Fakta Menarik Dibalik Sidang Putusan MK Terkait Pilpres 2019

Hakim Mahkamah Konstitusi atau MK mulai menggelar rapat permusyaratan Hakim (RPH) pada Senin, 24 Juni 2019. Rapat tersebut dilakukan untuk mengambil keputusan atas sengketa Pilpres 2019 yang dilayangkan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Fakta Menarik Dibalik Sidang Putusan MK Terkait Pilpres 2019

Fakta Menarik Dibalik Sidang Putusan MK Terkait Pilpres 2019

Mahkamah Konsistusi atau MK telah memutuskan menolak gugatan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno. Ketua MK Anwar Usman memastikan putusan sengketa hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 akan sesuai jadwal yakni paling lambat 28 Juni 2019. Namun akhirnya pembacaannya mengalami kemajuan, Putusan MK dibacakan dalam sidang pengucapan putusan, Kamis, 27 Juni 2019.

Putusan MK ini secara otomatis menguatkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan 01 Joko Widodo-Maruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.

Sidang putusan Mahkamah Konstitusi ini tidak hanya ramai diperbincangkan di Indonesia namun juga oleh sejumlah media asing seperti dari Inggris, The Guardian, mengangkat isu sidang ini dengan artikel bertajuk ‘Indonesian court rejects appeal againts election result’. Media lainnya, dari Timur Tengah, Al Jazeera, mengulas isu putusan sidang MK dengan judul ‘Indonesia: Court rejects opposition challenge to poll results’. Di mana disebutkan dalam tulisan tersebut bahwa putusan itu final dan banding tidak dapat diajukan. Sementara itu, di Australia, ABC News mengangkat isu sidang putusan MK melalui pemberitaan yang diberi judul ‘Indonesia court upholds Joko Widodo’s election victory and reject Prabowo Subianto’s challenge’.

Nah dibalik ramainya sidang MK mengenai sengketa pemilu presiden wakil presiden ini, terdapat fakta-fakta menarik dibaliknya. Berikut ulasannya:

Hakim Menentukan Putusan pada Senin 24 Juni 2019

Putusan MKSumber: inews.id

Sembilan hakim konstitusi yaitu Anwar Usman selaku Ketua merangkap Anggota, Aswanto, Wahiduddin Adams, Arief Hidayat, I Dewa gede palguna, Suhartoyo, Manahan M.P Sitompul, Saldi Isra dan Enny Nurbaningsih. Menyelesaikan putusan sengketa Pilpres 2019 pada Senin, 24 Juni 2019. Bisa dikatakan hakim MK lebih cepat memutuskan putusan sengketa Pilpres 2019 lantaran diberikan waktu menurut undang-undang hingga Kamis 27 Juni 2019.

Baca Juga: Nonton Film Sambil Mengasah Kemampuan Otak? Yuk, Tonton 4 Film Ini!

Terdiri dari 1944 Halaman

Putusan MKSumber: radarpena.id

Sidang MK yang membahas sengketa terkait Pilpres 2019 ini sangat ramai dibicarakan dan menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Untuk memenuhi rasa keingintahuan itu perlu ada transparansi dari MK, dan karna itu sudah dipublikasikan salinan Putusan MK di lama resmi MK, mkri.id pada tanggal 28 Juni 2019. Putusan bernomor 01/PHPU-PRES/XVII/2019 terdiri dari 1944 halaman.

Baca Juga: 6 Rahasia Strategi Besar Tiongkok Bisa Menjadi Negara Maju

Tak ada Dissenting Opinion

Putusan MKSumber: law-justice.co

Dalam putusan MK yang diucapkan Kamis kemarin, tak ada dissenting opinion atau pendapat berbeda dari hakim konstitusi yang terdiri dari sembilan orang tersebut. Para hakim MK secara bulat sepakat untuk menolak seluruh permohonan Prabowo-Sandi.

Atas tidak adanya dissenting opinion ini, pendamping pengacara Jokowi-Mar’ruf, Trimedya Panjaitan merasa takjub dengan putusan Mahkamah Konstitusi atas sengketa pilpres.

Baca Juga: Mengetahui 6 Filosofi dari BJ Habibie untuk Menjadi Orang Sukses

Sejumlah Dalil dalam Gugatan Prabowo-Sandi Ditolak

Putusan MKSumber: timesindonesia.co.id

Dalam pertimbangan putusannya, MK menolak sjumlah dalil-dalil gugatan yang disampaikan Prabowo-Sandi. Mulai dari dalil ajakan berbaju putih, dukungan kepada daerah Jokowi-Ma’ruf, kehilangan 2.871 suara, adanya TPS siluman, penghitungan suara versi Prabowo-Sandi, pengaturan suara tidak sah, kesalahan di Situng, penggelembungan suara 17,5 juta DPT invalid, pelanggaran dana kampanye 01 hingga tudingan pelanggaran jabatan Ma’ruf Amin di Bank Syariah.

Baca Juga: Ingin Membuat Pidato yang Didengar Orang-Orang? Inilah 8 Tipsnya!

Jadi, itu adalah beberapa fakta dibalik sidang putusan MK terkait Pilpres 2019. Semoga artikel ini dapat berguna bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Putusan MK

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: