Emas Batangan Vs Emas Perhiasan Mana yang Lebih Menguntungkan untuk Investasi?

Sudah bukan rahasia lagi jika emas menjadi salah satu bentuk investasi yang paling populer dan banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Harganya yang terbilang stabil dan juga cenderung mengalami peningkatan, menjadi salah satu alasan utama bagi banyak orang untuk berinvestasi dalam bentuk emas.

Emas Batangan Vs Emas Perhiasan Mana yang Lebih Menguntungkan untuk Investasi?

Emas Batangan Vs Emas Perhiasan Mana yang Lebih Menguntungkan untuk Investasi?

Emas seolah telah menjadi sebuah pesona tersendiri di dunia investasi, sehingga sepanjang tahun tidak pernah sepi dari peminat investasi. Jika rekan menjadi salah satu orang yang memiliki keingingan untuk berinvestasi dalam bentuk emas, maka rekan tentu memahami bahwa investasi ini lazim dilakukan dalam bentuk emas batangan ataupun emas perhiasan.

Kedua jenis emas tersebut tentu memiliki karakteristik serta keungulan masing-masing, pemilihan jenis emas ini tentu akan sangat memperngaruhi nilai investasi rekan di kemudian hari, karena itu sangat penting bagi rekan untuk mempertimbangkannya sejak awal, agar investasi yang dilakukan bisa berhasil dengan maksimal.

Sebagian besar orang tentu menganggap bahwa investasi dalam bentuk emas batangan akan lebih tepat dan menguntungkan, namun jika rekan begitu memperhatikan penampilan dan senang menggunakan perhiasan, maka bisa saja rekan lebih tertarik untuk melakukan investasi emas dalam bentuk perhiasan. Hal ini akan sangat tergantung pada niat rekan dan juga kondisi keuangan yang dimiliki.

Baik emas batangan ataupun emas perhiasan, keduanya akan memberikan nilai yang berbeda dalam investasi yang dilakukan. Pertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum memilih di antara keduanya :

Baca Juga: Simak 6 Keuntungan Investasi Emas yang Menggiurkan!

Ketahui Tujuan Investasi yang Akan Dilakukan

Emas BatanganSumber : caradapatuang.com

Untuk mengetahui besar keuntungan yang didapatkan antara investasi emas perhiasan dengan emas batangan yang pertama adalah dengan mengetahui tujuan dari investasi yang akan rekan lakukan. Sangat disarankan sekali agar rekan tidak salah pilih, hingga akhirnya tidak mendapatkan keuntungan maksimal di masa mendatang.

Jika tujuan investasi rekan dalam jangka waktu cukup panjang, maka ada baiknya rekan melakukan investasi dalam bentuk emas batangan saja, sebab emas dalam bentuk ini akan memiliki nilai jual yang lebih stabil jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan yang bisa saja mengikuti tren.

Rekan bisa saja mengeluarkan sejumlah biaya pembuatan yang mahal untuk sebuah perhiasan emas yang bentuknya terbilang rumit, namun ketika beberapa tahun kemudian perhiasan tersebut dijual, sejumlah biaya pembuatan yang rekan keluarkan itu tidak akan dihitung pada harga jualnya.

Baca Juga: 4 Cara Investasi Emas bagi Kamu dengan Gaji UMR

Cek Harga di Pasaran

Emas BatanganSumber : economy.okezone.com

Sangat disarankan sekali agar rekan mencermati harga emas terbaru di pasaran saat akan melakukan investasi emas ini. Apabila harga emas terkini memang sedang tidak stabil dan cenderung naik-turun selama beberapa pekan terakhir, sebaiknya tunda dulu untuk melakukan investasi tersebut. Disarankan juga agar rekan tidak berinvestasi dalam bentuk emas pada saat harga emas melonjak tinggi, karena kan beresiko menimbulkan kerugian di masa mendatang, terutama bila harga emas turun di pasaran.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Investasi Emas Bagi Pemula dan Millennials

Pilih Emas Batangan atau Emas Perhiasan

Emas BatanganSumber : sahabatpegadaian.com

Jika rekan ingin melakukan investasi jangka panjang dengan emas, maka emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi yang ideal dilakukan. Karena harga jual kembalinya yang tinggi dan juga stabil, selain itu kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena setiap pembelian yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang berisi nomor id, berat, ukuran dan tingkat kadar emas. Hal ini tentu akan membuat rekan merasa lebih aman karena uang yang dikeluarkan lebih terjamin dengan adanya sertifikat tersebut.

Namun meski demikian, tidak semua orang memiliki akses yang mudah untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan ini terutama dengan harga emas yang setiap harinya semakin mahal dan bagi mereka yang tinggal di daerah dan jauh dari pusat kota.

Baca Juga: Mana yang Lebih Untung : Investasi Jangka Panjang atau Pendek?

Emas BatanganSumber : Tribunnews.com

Jika rekan merupakan seseorang yang senang menggunakan emas sebagai aksesoris, bisa memilih emas perhiasan sebagai investasi sekaligus aksesoris. Emas memiliki nilai yang tinggi, sehingga tepat untuk dijadikan sebagai perhiasan dalam menunjang penampilan. Emas dalam bentuk perhiasan juga lebih mudah didapatkan.

Namun terdapat risiko investasi emas dalam bentuk perhasan ini, seperti mungkin saja mendapatkan perhiasan emas palsu. Dan emas dalam bentuk perhiasan juga akan dikenakan sejumlah biaya pembuatan yang terbilang cukup besar, berkisar 15-20% dari nilai emas itu sendii, beberapa toko perhiasan ternama bahkan menerapkan sejumlah biaya pembuatan yang berkisar antara 30%. Dan biaya pembuatan itu tidak akan dihitung saat rekan menjual emas perhiasan tersebut kembali.

Baca Juga: Ini 6 Investasi Terbaik yang Bisa Dilakukan pada Tahun 2019!

Nah rekan, itu adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan saat akan memilih jenis emas batangan atau emas perhiasan saat akan melakukan investasi emas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya rekan bijak!

Emas Batangan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: