Ciri-Ciri Ini Bisa Menentukan Apakah Finansial Kamu Sudah Merdeka

Ketika berbicara tentang merdeka, orang-orang pastinya berpikir tentang kemerdekaan suatu negara, seperti Hari Raya Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus lalu. Namun, ada hal lain yang kita perlu "merdekakan", seperti dalam hal ini adalah keuangan. Keuangan memang perlu dimerdekakan di kehidupan yang makin lama makin bersifat konsumtif ini.

Ciri-Ciri Ini Bisa Menentukan Apakah Finansial Kamu Sudah Merdeka

Ciri-Ciri Ini Bisa Menentukan Apakah Finansial Kamu Sudah Merdeka

Merdeka secara finansial bisa dikatakan merupakan impian setiap orang yang sudah mempunyai pekerjaan dan pendapatan tetap, serta mempunyai keluarga yang merasa kebahagiaannya tidak hanya datang sebagian besar dari uang atau finansial yang baik, tetapi dari hal-hal yang lain seperti kasih sayang. Ketika anda sudah merdeka secara finansial, hal itu tidak berarti anda akan benar-benar bebas dan tidak akan mempunyai masalah-masalah ekonomi dan keuangan, namun setidaknya anda akan mempunyai pendapatan yang cukup untuk menghidupi keluarga.

Merdeka secara finansial tentunya membutuhkan suatu kepribadian yang memang pada awalnya harus “menyayangi uang”. Artinya, tidak suka memboroskan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Oleh Robert Kiyosaki, yang juga terkenal oleh bukunya “Rich Dad, Poor Dad”, ia berkata bahwa seseorang butuh untuk mengubah segala kebiasaan, termasuk kebiasaan boros untuk mencapai kemerdekaan secara finansial. Lalu, jika anda merasa bahwa anda merasa sudah tidak boros dan rajin menabung, apakah anda sudah termasuk orang-orang yang memang sudah merdeka secara finansial? Inilah ciri-ciri bahwa anda sudah merdeka secara finansial!

Baca Juga: Pentingnya Melek Finansial Sejak Dini untuk Masa Depan Keuangan Sejahtera

Aset yang Dipunyai > Utang

merdeka

Sumber : Footage.framepool.com

Pastikan anda mempunyai aset yang lebih besar daripada utang, Rekan Bijak. Bisa dikatakan, utang merupakan suatu beban, mungkin bagi semua orang. Apalagi jika utang tersebut berbentuk utang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, seperti memakai kartu kredit untuk mempunyai gaya hidup yang kekinian, atau pun meminjam uang hanya untuk memperindah pernikahan, padahal mungkin saja saat menikah, biayanya bisa saja ditekan.

Tentunya, mempunyai aset yang lebih besar daripada utang merupakan hal yang sangatlah penting. Ketika aset, seperti mobil, rumah, atau tanah lebih besar dibandingkan keseluruhan utang yang ada, itu tandanya anda sudah mempunyai keuangan yang cukup baik. Ini juga merupakan salah satu pertanda bahwa kamu sudah merdeka secara finansial.

Baca Juga: 6 Jurus Cukup Jitu Dalam Menyelesaikan Masalah Utang

Mempunyai Aset yang Menjadi Pendapatan Pasif

merdeka

Sumber : Travelandleisure.com

Mempunyai aset yang menjadi pendapatan pasif merupakan pertanda dari kemerdekaan secara finansial lainnya. Aset yang menjadi pendapatan pasif berarti mempunyai aset yang memang mempunyai nilai untuk dijadikan uang dan modal, dan anda tidak perlu melakukan apapun dan menunggu hingga nilai aset tersebut bertambah sehingga anda mendapatkan untung.

Hal ini penting untuk anda yang memang sudah mempunyai uang yang berlebih. Dibandingkan anda membuang uang tersebut untuk memenuhi gaya hidup yang bersifat konsumtif, lebih baik anda membeli aset yang dapat diinvestasikan dan dapat menjadi suatu keuntungan, seperti membeli emas, tanah maupun properti. Hal ini penting, mengingat makin banyak kebutuhan, sehingga uang tambahan pun juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika anda sudah mempunyai aset yang memang memberikan penghasilan, anda sudah satu langkah menuju kemerdekaan finansial.

Baca Juga: Kenali 7 Macam Aset yang Termasuk ke Dalam Aktiva Tidak Berwujud

Mempunyai Investasi dan Tabungan

merdeka

Sumber : Mpssoft.co.id

Seperti yang dibahas diatas, mempunyai sebuah investasi merupakan hal yang penting, dan juga mempunyai tabungan. Hal ini sejalan dengan prinsip motif memegang uang, yakni untuk bertransaksi atau pun kegiatan sehari-hari yang membutuhkan uang seperti makan dan berbelanja, lalu untuk spekulasi seperti investasi, dan juga untuk berjaga-jaga untuk masa depan, seperti menabung.

Dengan mempunyai investasi, kamu sudah membiarkan uang untuk bekerja untuk kamu, dan kamu tidak perlu susah payah untuk mencari pendapatan. Kamu dapat melakukan satu pekerjaan yang menjadi pendapatan utama kamu, namun untuk investasi bisa dijadikan pendapatan di masa depan atau menjadi pendapatan kedua kamu, tetapi kamu hanya perlu diam diri dan hanya perlu update tentang nilai investasi kamu. Tabungan juga penting, jika kamu sedang berada di masa-masa yang urgen dan membutuhkan dana karena terjadi hal-hal yang sebenarnya tidak diinginkan. Jika anda sudah sering berinvestasi dan menabung, mungkin kamu sudah merdeka secara keuangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Investasi yang Menguntungkan jika Rajin Melakukannya

Menghindari Perilaku Konsumtif

merdeka

“Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu.” Perkataan ini dikatakan oleh seorang pengusaha terkenal asal Indonesia, yakni almarhum Bob Sadino. Om Bob Sadino mengatakan hal ini karena banyaknya orang yang lebih mengutamakan gaya hidup yang konsumtif dan banyak gaya, padahal keuangan pun belum tentu baik dan mungkin saja isi dompetnya pun tidak lebih mahal dibandingkan gaya hidupnya.

Perilaku konsumtif mungkin sebuah hal yang bisa dikatakan subjektif. Jadi pada intinya, seseorang memang boleh konsumtif, tetapi konsumtif sesuai dengan isi dompetnya. Jika dia adalah seseorang yang sudah mempunyai modal dan dana yang lebih dari cukup, dan ia melakukan sikap konsumtif yang berlebihan, namun uangnya memang cukup, sah-sah saja. Namun yang bermasalah jika melakukan hal konsumtif namun uang pun pas-pasan.

Jika Rekan Bijak sudah menghindari hal-hal dengan sifat konsumtif karena tahu bahwa Rekan Bijak mempunyai uang yang terbatas, Rekan Bijak mungkin sudah satu langkah menuju kemerdekaan finansial.

Baca Juga: 7 Perilaku yang Membuat Kemerdekaan Finansial Sulit Terwujud

Nah Rekan Bijak, sesuai dengan tanda dan ciri-ciri diatas, apakah Rekan Bijak termasuk orang yang sudah merdeka secara finansial? Ingat, bukan hanya negara yang bisa merdeka, namun anda juga bisa merdeka, dalam hal finansial, dan hal ini sangatlah penting!

merdeka

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: