5 Fakta Menarik Studi Aktuaria yang Berguna untuk Industri Finansial

Setelah melalui pendidikan sekolah menengah atas, biasanya seseorang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Tetapi, mengambil studi ke jenjang lebih tinggi, tidak hanya bagi seseorang yang telah melalu pendidikan sekolah menangah atas, tetapi dari berbagai macam jenjang pendidikan lainnya, sesuai dengan berbagai macam tujuan seseorang.

5 Fakta Menarik Studi Aktuaria yang Berguna untuk Industri Finansial

5 Fakta Menarik Studi Aktuaria yang Berguna untuk Industri Finansial

Dalam mengambil jurusan untuk melanjutkan studi terkadang bisa membuat seseorang bingung, hal utama yang membuat seseorang bingung dalam memutuskan ingin berkuliah, karena, banyaknya jurusan yang ada. Dari sekian banyak jurusan yang ada, ada salah satu jurusan atau studi yang mulai banyak diminati yaitu studi aktuaria.

Mungkin, Rekan Bijak tidak begitu kenal atau tahu mengenai studi atau jurusan aktuaria, namun, studi atau jurusan ini mulai banyak diminati oleh banyak, karena berguna untuk perusahaan atau industri yang bergerak dibidang finansial. Lalu apa saja fakta menarik dari studi aktuari yang berguna untuk industri finansial?

Kenali Studi Aktuaria

Aktuaria

Sumber : quipper.com

Aktuaria adalah ilmu yang mempelajari pengelolaan risiko di masa depan, ilmu ini merupakan kombinasi dari berbagai macam ilmu pengetahuan lainnya, seperti ilmu mengenai peluang, ilmu matematika, ilmu mengenai statistika, ilmu menganai keuangan, manajeman bisnis, dan ilmu mengenai pemograman pada komputer. Seseorang yang telah ahli dibidang studi ini atau seseorang yang sudah mempelajari studi ini dengan baik dinamakan aktuaris. Biasanya jurusan atau studi ini berada di bawah fakultas MIPA (Matematika Ilmu Pengetahuan Alam).

Jika, Rekan Bijak ingin mengambil studi ini di perguruan tinggi dalam negeri, Rekan Bijak bisa mengambil di perguruan tinggi, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Walaupun, sekarang banyak orang yang minat dengan jurusan ini, Rekan Bijak hanya bisa mengambil studi ini di lima perguruan tinggi tersebut, karena, masih sangat sulit menemukan studi ini di perguruan tinggi yang lain.

Harus Cinta Matematika

Aktuaria

Sumber : hellosehat.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa studi ini mengutamakan hitung-menghitung dalam kesehariannya. Untuk itu, saat Rekan Bijak memutuskan ingin memilih studi ini, hal utama yang harus Rekan Bijak siapkan yaitu mencintai ilmu matematika. Tidak bisa dipungkiri, bahwa ilmu matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peminat yang sangat sedikit, karena, ilmu matematika mengharuskan Rekan Bijak teliti, dan mampu menghitung berbagai macam angka dengan berbagai macam rumus yang telah ada.

Untuk itu, saat memilih studi ini, Rekan Bijak harus mencintai ilmu matematika, karena, ilmu matematika merupakan “makanan” sehari-hari Rekan Bijak, jika mengambil studi ini. Jika, Rekan Bijak tidak mencintai ilmu matematika, maka, akan sulit bagi Rekan Bijak untuk mengikuti studi ini dengan baik.

Bisa Menjadi Peramal

Aktuaria

Sumber : Jurnal.id

Fakta menarik dari studi ini yaitu Rekan Bijak bisa menjadi seorang peramal. Mungkin masa depan adalah suatu yang tidak berwujud, tidak berbentuk, dan penuh tantangan. Tetapi, bagi seseorang aktuaris yang sudah ahli di studi ini bisa membantu dalam meramal atau menduga suatu risiko keuangan dengan melakukan perhitungan yang tepat.

Seorang aktuaris dalam mencari risiko keuangan atau menghitung suatu risiko keuangan, aktuaris harus menggunakan teori dari ilmu matematika, probabilitas, statistika, ilmu ekonomi, dan berbagai macam ilmu pengetahuan yang dipelajari dalam studi aktuaria.

Peluang Karir yang Menjanjikan

Aktuaria

Sumber : wartaekonomi.co.id

Selanjutnya, fakta menarik dari studi ini yaitu Rekan Bijak bisa mendapatkan peluang karis yang menjanjikan. Seperti yang sudah dijabarkan diatas, bahwa studi ini dahulu belum banyak minati, tetapi seiring berkembangnya zama, studi ini mulai banyak diminati dan dibutuhkan oleh berbagai macam industri, terutama industri finansial.

Untuk itu, Rekan Bijak bisa mendapatkan peluang karir yang menjanjikan, karena, perusahaan atau industri yang bergerak di bidang finansial biasanya merupakan perusahaan atau industri yang sudah terpercaya. Dan, hal seperti itu dapat membantu Rekan Bijak dalam mendapatkan karir yang menjanjikan.

Gaji yang Tidak Sedikit

Aktuaria

Sumber : idntimes.com

Fakta menarik yang terakhir dari studi ini yaitu Rekan Bijak bisa mendapatkan gaji yang tidak sedikit, atau bisa dibilang mendapatkan gaji diatas rata-rata. Tidak bisa dipungkiri, bahwa dalam mempelajari studi ini pasti akan dapat berbagai macam tantangan, karena, mengharuskan Rekan Bijak menjadi seorang yang benar-benar teliti. Untuk itu, saat Rekan Bijak menjadi seorang aktuaris yang sudah handal, dan berpengalaman, Rekan Bijak bisa mendapatkan gaji yang banyak.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan fakta-fakta menarik studi aktuaria yang berguna untuk industri finansial? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Aktuaria

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: