Coba Hidup Minimalis Namun Tetap Nyaman Ala Milenial

Ditengah gemerlap godaan gaya hidup konsumtif kita kerap kali mengalami gangguan arus keuangan lantaran membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan gaya hidup minimalis. Mengganti kebiasaan konsumtif seperti kebiasaan menghasbiskan waktu berbelanja dengan memanfaatkan waktu dengan berjalan-jalan bersama anak, olahraga, membaca buku lainnya.

Coba Hidup Minimalis Namun Tetap Nyaman Ala Milenial

Coba Hidup Minimalis Namun Tetap Nyaman Ala Milenial

Tren hidup minimalis menjadi salah satu yang cukup banyak diminati saat ini, terutama oleh anak-anak muda generasi milenial. Tren satu ini menerapkan pola hidup sederhana dengan mengurangi ketergantungan terhadap berbagai barang-barang. Untuk sebagian orang, hal ini relatif menantang, mengingat keinginan memiliki berbagai macam barang-barang pribadi yang digunakan sehari-hari saja cukup besar. Namun gaya hidup minimalis saat ini sudah cukup menjadi tren.

Gaya hidup yang mengusung konsep serba sederhana ini memang cukup menarik dilakukan dan semakin banyak peminatnya. Tapi untuk secara ekstrim merubah gaya hidup menjadi minimalis tentu akan sulit, karena akan dipengaruhi oleh tingkat ketergantungan pada berbagai macam barang-barang yang selama ini Rekan gunakan.

Jika berminat dan memiliki niat untuk menjalankan tren minimalis di dalam keseharian Rekan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini secara bertahap. Berubah secara perlahan tentu akan jauh lebih mudah, daripada Rekan melakukan perubahan dalam skala besar sekaligus. Ada banyak cara yang bisa Rekan lakukan untuk memulai menerapkan tren yang satu ini dalam hidup. Berikut beberapa gaya minimalis ala generasi milenial:

Kelola Barang Pribadi

MinimalisSumber: picdeer.com

Lemari menjadi salah satu tempat yang sering dijadikan sebagai “gudang kecil” untuk berbagai barang pribadimu. Tak hanya pakian, bisa saja Rekan menyimpan berbagai barang-barang kecil lainnya di dalam lemari. Mulailah membuka lemari dan lihat kembali berbagai barang yang Rekan miliki. Pilahlah barang yang dimiliki satu per satu, sehingga Rekan bisa menemukan barang mana saja yang benar-benar ingin disimpan dan digunakan.

Sisanya, Rekan bisa memberikannya kepada teman, saudara, atau bahkan menyumbangkannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Bukan hanya untuk pakaian, hal ini juga bisa Rekan lakukan pada sepatu, buku-buku, dan barang lainnya.

Baca Juga: Banyak Barang Bekas Tak Terpakai? 7 Barang Bekas Ini Laku Keras, Loh!

Bijak dalam Membeli

MinimalisSumber: naviri.org

Belanja dan membeli berbagai barang merupakan hal yang selalu menyenangkan, aktivitas ini bisa saja dilakukan kapan saja dengan mudah bahkan di luar rencana sekalipun. Hadirnya berbagai situs belanja online menjadi salah satu penyebab Rekan ingin terus belanja.

Sementara di lain sisi, belum tentu Rekan membutuhkan berbagai barang-barang tersebut sehingga pada akhirnya hanya menumpuk di kamar saja. Hentikan kebiasaan yang satu ini dan mulailah untuk belanja dengan bijak, yakni hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

Baca Juga: Merasa Boros? 6 Tips Ini Membantu Kamu Menghadapi Belanja Impulsif

Manfaatkan Teknologi Digital

MinimalisSumber: produktekno.com

Manfaatkan kemajuan teknologi untuk menghemat banyak waktu dan tentunya memperbaiki gaya hidup Rekan. Misalnya Rekan bisa menggunakan perangkat digital untuk menyimpan koleksi foto, membaca buku secara online, dan lainnya. Semua ini akan membuat hidupmu terhindar dari godaan ingin membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Baca Juga: Mengenal Silicon Valley, Kawasan Utama bagi Raksasa Teknologi Dunia

Perabot Simpel dan Multifungsi

MinimalisSumber: dekoruma.com

Gaya hidup simpel alias minimalis bisa diterapkan pada penempatan perabot rumah yang simpel. Misalnya tak perlu menumpuk berbagai barang di kamar tidur apalagi jika tidak begitu dibutuhkan. Tata dan biasakan dirimu dengan kamar tidur yang sederhana dan nyaman.

Selain itu lemari besar, ranjang berukuran jumbo, atau bahkan sofa super nyaman dengan ukuran besar tentu bukan perabotan yang sesuai dengan tren minimalis. Mulailah menggunakan produk-produk yang multifungsi dan hemat tempat. Tren minimalis ini juga bisa Rekan terapkan pada meja kerja dengan hanya menempatkan berbagai barang yang benar-benar digunakan untuk bekerja saja, bukan yang lainnya.

Baca Juga: Mengenal CoLiving sebagai Solusi Hunian bagi Generasi Milenial

Tren minimalis bukanlah sesuatu yang menakutkan dan sulit untuk diwujudkan. Rekan bisa saja dengan mudah menerapkan gaya hidup yang satu ini dengan mudah dan simpel. Mulailah hal ini dari langkah-langkah yang mudah dan nyaman sebagai sesuatu yang menyenangkan, sehingga Rekan bisa melakukannya dengan lebih cepat di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya Rekan!

Minimalis

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: