Ketahui 5 Dampak Negatif Makan Ayam Broiler Terlalu Sering

Untuk bertahan hidup, setiap manusia harus mengkonsumsi sesuatu, baik minuman atau makanan. Ada berbagai macam makanan dan minuman di Bumi, bahkan, dari setiap negara yang ada di dunia, memiliki makanan dan minuman yang menjadi ciri khas dari suatu negara atau suatu daerah yang tersebar di berbagai wilayah.

Ketahui 5 Dampak Negatif Makan Ayam Broiler Terlalu Sering

Ketahui 5 Dampak Negatif Makan Ayam Broiler Terlalu Sering

Ada berbagai macam makanan serta minuman di dunia, membuat beberapa orang senang untuk melakukan wisata kuliner. Dari sekian banyak makanan yang ada, salah satu makanan atau lauk yang banyak digemari oleh kebanyakan orang yaitu ayam, dan ayam sendiri memiliki berbagai macam jenis, seperti Ayam Broiler.

Ayam broiler adalah salah satu jenis ras dari ayam yang memiliki daging yang banyak, dan memiliki bentuk badan yang lebih besar, serta ayam ini merupakan salah satu ayam yang diminati oleh berbagai macam restoran, tempat makan, atau usaha kuliner, karena, ayam ini memiliki harga yang cenderung lebih murah daripada jenis ayam yang lain.

Salah satu usaha kuliner yang menggunakan daging ayam broiler yaitu tempat makan yang menyedian makanan dengan sebutan fast food, yang memiliki menu yang cenderung junk food. Namun, memakan atau mengkonsumsi ayam jenis ini terlalu sering, maka tidak baik, karena, akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan. Lalu, apa saja dampak negatif jika Rekan Bijak memakan ayam broiler terlalu sering?

Gangguan Pencernaan

Ayam Broiler

Sumber : alodokter.com

Ayam broiler sangat menarik perhatian untuk di makan, karena, memiliki daging dan bentuk yang lebih besar daripada jenis ayam lainnya. Sebenarnya, ayam jenis ini bisa memiliki daging dan bentuk yang besar, karena, hormon esterogen disuntikkan pada ayam jenis ini. Dengan adanya hormon esterogen, maka, ayam jenis ini memiliki berbagai macam bakteri dan virus yang berakibat kepada kesehatan.

Salah satu bakteri yang ada di jenis ayam ini yaitu Eschericia Coli, dimana bakteri tersebut dapat berperan aktif sehingga membuat Rekan Bijak mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang dapat ditimbulkan dari bakteri tersebut adalah diare dan infeksi usus. Untuk menghindari, serta mengurangi penyakit yang akan timbul dari bakteri tersebut, pastikan jika ayam yang Rekan Bijak makan sudah dimasak dengan benar.

Kuman Kebal dengan Antibiotik

Ayam Broiler

Sumber : review.bukalapak.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa ayam broiler tumbuh, karena, adanya bantuan yaitu dengan menyuntikkan hormon esterogen, maka, ayam jenis ini memiliki berbagai macam bakteri dan virus. Dampak negatif jika Rekan Bijak terlalu sering mengkonsumsi ayam jenis ini yaitu tubuh Rekan Bijak akan kebal terhadap antibiotik. Seperti yang kita tau, bahwa, fungsi antibiotik adalah untuk membantu tubuh cepat pulih saat sedang sakit.

Walaupun, ayam jenis ini sudah dimasak dengan benar, biasanya bakteri atau virus yang ada di ayam jenis ini, masih tetap bertahan di hati ayam. Oleh karena itu, jika Rekan Bijak memakan ayam jenis ini terlalu sering, saat Rekan Bijak sedang sakit, maka, Rekan Bijak akan sulit untuk sembuh, karena, tubuh Rekan Bijak sudah kebal dengan antibiotik.

Pubertas Dini

Ayam Broiler

Sumber : tanya.asmaraku.com

Selain disuntik dengan hormon esterogen, ayam broiler disuntikkan berbagai macam hormon yang membantu ayam jenis ini dapat tumbuh dengan cepat. Tujuan utama dari menyuntikkan berbagai macam hormon kepada ayam, yaitu agar ayam cepat panen, dan peternak ayam juga cepat mendapatkan keuntungan.

Namun, dengan adanya berbagai macam hormon yang terkandung dalam ayam jenis ini, membuat ayam jenis ini berbahaya bagi kesehatan manusia, terutama pada perempuan. Jika Rekan Bijak memberikan makanan dengan ayam jenis ini kepada perempuan yang masih kecil, maka, mereka akan mengalami pubertas dini, dan mengakibatkan siklus menstruasi datang lebih cepat.

Gangguan Pernapasan dan Kulit

Ayam Broiler

Sumber : sains.kompas.com

Akibat terlalu sering memakan ayam broiler, maka sistem pernapasan Rekan Bijak akan terganggu, virus yang dapat menganggu sistem pernapasan Rekan Bijak yaitu Staphylococcus aureus. Saat virus tersebut sudah masuk ke dalam tubuh Rekan Bijak, maka, penyakit yang dialami Rekan Bijak bisa menjadi serius, untuk itu, jika Rekan Bijak mengalami gangguan pernapasan, sebaiknya, cepat periksa ke dokter, dan cari tahu penyebab dari sistem pernapasan Rekan Bijak terganggu.

Kemudian, selain sistem pernapasan Rekan Bijak dapat terganggu, dampak negatif lain dari memakan ayam jenis ini terlalu sering yaitu gangguan terhadap kulit Rekan Bijak. Hal ini bisa terjadi, jika ayam jenis ini Rekan Bijak makan saat keadaan ayam broiler tidak di masak dengan benar dan matang. Gangguan kulit yang dapat timbul yaitu alergi terhadap ayam, yang dimulai dari gatal-gatal, lalu memerah serta menimbulkan rasa panas.

Pemicu Karsinogen

Ayam Broiler

Sumber : id.pinterest.com

Salah satu dampak negatif yang paling parah jika Rekan Bijak terlalu sering memakan ayam broiler yaitu karsinogen akan cepat timbul pada diri Rekan Bijak. Karsinogen adalah zat pemicu kanker pada manusia, tidak hanya satu jenis penyakit kanker, tetapi, berbagai jenis penyakit kanker akan timbul dari karsinogen. Dengan adanya berbagai macam zat kimia yang ada di ayam jenis ini, maka dapat memicu karsinogen tumbuh lebih cepat di tubuh Rekan Bijak.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan dampak negatif dari mengkonsumsi ayam broiler terlalu sering? Jika sudah, semoga Rekan Bijak dapat mengurangi mengkonsumsi ayam broiler ya!

Ayam Broiler

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: