6 Cara Mudah Dapatkan Uang dengan Jadi Freelance Writer

Di era digital, mencari uang bisa melalui berbagai cara. Salah satunya adalah menjadi pekerja lepas atau freelancer. Konon freelancer juga semakin banyak dibutuhkan, lho. Jika kita butuh pemasukan tambahan, yang perlu kita lakukan pertama adalah menjelajah situs pekerja lepas yang pastinya bisa mengatasi kesulitan finansial kita. Salah satunya adalah frelance writer

6 Cara Mudah Dapatkan Uang dengan Jadi Freelance Writer

6 Cara Mudah Dapatkan Uang dengan Jadi Freelance Writer

Menjadi freelance writer adalah hal yang cukup menguntungkan bagi Rekanbijak yang gemar menulis, ataupun yang sedang mencari tambahan uang, khususnya mahasiswa.

Bila penulis zaman dulu mengandalkan royalti buku atau kiriman tulisan ke media maka penulis zaman ini sudah lebih mudah. Kini, cukup banyak website penulis artikel yang memungkinkan kita dapat uang tanpa harus terbitkan buku. Yang menarik adalah website penulis artikel ini biasanya menerapkan aturan yang lebih ringan daripada media konvensional.

Menjadi Penulis Bayaran

Freelance writer

www.infobisnis.id

Menjadi freelance writer bukanlah pekerjaan yang sangat sulit untuk kita yang hobi menulis. kita bisa menawarkan bakat menulis kita kepada para blogger yang sedang mencari content writer. Selain itu kita bisa bergabung di grup-grup seperti blogger Indonesia di Facebook dan menawarkan jasa menulis kita. Biasanya per artikel dibayar 100.000 untuk 500 kata. Namun beda orang beda bayaran juga.

Baca Juga: Content Writer dan Copywriter, Apa Ya Bedanya? Yuk, Cari Tahu!

Menjadi Penulis di Bisnis/Perusahaan Startup

Freelance writer

echopx.com

Menjadi freelance writer di startup adalah cara terbaik untuk kita agar mendapatkan uang dari menulis. cara kerja di startup ini kita hanya perlu menulis artikel lalu mempromosikannya di media sosial. Apabila mendapatkan pengunjung, kita akan mendapat point. Point tersebut bisa kita tukar jadi uang. Mungkin bisa bermanfaat untuk kita dalam menulis konten yang menarik dan viral.

Menjadi Publisher Google Adsense

Sebenarnya banyak sekali media periklanan-periklanan yang bisa kita gunakan, namun kami lebih rekomendasikan Google Adsense, karena lebih aman dan tentunya terpercaya. Untuk memulainya, kita harus memiliki blog yang cukup umur alias 6 bulanan dan memiliki konten yang berkualitas.

Setelah itu kita baru bisa mendaftarkan blog kita ke media periklanan Google Adsense ini. Banyak sekali yang sudah menjadi Jutawan dan sukses dalam Google Adsense ini. Ini sangat cocok sekali untuk hobi menulis kita. Jadi hal pertama yang harus kita lakukan adalah membangun sebuah blog.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan oleh Mahasiswa agar Masa Muda Lebih Produktif!

Menjadi Penulis Sesuai Minat Kita

Freelance Writer

www.creativitypost.com

Kita bisa menulis mengenai tulisan-tulisan yang merupakan karakter kita. Dari berita yang marak maupun berita terbaru. Bahasan berita atau info yang ingin kita tulis pun harus bisa lebih spesifik yang mampu menggambarkan karakter kita, jadi akan mempermudah kita dalam mencari topik berita.

Kita juga bisa membuat tulisan tentang opini kita tentang sesuatu, misalnya membahas dan memeberikan pendapat tentang issue yang sedang hangat, menulis tentang pengamatan kita terhadap musik atau film. Jika kita memiliki imajinasi yang dalam dan luas kita bisa membuat cerpen dan mengirimkannya ke redaksi majalah atau koran.

Menulis sebagai Kontributor Website

Ada banyak website yang membutuhkan tulisan untuk menaikkan traffic kunjungan. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan uang. Topik yang bisa dibahas cukup beragam, seperti kuliner, traveling, pernak-pernik, dan yang lainnya.

Kita bisa memilih salah satu website yang paling tepat, misalnya IDN Times. Di website tersebut Kita bisa menjadi seorang kontributor berbayar untuk setiap konten yang Kita tuliskan di sana. Jika jeli memilih topik yang banyak diminati, Kita bisa mendapatkan sejumlah uang yang cukup besar dengan hanya menjadi freelance writer.

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Didapatkan Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

Memguasai Pengetahuan SEO/SEM

Freelance Writer

www.seowritingservices.com

Walaupun hanya seorang freelance writer Seoarang penulis konten atau content writer tersebut harus tahu bagaimana cara membuat pengunjung betah dan kembali lagi dengan modal kreativitasnya, dan harus mampu menarik perhatian mesin pencari dengan kemampuan SEOnya.

Selain itu, pastikan juga kita tahu bagaimana cara memaksimalkan konten yang akan kita tulis dengan cara mampu memaksimalkan fokus keyword yang telah siapkan, mampu menerjemahkan posisi keyword, dan minimalnya memahami SEO On-Page sebagai sebuah kebutuhan untuk memenuhi syarat artikel yang berkualitas. Perlu kita fahami juga, walaupun semua itu mungkin bisa kita lakukan sendiri. Semua itu demi kemudahan dan kelancaran kita dalam memaksimalkan pendapatan dari website kita.

Baca Juga: 8 Pekerjaan yang Akan Sangat Dibutuhkan di Masa Depan

Inilah hal yang bisa kita lakukan untuk mencari tambahan dari freelance writer. Semoga berhasil 🙂

1 Comment

Write a comment
  1. deni oktaviano
    December 03, 09:55 deni oktaviano

    makasih admin artikelnya sangat membantu

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: