7 Efek Terburuk Bagi Tubuh dari Sering Mengonsumsi Junk Food

Bagi orang yang super sibuk, makanan cepat saji mungkin bisa menyelesaikan masalah mengenai “waktu adalah uang”. Tetapi satu hal yang harus menjadi pertimbangan adalah, makanan cepat saji ini disinyalir menjadi faktor penyebab berbagai penyakit pada tubuh kita. Makanan cepat saji bukanlah makanan yang menjadi sumber nutrisi tubuh kita.

7 Efek Terburuk Bagi Tubuh dari Sering Mengonsumsi Junk Food

7 Efek Terburuk Bagi Tubuh dari Sering Mengonsumsi Junk Food

Mengkonsumsi junk food memang sangat sering dilakukan di zaman ini, apalagi bagi orang-orang yang sibuk, kebanyakan dari kita lebih memilih makanan cepat saji dibanding membawa bekal sehat sendiri. Untuk Rekanbijak yang sering mengkonsumsi junk food, sebaiknya mulai dikurangi, karena dampaknya tidak bagus bagi kesehatan kita. Junk Food juga tidak selau makanan yang ada di restoran atau gerai makanan cepat saji, namun makanan kaleng dan makanan yang serba instan juga termasuk junk food. 

Menyebabkan Obesitas & Diabetes

Junk Food

www.express.co.uk

Obesitas atau kelebihan berat badan tergolong suatu penyakit yang dapat menyebabkan berbagai penyakit lain. Makanan cepat saji atau junk food mengandung banyak kalori, gula buatan dan garam yang bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas. Faktor lain seperti minyak goreng dan bahan pengawet yang digunakan juga membuat tubuh sulit untuk mengurainya.

Tak hanya sampai disitu, obesitas juga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, berbagai jenis kanker, sindrom tidur apneu, dan asma. Selain itu, radang sendi dan komplikasi kehamilan juga lebih sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas.

Akibat dari obesitas itu sendiri, bisa menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit diabetes. Jadi secara langsung dapat dikatakan bahwa makanan cepat saji adalah salah satu makanan yang wajib dihindari oleh penderita diabetes. Untuk mengurangi resiko terjadinya diabetes, the American Heart Association (AHA) menyarankan agar kita mengganti minuman bersoda dengan air putih, susu rendah lemak, atau diet soda.

Baca Juga: 5 Makanan dengan Kandungan yang Efektif untuk Hambat Penuaan

Menyebabkan Kerusakan Hati

Lemak trans atau minyak trans yang digunakan pada saat penggorengan makanan dapat membuat makanan menjadi lebih tahan lama dari kerusakan agar tetap bisa dikonsumsi. Namun akan menyebabkan masalah kesehatan setelah dikonsumsi. Tubuh kita secara alami akan berusaha membersihkan kandungan atau zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh.

Zat-zat berbahaya ini akan membuat hati bekerja ekstra untuk membersihkannya. Jika hal ini berlangsung terus menerus bisa mengakibatkan kerusakan pada hati. Penumpukan lemat trans pada tubuh juga bisa mengakibatkan Sindrom Metabolis yang diakibatkan oleh kombinasi penyakit yang terjadi di dalam tubuh.

Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan lemak jenuh yang tinggi junk food akan membuat tubuh untuk bekerja sangat ekstra menyerap zat-zat tersebut. Termasuk meningkatkan detak jantung karena penyumbatan pembuluh darah yang selanjutnya menjadi penyebab tekanan darah menjadi tinggi.

Hal ini terbukti ternyata penyakit tekanan darah tinggi menjadi penyakit dengan peringkat 3 besar yang diderita oleh orang Amerika, dimana makanan cepat saji ini bersumber.

Menjadi Penyebab Kanker

Bahan pengawet yang terdapat di dalam makanan cepat saji dapat memberi efek jangka panjang yang sangat berbahaya. Bahan pengawet tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh, mempengaruhi organ – organ tubuh dan bisa menumbuhkan sel-sel kanker.

Efeknya mungkin tidak secara langsung dapat Anda rasakan. Namun konsumsi dalam intensitas waktu yang sering dan dalam jangka waktu yang lama akan membentuk sel kanker di beberapa tahun kemudian. Ingat kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia yang harus anda cegah, mulailah dari mengurangi makanan cepat saji.

Baca Juga: 8 Makanan yang Dapat Menetralkan Kadar Kolesterol Jahat

Menyebabkan Tubuh Kekurangan Nutrisi

Dampak negatif junk food berikutnya adalah makanan cepat saji tidak mengandung vitamin, mineral, serat atau nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mengkonsumsi makanan cepat saji terlalu sering akan menyebabkan tubuh kekurangan banyak nutrisi. Padahal nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan sistem dalam tubuh. Akibatnya tubuh atau organ-organ tertentu akan mengalami gangguan kesehatan.

Menyebabkan Wajah Berjerawat

Junk Food

www.mnn.com

Dampak negatif junk food juga bisa menimbulkan jerawat. Seringkali kita menyalahkan munculnya jerawat di muka pada coklat atau kacang-kacangan yang kita makan. Padahal sebenarnya penyebab jerawat bukanlah kacang atau coklat, penyebab jerawat menurut Mayo Clinic adalah karbohidrat.

Maka dari itu makanan cepat saji yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tinggi dapat meningkatkan gula darah yang juga menyebabkan munculnya jerawat di muka.

Baca Juga: 6 Makanan yang Menjadi Pemicu Jerawat di Wajah

Menjadi Penyebab Stress

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa lemak dengan jumlah yang banyak dapat meningkatkan stress pada seseorang. Dari penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak seperti junk food cenderung memiliki resiko terkena stress yang tinggi jika dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan rendah lemak.

Meskipun pada sebagian besar orang telah mengetahui kandungan nutrisi di dalam junk food yang sedikit, namun tetap saja memilih untuk dijadikan alternatif atau bahkan menjadi pilihan sebagai makanan favorit.

Memanglah junk food memiliki rasa yang ternilai sedap dan pembuatannya pun tak memerlukan waktu yang banyak. Namun, jika terus mengonsumsi junk food dalam jangka panjang tentunya akan menjadi bahaya bagi tubuh.

Baca Juga: 7 Cara Tepat untuk Menghindari Makanan Junk Food

Jajan junk food untuk sesekali tak masalah namun, janganlah terlalu sering bahkan dalam waktu jangka panjang karena itu akan sangat merugikan diri sendiri untuk ke depannya. Rekanbijak, mulailah hidup sehat dari sekarang 🙂

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: