Danabijak Menghadiri FinTech Days 2018 di Medan, Sumatera Utara

Seperti apa keseruan dari acara FinTech Days 2018 di Medan, Sumatera Utara yang diselenggarakan pada 22 dan 23 Maret 2018 ini? Baca ulasan lengkapnya di artikel berikut!

Danabijak Menghadiri FinTech Days 2018 di Medan, Sumatera Utara

Danabijak Menghadiri FinTech Days 2018 di Medan, Sumatera Utara

Hari ini dan Kamis lalu, tepatnya 22 dan 23 Maret 2018, Danabijak (PT.Digital Micro Indonesia) ikut berpartisipasi dalam acara FinTech Days 2018 di Medan, Sumatera Utara. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berlokasi di Santika Dyandra Premiere Convention Center & Hotel.

FinTech Days

Sumber: medanreview.com

Keikutsertaan Danabijak di acara tersebut tak lain dalam rangka mendukung rencana OJK untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan sosialisasi manfaat hadirnya teknologi di industri keuangan dan memperluas jangkauan teknologi finansial berbasis peer to peer lending (P2P Lending) ke seluruh wilayah Indonesia.

Menurut data OJK, terdapat kebutuhan kredit bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp1.700 triliun per tahun di Indonesia. Tapi, pada 2017 lembaga keuangan hanya mampu memenuhi Rp700 triliun sehingga terdapat kekurangan Rp1.000 triliun.

Kondisi tersebut tentu dapat melemahkan pertumbuhan UMKM di Indonesia. Maka dari itu, adanya acara FinTech Days ini diharapkan lembaga keuangan berbasis teknologi informasi dapat terus bertumbuh dan menjadi alternatif pendanaan bagi masyarakat dan UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam acara FinTech Days ini terdapat beberapa acara, seperti seminar, talkshow, coaching clinic, networking, dan pameran dari perusahaan-perusahaan FinTech di Indonesia. Acara tersebut terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh masyarakat luas yang ingin mengetahui dan tertarik dengan FinTech Indonesia secara gratis.

FinTech Days

Kehadiran FinTech lending diharapkan dapat memberikan pinjaman yang cepat dan mudah sehingga dapat membantu memajukan ekosistem inklusi keuangan Indonesia. FinTech lending hadir bukan sebagai kompetitor industri perbankan di Indonesia melainkan untuk meningkatkan perkembangan ekonomi dan iklusi keuangan Indonesia.

Pada sesi Diskusi Ekonomi Digital dan Revolusi Industri 4.0, beberapa poin penting disampaikan, seperti yang dijelaskan oleh Bapak Mahendra Siregar bahwa Indonesia memiliki keberanian untuk mendorong pertumbuhan ekosistem FinTech. Untuk dapat mengedepankan pengembangan teknologi finansial di Indonesia, perlu adanya mindset kerjasama usaha FinTech dengan regulator. Menurut Beliau, beberapa hal yang mampu dikembangkan untuk memperluas FinTech di seluruh wilayah Indonesia adalah human capital dan ekosistem (perlu adanya cakupan informasi terkait kerja sama antarlembaga konvensional dan para pelaku usaha FinTech agar lebih terbuka dan transparan). Yang juga menjadi tantangan adalah belum adanya penyelesaian teknologi secara umum sehingga dapat menyentuh masyarakat luas.

FinTech Days

Sumber: fintech.id

Sementara itu, Bapak Alexander Rusli menjelaskan bahwa terdapat 3 hal yang mendorong evolusi FinTech, antara lain proses teknologi yang advance (process empower), technology of interface (terkait digital identity dan face-to-face recognition), dan consumer behaviour (masyarakat mudah mengakses dengan hanya menggunakan smartphone).

FinTech Days

Beliau juga mengatakan bahwa hal-hal yang bisa dikembangkan untuk memperluas FinTech di wilayah Indonesia adalah dengan awareness (kesadaran akan pengembangan teknologi terutama finansial), opportunity (peluang terhadap pemanfaatan fintech), dan incentive(perlu adanya pendanaan lokal di setiap wilayah untuk masyarakat berkebutuhan).

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: