Danabijak Semarakkan Rangkaian Acara Fintech Days 2018 Manado

Danabijak ikut menyemarakkan rangkaian acara Fintech Days 2018 di Manado pada 8 dan 9 Agustus lalu loh, Rekan! Bagaimana keseruan di sana? Baca berita selengkapnya di artikel ini, yuk!

Danabijak Semarakkan Rangkaian Acara Fintech Days 2018 Manado

Danabijak Semarakkan Rangkaian Acara Fintech Days 2018 Manado

Pada 8 dan 9 Agustus 2018 lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) menggelar Fintech Days Manado. Acara ini bertempat di Ballroom Four Points Hotel, Manado.

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini merupakan ajang sosialisasi dan edukasi mengenai layanan perusahaan Fintech (Financial Technology) di sektor peer to peer lending yang telah terdaftar di OJK.

Fintech Days Manado diadakan dengan tujuan untuk menunjukkan komitmen dalam mendukung pertumbuhan lembaga keuangan berbasis teknologi informasi di Indonesia. Kepala Perizinan dan Pengawasan OJK Pusat, Alvin Taulu, juga mengatakan bahwa adanya lembaga keuangan berbasis teknologi diharapkan mampu memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

Fintech Days Manado

 

Manado, sebagai kota tujuan, dipilih bukan tanpa alasan. Sebab, berdasarkan data di Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Regional Bruto Sulawesi Utara mengalami peningkatan pada tahun 2016 dan 2017 berturut-turut mencapai angka 3,11% dan 3,19%. Dengan pertumbuhan wisatawan mancanegara di Manado sebesar 96,46% dalam setahun.

Selain itu, Sulawesi Utara memiliki investasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 4,6 Triliun dan investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 1,4 Triliun. Ironinya, survei OJK pada 2016 menunjukkan bahwa sekitar 72% masyarakat belum terpapar edukasi keuangan sehingga literasi keuangan menjadi hal penting untuk digencarkan di masyarakat.

Di sisi lain, revolusi keuangan 4.0 sedang berkembang. Perkembangan ini mencakup hampir semua lini kegiatan keuangan diintegrasikan dengan dunia online atau dengan kata lain internet sebagai sahabat utama. Perkembangan yang sangat cepat inilah memerlukan pemahaman dan pemetaan karakteristik pasar yang belum terlayani dengan baik oleh pemanfaatan teknologi.

Fintech Days Manado

 

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Manado sejalan dengan pertumbuhan UMKM dan menjadi surga untuk kegiatan investasi. Selain itu, kebutuhan produktif pendanaan ini menjadi peluang untuk pengenalan alternatif pendanaan baru, dunia digital khususnya.

Bersama 40 perusahaan Fintech lainnya, Danabijak hadir memberikan edukasi bagi masyarakat Manado terkait manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh Fintech. Tidak hanya itu, acara ini juga memberikan pelajaran tentang cara mengembangkan dan mencari peluan bisnis start-up.

Pada kesempatan tersebut pula, PT. Digital Micro Indonesia (Danabijak) berusaha memperkenalkan pinjaman berbasis online yang prosesnya cepat dan terpercaya kepada warga Manado. Tak ketinggalan, Danabijak memberikan pengarahan bahwa kredit online hadir sebagai solusi bijak dari segala kebutuhan, mulai dari kebutuhan mendadak, seperti biaya servis kendaraan, biaya pengobatan anak sakit, biaya pendidikan, biaya pembayaran listrik atau air, sampai kebutuhan tambahan, seperti biaya tambahan traveling. 

Masih di rangkaian acara Fintech Days Manado, Markus Prommik, selaku CEO Danabijak, ikut serta dalam penandatanganan Pedoman Perilaku Layanan Pinjam Meminjam Daring yang Bertanggung Jawab atau Code of Conduct for Responsible Lending. Pedoman ini menjadi jawaban atas dorongan OJK terhadap industri Fintech demi memiliki standar praktik bisnis yang bertanggung jawab dalam memastikan perlindungan konsumen.

Fintech Days Manado

 

Sampai saat ini pun, Danabijak selalu berusaha memberikan perlindungan untuk para nasabahnya agar terhindar dari oknum penipuan.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: