5 Destinasi Wisata Unik yang Hanya Ada di Kota Gresik

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan ke ramah-tamahan orang-orangnya. Untuk itu, orang dari berbagai macam negara-pun ingin berkunjung ke Indonesia, baik untuk keperluan pekerjaan saja atau memang bertujuan untuk liburan. Ada banyak tujuan untuk berwisata di negara Indonesia.

5 Destinasi Wisata Unik yang Hanya Ada di Kota Gresik

5 Destinasi Wisata Unik yang Hanya Ada di Kota Gresik

Dari sekian banyak tempat, daerah, atau kota yang ada di Indonesia. Ada salah satu kota di daerah Jawa Timur yang memiliki daya tarik dari orang-orang, baik orang Indonesia asli, ataupun orang dari negara lain, kota tersebut adalah kota Gresik. Warga asli di kota ini merupakan orang-orang asli dari adat Jawa, oleh karena itu, nama kota gresik-pun memiliki sejarahnya sendiri.

Sejarah nama dari kota ini yaitu berasal “giri-gisik”, giri yang berarti bukit, serta gisik yang berarti pantai, karena, keseharian masyarakat menyebut giri-gisik, akhirnya masyarakat-pun menyingkat dan menentukan nama Gresik sebagai nama dari kota yang berada di provinsi Jawa Timur ini. Dengan memiliki keunikan dari nama asal kota ini, kota ini-pun memiliki berbagai destinasi wisata yang tidak kalah unik, yang bisa Rekan Bijak datangi. Lalu, apa saja destinasi wisata unik yang hanya ada di kota gresik?

Pulau Gili Noko

Gresik

Sumber : beritagresik.com

Rekan Bijak pasti langsung teringat dengan Lombok, karena, membaca kata “gili”. Bukan hanya lombok yang memiliki pulau atau pantai “gili” yang terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi, di kota ini memiliki pulau yang tidak kalah indah dengan yang ada di Lombok, pulau tersebut bernama pulau gili noko.

Keindahan alam yang dapat Rekan Bijak lihat serta rasakan di pulau gili noko hampir sama dengan yang ada di Lombok, keindahan alam yang di maksud yaitu Rekan Bijak dapat melakukan kegiatan snorkeling untuk melihat keindahan alam di bawah laut, seperti melihat keindahan makhluk hidup yang ada di bawah laut pulau gili noko. Selain itu, pulau gili noko memiliki pasir putih, air yang jernih, dan suasana pantai yang tenang. Pulau gili noko cocok untuk Rekan Bijak jika ingin menghilangkan segala penat, karena, berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Telaga Ngipik

Gresik

Sumber : wisatalengkap.com

Walaupun kota ini dikelilingi oleh bukit dan pantai, kota ini juga memiliki kawasan industri yang memproduksi pupuk dan semen. Tetapi, Rekan Bijak tetap bisa merasakan suasana yang sejuh dan juga asri di kota ini yaitu dengan datang ke telaga ngipik yang berada di tengah kota Gresik. Jika, Rekan Bijak sedang berada di sekitar alun-alun kota ini, telaga ngipik tidak terlalu jauh dari alun-alun, jarak tempuhnya sekitar 1.5 km saja.

Kegiatan yang cocok Rekan Bijak lakukan saat berkunjung ke telaga ngipik yaitu duduk santai sambil piknik bersama pasangan atau keluarga, dan ditemani oleh semilir angin yang sejuk. Perlu, Rekan Bijak ketahui, bahwa, telaga ngipik ini sering digunakan untuk kegiatan ski air yang biasa dilakukan oleh Persatuan Ski Air Indonesia.

Bukit Jamur

Gresik

Sumber : hargatiketwisatakita.com

Destinasi wisata unik selanjutnya yaitu bukit jamur, bukit jamur ini berada di kecamatan bunga. Ketika, Rekan Bijak datang ke bukit jamur ini, Rekan Bijak dapat melihat tumpukan tanah yang berbentuk seperti jamur dengan ukuran yang besar. Awal mula adanya tumpukan tanah yang akhirnya menyerupai jamur ini, berawal dari bekas galian, yang kemudian terkena erosi dari angin dan air, sehingga terbentuklah bukit jamur ini.

Jika, Rekan Bijak ingin datang ke bukit jamur, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan foto-foto di sekitar bukit jamur. Dan, jika Rekan Bijak bisa mendapatkan angel foto yang pas, Rekan Bijak bisa terlihat seperti kurcaci bersama dengan rumah jamurnya, yang biasa Rekan Bijak lihat di film kartun.

Kawasan Kota Lama

Gresik

Sumber : Kompas.Id

Selanjutnya, destinasi wisata unik yang bisa Rekan Bijak kunjungi saat berada di kota Gresik yaitu kawasan kota lama. Kota lama atau kota tua bukan hanya berada di Jakarta, tetapi, kota ini juga memiliki suatu kawasan yang menunjukkan kota Gresik saat dahulu kala.

Walaupun kawasan ini merupakan kawasan kota lama, tetapi, kawasan ini masih terawat dan tidak kalah bagus dengan kawasan kota lama yang ada di Jakarta. Dan, saat Rekan Bijak ke kawasan kota lama ini, Rekan Bijak dapat melihat beberapa bangunan lama yang terlihat perpaduan antara adat Jawa dengan percampuran dengan peninggalan penjajah saat dahulu kala.

Makam Sunan

Gresik

Sumber : imbalo.wordpress.com

Destinasi wisata unik yang terakhir yaitu makam sunan. Sesuai dengan sejarah kota ini, kota ini merupakan tempat pertama agama Islam masuk ke negara Indonesia, dengan adanya sejarah tersebut, ada beberapa sunan yang memiliki peran yang cukup penting di kota ini maupun di negara Indonesia. Sunan yang memiliki peran di kota ini, bukan hanya satu sunan, tetapi ada dua sunan. Walaupun sunan tersebut sudah meninggal dunia, ada tempat yang bisa Rekan Bijak datangi yaitu makam sunan itu sendiri. Biasanya, pengunjung yang datang ke makam sunan ini, memiliki tujuan untuk berziarah dan memanjatkan doa.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan beberapa destinasi wisata unik yang hanya ada di kota Gresik? Jika sudah, semoga artikel diatas bisa bermanfaat ya, Rekan!

Gresik

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: