7 Cara Cermat Mengelola Gaji Pertama di Pekerjaan Pertama!

Setiap orang yang ada di dunia membutuhkan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan, supaya bisa bertahan hidup, dan mengapai segala sesuatu yang diinginkan, serta direncanakan. Untuk itu, setiap orang berlomba mendapatkan pekerjaan terbaik untuk diri mereka sendiri.

7 Cara Cermat Mengelola Gaji Pertama di Pekerjaan Pertama!

7 Cara Cermat Mengelola Gaji Pertama di Pekerjaan Pertama!

Bagi seseorang mendapatkan penghasilan berupa gaji merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Terutama, gaji pertama bagi seseorang yang baru pertama kali terjun ke dunia pekerjaan. Untuk itu, terkadang seseorang sulit menggunakan gaji pertama dengan cermat.

Baca Juga : 7 Cara Jitu Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan

Ada berbagai macam hal yang membuat seseorang cepat mengabiskan gaji pertama mereka. Memang tidak bisa dipungkiri, ada rasa bangga saat mendapatkan gaji pertama, terutama bagi seseorang yang baru saja terjun ke dunia pekerjaan. Adanya rasa bangga tersebut, bisa mengakibatkan seseorang menjadi tidak cermat mengelola keuangan mereka. Lalu, bagaimana cara cermat mengelola gaji pertama di pekerjaan pertama?

Hindari Kesenangan Sesaat

Cermat

Sumber : panorama-jtb.com

Cara yang pertama yaitu Rekan Bijak harus bisa menghindari kesenangan sesaat. Kesenangan sesaat yang dimaksud yaitu berbelanja segala suatu berdasarkan keinginan atau yang biasa disebut dengan lapar mata. Tidak bisa dipungkiri, pasti ada rasa senang saat mendapatkan gaji pertama, terutama pada pekerjaan pertama. Tetapi, Rekan Bijak tetap harus bijak saat ingin mengeluarkan sejumlah uang. Pasti ada rasa ingin membeli sesuatu, supaya bisa menyenangi diri sendiri, tetapi Rekan Bijak harus tetap ingat untuk tidak berbelanja secara berlebihan.

Baca Juga : Merasa Boros? 6 Tips Ini Membantu Kamu Menghadapi Belanja Impulsif

Berbelanja memang membuat seseorang merasa senang, terutama bagi seseorang yang sudah bekerja keras selama sebulan lamanya. Namun, Rekan Bijak harus ingat, bahwa, berbelanja secara berlebihan hanya membuat kesenangan sesaat, setelah Rekan Bijak selesai berbelanja, barulah Rekan Bijak sadar, bahwa, hal tersebut bisa membuat gaji Rekan Bijak habis dengan waktu yang cepat.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Mengelola Keuangan. Gaji Aman Sampai Akhir Bulan!

Ingat untuk Menabung

Cermat

Sumber : usanewsgroup.com

Cara selanjutnya yang bisa Rekan Bijak lakukan yaitu ingat untuk menabung. Menyenangi diri sendiri  itu wajib, tetapi, Rekan Bijak tetap harus ingat untuk menabungkan sejumlah uang yang didapatkan dari gaji. Seperti yang Rekan Bijak ketahui, menabung memiliki berbagai macam manfaat, mulai dari manfaat untuk sekarang, untuk esok hari, hingga masa yang akan datang.

Kita tidak akan pernah bisa memprediksi atau tahu mengenai kehidupan kita esok, hingga masa yang akan datang. Untuk mengatasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi, maka, sebaiknya Rekan Bijak harus ingat untuk menabungkan sejumlah uang dari gaji yang Rekan Bijak dapatkan. Sebenarnya, dengan menabung, Rekan Bijak bisa merasakan berbagai manfaat untuk diri Rekan Bijak sendiri.

Baca Juga : 5 Tips Ini Membantu Kamu Meningkatkan Kesadaran Menabung!

Buat Rekening Khusus

Cermat

Sumber : banksinarmas.com

Selanjutnya, cara yang bisa Rekan Bijak lakukan untuk mengelola gaji pertama dengan cermat yaitu dengan membuat rekening khusus. Membuat rekening khusus ini berguna untuk memisahkan sejumlah uang yang Rekan Bijak untuk keperluan masa yang akan datang, atau keperluan untuk masa sekarang. Dengan membuat rekening khusus, maka, dapat mengurangi pengeluaran Rekan Bijak, karena, ingin berbelanja sesuatu yang berdasarkan keinginan Rekan Bijak. Dan, dengan membuat rekening khusus, Rekan Bijak dapat lebih hemat.

Baca Juga : 8 Kebiasaan Sederhana untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan

Catat Pengeluaran Harian

Cermat

Sumber : shopback.co.id

Cara cermat yang selanjutnya yaitu catat pengeluaran harian. Mencatat pengeluaran harian memang sulit, dan agak sedikit ribet. Tetapi, dengan mencatat segala pengeluaran harian, maka, Rekan Bijak dapat mengetahui arus keuangan yang dipunya. Dengan mencatat pengeluaran harian, maka, dapat membuat Rekan Bijak memikir kembali, jika ingin mengeluarkan sejumlah uang yang dipunya. Membuat catatan pengeluaran harian, dapat membuat Rekan Bijak menjadi pribadi yang teratur, teliti, dan juga cermat dalam mengelola keuangan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Keuangan untuk Membantu Mengatur Keuangan Sehari-hari

Pikirkan Orang Tua

Cermat

Sumber : picswe.com

Selanjutnya, cara cermat yang bisa Rekan Bijak lakukan untuk mengelola gaji pertama yaitu pikirkan orang tua. Bagi beberapa orang, gaji pertama merupakan sejumlah uang yang harus diberikan kepada orang tua. Hal tersebut dilakukan untuk menghargai orang tua, dan menandakan bahwa seorang anak tetap ingat kepada orang tuanya.

Dengan memikirkan orang tua, Rekan Bijak dapat memikirkan kembali hal-hal yang ingin Rekan Bijak beli untuk diri sendiri, menjadi hal-hal yang ingin Rekan Bijak beli untuk diberikan kepada orang tua. Walaupun, orang tua Rekan Bijak tidak meminta, akan tetapi, jika Rekan Bijak memberikan atau memikirkan orang tua, pasti orang tua Rekan Bijak akan senang.

Baca Juga : Mari Mengenal Generasi Sandwich dan Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Ini!

Utamakan Kebutuhan

Cermat

Sumber : futuready.com

Selanjutnya, cara yang bisa Rekan Bijak lakukan yaitu dengan mengutaman kebutuhan. Rekan Bijak, harus sudah mengetahui mana hal yang termasuk ke dalam kebutuhan, dan mana hal yang termasuk keinginan. Bagi beberapa orang, membedakan kebutuhan dan keinginan merupakan yang sulit. Untuk itu, sebaiknya, Rekan Bijak bisa mencoba membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan mengutaman kebutuhan, maka, Rekan Bijak tidak akan merasakan gaji pertama cepat habis, dan menjadikan diri Rekan Bijak menjadi pribadi yang hemat.

Baca Juga : 4 Cara Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Mencoba Berinvestasi

Cermat

Sumber : jurnalforex.com

Cara cermat yang terakhir, yang bisa Rekan Bijak lakukan yaitu dengan mencoba berinvestasi. Mungkin, Rekan Bijak berpikir, ini kan baru gaji pertama, buat apa melakukan investasi? Nah, sebenarnya dengan melakukan investasi, Rekan Bijak bisa mendapatkan berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu dapat membantu kondisi keuangan Rekan Bijak saat keadaan terdesak.

Baca Juga : Ini 6 Investasi Terbaik yang Bisa Dilakukan pada Tahun 2019!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan apa saja cara cermat mengelola gaji pertama bagi pekerjaan pertama? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Cermat

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: