Digital Marketing dan Marketing Konvensional, Apa ya Bedanya?

Dalam suatu bisnis, usaha, perusahaan, badan pemerintah memiliki salah satu divisi yang memegang peran penting dalam pemasukan keuangan yaitu marketing. Divisi marketing hadir untuk membantu suatu bisnis, usaha, perusahaan, badan pemerintah untuk mendapatkan pemasukan secara financial sesuai dengan target pasar yang ditetapkan.

Digital Marketing dan Marketing Konvensional, Apa ya Bedanya?

Digital Marketing dan Marketing Konvensional, Apa ya Bedanya?

Seiring berkembangnya zaman, teknologi-pun ikut berkembang, oleh karena itu, aspek kehidupan manusia ikut berubah, seperti divisi marketing yang sekarang berkembang menjadi digital marketing. Dengan berkembangnya teknologi, divisi marketing dapat terbagi menjadi dua yaitu digital marketing (DM) dan marketing konvensional (MK).

Beberapa orang masih sulit membedakan antara digital marketing dengan marketing konvensional, padahal keduanya menjalankan sistem marketing dengan cara yang berbeda. Lalu, apa saja perbedaan antara digital marketing dan marketing konvensional ya?

Pemasaran

Digital Marketing

Sumber : Jurnal.id

Hal yang bisa dilihat secara jelas perbedaan antara kedua tipe marketing tersebut yaitu sistem pemasaran, sistem pemasaran MK menggunakan media cetak, seperti pamflet, baliho, spanduk dan masih banyak lagi. Sedangkan, sistem pemasaran yang digunakan oleh DM adalah menggunakan media elektronik (digital), seperti berbagai macam platform sosial media. Teknik pemasaran dari platform sosial media yang digunakan oleh DM yaitu SEO (Search Engine Optimizion), periklanan dalam bentuk online (facebook ads, dll), billboard elektronik (video tron), email marketing, mobile marketing, radio, dan televisi.

Tidak bisa dipungkiri, dengan berkembangnya teknologi, maka, arus informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, DM hadir untuk mempermudah pekerjaan untuk memasarkan produk barang atau jasa. Jadi, dapat Rekan Bijak ketahui, bahwa DM lebih mengandalkan platform sosial media untuk memberikan informasi mengenai suatu produk barang atau jasa dari suatu perusahaan.

Target Pasar

Digital Marketing

Sumber : bayuwin.com

Perbedaan lain yang dapat Rekan Bijak lihat antara DM dan MK yaitu target pasar. Maksud dari target pasar disini adalah jangkauan dari target pasar yang telah ditetapkan. Dalam suatu bisnis, usaha, perusahaan, bahkan badan pemerintah sekalipun memiliki target pasar yang telah ditetapkan atau ditentukan.

Adanya target pasar agar dapat mempermudah Rekan Bijak dalam menentukan langkah atau strategi yang akan diambil untuk mendapatkan keuntungan secara financial. Biasanya jika Rekan Bijak menggunakan MK untuk keperluan bisnis atau usaha, maka, jangkauan dari target pasar cenderung sedikit atau hanya berdasarkan target yang sudah ditentukan saja.

Sedangkan, jika Rekan Bijak menggunakan DM, maka, jangkauan dari target pasar yang telah Rekan Bijak tentukan dapat lebih banyak, cenderung melebihi. Mengapa perbedaan dari target pasar antara DM dan MK sangat besar? karena, DM menggunakan teknik pemasaran yang menghandalkan kecepatan akses elektronik atau digital, sedangkan, MK menggunakan teknik pemasaran cetak yang hanya bisa digapai oleh orang-orang tertentu saja.

Kelebihan dan Keuntungan

Digital Marketing

Sumber : Tempo.co

Perbedaan selanjutnya berdasarkan kelebihan, kelebihan DM yaitu dapat dengan mudah dan cepat menyampaikan informasi mengenai produk barang atau jasa dari suatu binis atau usaha. Sedangkan, kelebihan MK yaitu calon konsumen atau konsumen dapat dengan mudah menemukan bisnis atau usaha Rekan Bijak.

Dan, perbedaan dari segi keuntungan antara MK dan DM yaitu data keuangan yang masuk jika menggunakan DM lebih mudah untuk diproses, dan MK agak sulit memproses data keuangan yang masuk, karena, beberapa masih menggunakan secara konvensional.

Kekurangan

Digital Marketing

Sumber : vettimes.co.uk

Perbedaan yang terakhir dari MK dan DM adalah kekurangan, kekurangan dari DM yaitu saat listrik, satelit, internet, platform, atau berbagai macam media elektronik lainnya bermasalah, maka, akan menghambat kerja dari DM. Sedangkan, kekurangan dari MK yaitu tidak dapat menjangkau target pasar, calon konsumen, atau konsumen. Oleh karena itu, saat Rekan Bijak ingin menentukan menggunakan DM dan MK, keduanya tetap memiliki kekurangan.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan perbedaan antara digital marketing dan marketing konvensional? Jika sudah, semoga artikel diatas dapat bermanfaat ya!

Digital Marketing

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: