan tangan, dimana diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu dengan aturan orang paling tua terlebih dulu sedang yang muda mendapat giliran paling terakhir.

 

Arab Saudi

Idul Fitri

m.dreamers.id

Di Arab Saudi, setelah mengikuti ibadah salat Idul Fitri di masjid-masjid besar terdekat, mereka biasanya berkumpul di rumah keluarga tertua untuk bersilaturahmi. Warga Arab Saudi juga memiliki tradisi silaturahmi dengan tetangga dan sejumlah kerabat seraya mengucap rangkaian selamat Idul Fitri. Selama pekan silaturahmi Lebaran, semua pintu rumah biasanya sengaja tak dikunci untuk memudahkan kerabat, tetangga atau sanak saudara yang hendak datang bersilahturahmi. Mereka juga menyiapkan satu meja lengkap dengan kertas dan pena di dekat pintu untuk menyambut tamu yang tak bisa bertemu tuan rumah.

Jika saat berkunjung tak ada orang di dalam rumah, mereka akan menaruh bingkisan seperti sekotak permen, kue, atau satu set parfum di atas meja yang telah disiapkan. Lalu mencatat ucapan Idul Fitri di kertas yang telah disediakan.

Tak hanya sampai di situ, kemiripan merayakan Hari Raya Idul Fitri antara negara Arab Saudi dengan Indonesia adalah tradisi memberikan uang atau angpao pada anak-anak. Di Arab, tradisi ini dinamakan dengan Eidiyah. Eidiyah ini merupakan hadiah bagi anak-anak saat Idul Fitri. Eidiyah tersebut bisa berupa mainan atau uang. Eidiyah dilakukan dengan memberi anak-anak mainan atau uang sebagai ucapan terima kasih karena sudah puasa selama Ramadan, dan mendorong mereka agar mau puasa lagi tahun depan dan di masa datang.

 

India

Idul Fitri

thecompanion.in

Puluhan ribu umat Muslim India akan memadati jalanan pada malam hari untuk membeli beberapa bahan makanan. Banyak warga yang menuju toko susu untuk membeli malai agar dapat dinikmati bersama keluarga dan para kerabat. Malai adalah bahan masakan bagi masyarakat Asia Selatan. Dibuat dengan cara memanaskan susu utuh yang tidak dihomogenkan sampai sekitar 80 derajat Celcius selama sekitar satu jam dan kemudian dibiarkan mendingin. Lalu lapisan protein lemak berwarna kuning akan terbentuk di permukaannya. Pasar di Chowk Bazaae kian berdengung dengan aktivitas warga yang ingin melaksanakan Hari Raya Idul Fitri. Bahkan perusahaan susu lokal buka sampai pagi hari ketika banyak Muslim yang ingin membeli malai.

Tak hanya itu, tradisi lebaran juga ditandai dengan anak-anak muda yang menghiasi gaun tradisional dan topi yang akan mereka kenakan. Pada pagi hari lebaran, mereka akan mengucapkan permohonan maaf kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk perwujudan dari hari lebaran. Semua jalanan dipenuhi dengan dominasi warga yang menggunakan busana tradisional saat menjalankan ibadah salat di hari Idul Fitri. Sementara itu para kaum wanita sibuk di dapur untuk menyiapkan beberapa hidangan untuk menyambut tamu dan keluarga. Salah satunya adalah Sheerkhurma yang menjadi hidangan favorit yang di sajikan kepada para tamu.

Tiongkok

Idul Fitri

www.yukepo.com

Umat Muslim di negeri tirai bamboo juga punya tradisi yang seri dalam merayakan Idul Fitria. Perayaan Idul Fitri di sana biasanya berpusat di wilayah Yunnan serta Xinjiang karena memang dua daerah itulah pusatnya umat islam di sana. Selama bertahun-tahun, mereka telah berasimiliasi dengan baik dalam masyarakat Cina arus utama yang terdiri dari 56 kelompok imigran di Cina, dan agama mereka adalah penyatu identitas mereka. Kuliner mereka disebutqingzhen—yang berarti “kebenaran murni.” Kata qing juga sebuag homofon bagi warna biru kehijauan, dan restoran-restoran ini memiliki papan nama dengan warna itu, yang berarti makanan yang mereka sajikan halal. Biasanya mereka menyantap aneka ragam olahan daging domba, mi empuk dan lembut yang dibumbui paprika.

Saat lebaran tiba, para pria berbondong-bondong mengenakan jas kebanggaannya beserta kopiah putih. Sedangkan wanitanya akan dengan anggunnya mengenakan baju muslim dan kerudung.Kurang lebih Cina juga memiliki kebiasaan yang sama dengan Indonesia yaitu mengunjungi para saudara setelah melakukan salat untuk bersilaturahmi. Tak lupa kunjungan ntar tetangga pun mereka lakukan lho. Satu hal lagi yang mirip dengan Indonesia, yaitu berziarah menuju makam leluhur dan ditambah dengan tokoh muslim setempat.

Turki

Idul Fitri

bangka.tribunnews.com

Perayaan Idul Fitri di Turki selalu identik dengan seker bayram, yakni festival gula. Saat Idul Fitri, semua rumah di Turki akan menyajikan hidangan atau jajanan yang serba manis, seperti permen dan cokelat. Idul Fitri juga menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak di Turki. Anak-anak di Turki punya kebiasaan berkeliling ke rumah-rumah tetangga untuk mengucapkan selamat Idul Fitri sambil membawa kantung permen, dan sebagai balasannya mereka akan mendapat gula-gula, segala camilan manis, cokelat atau jajanan tradisional Turki seperti baklava dan turkish delight.

Masyarakat Turki juga menyelenggarakan perayaan bayram atau Idul Fitri di Turki biasanya juga dimeriahkan dengan adanya pergelaran musik dan seni tradisional seperti Caragoz dan Hacivat. Desa-desa di Turki juga akan terlihat begitu semarak dengan hiasan lampu berwarna-warni di berbagai sudut. Tak hanya itu, beragam acara penggalangan dana juga dilakukan saat Idul Fitri untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Sama seperti kebanyakan orang di Indonesia, saat Idul Fitri masyarakat Turki juga akan mempersiapkan dan mengenakan pakaian baru atau pakaian terbaik mereka yang disebut bayramlik. Yang unik adalah, saat Idul Fitri masyarakat Indonesia baik pria maupun wanita berbondong-bondong datang ke masjid atau lapangan untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Maka berbeda halnya dengan tradisi masyarakat Turki. Di negeri sufi ini tiap hari raya Idul Fitri hanya kaum prianya saja yang berangkat ke masjid untuk menunaikan shalat Ied, sementara kaum prempuan tetap tinggal di rumah.

Afrika Selatan

Idul Fitri

www.amongguru.com

Di kota Cape Town, Afrika Selatan, sebagian kaum Muslim akan berkumpul di Green Point pada malam hari di akhir Ramadhan untuk mengamati bulan. Mereka berasal dari tokoh-tokoh Islam di wilayah itu. Setelah mengamati bula, maka mereka akan mengumumkan 1 Syawal sebagai Hari Raya Idul Fitri. Setelah shalat Ied, kaum Muslim saling mengunjungi sanak saudara dan tetangga. Anak-anak memperoleh hadiah dan uang dari yang lebih tua, baik orangtua, tetangga, maupun famili yang lain. Kebanyakan orang memakai pakaian baru dengan warna-warna cerah khas benua Afrika. Biskuit, kue, dan samosa, kacang, dan kue tart disuguhkan untuk tamu di rumah. Makan siang dilaksanakan bersama sekelompok besar keluarga di satu tempat.

Berbicara mengenai makanan khas Lebaran, jika di Indonesia ada ketupat sebagai hidangan khas wajib saat lebaran, maka di Afrika Selatan ada vermicelli, yaitu makanan yang menyerupai bihun. Lalu aka nada kue-kue manis yang disajikan diatas meja sebagai makanan camilan Lebaran.

Ketika hari raya Idul Fitri tiba, biasanya pemerintah setempat akan menggelar pesta yang akan dihadiri untuk seluruh umat Muslim yang tinggal di Afrika Selatan. Tidak ketinggalan, warga non Muslim juga hadir untuk ikut menikmati pesta Idul Fitri tersebut dan saling bertukar hadiah.

Inilah keindahan perayaan dan tradisi Idul Fitri dari beberapa negara, semua uamt Muslim di seluruh dunia merayakan Ramadan dengan penuh keberkahan dan suka cita. Semoga Rekan Bijak juga dilimpahi rahmat dan kesehatan oleh yang Maha kuasa. Selamat Idul Fitri 🙂

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: