Festival Taman Nasional 2019 Diselenggarakan di Nusa Dua Bali

Bali memang tak pernah kehilangan ide untuk menarik wisatawan. Tahun ini akan ada Festival Taman Nasional yang digelar di Nusa Dua Bali. Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam ketiga akan digelar pada 19 hingga 21 Juli 2019 di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali.

Festival Taman Nasional 2019 Diselenggarakan di Nusa Dua Bali

Festival Taman Nasional 2019 Diselenggarakan di Nusa Dua Bali

Setelah sukses dengan dua Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam (FTNTWA) di Banyuwangi dan Yogyakarta, kini Bali mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam 2019 yang digelar pada 19-21 Juli 2019. Kesadaran bagi masyarakat untuk turut serta dalam konservasi alam, menjadi tujuan yang ingin disampaikan festival ini. Tujuan itu pun dituangkan melalui tema “Bijak Berwisata Alam”.

Imbauan agar masyarakat lebih bijaksana dalam mengelola kekayaan dan potensi alam pun dicanangkan dalam festival yang yang digelar di Peninsula Island tersebut. Dari luas 27,14 juta hektare kawasan konservasi, 5 juta di antaranya adalah perairan. Dan kawasan itulah yang akan dilindungi dan dikelola.

Berbeda dengan penyelenggara di Banyuwangi dan Yogyakarta yang berfokus pada promosi wisata alam Indonesia, maka Festival Taman Nasional dan Taman Wisata kali ini juga berfokus pada ekowisata, konservasi alam dan penghargaan budaya lokal. Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam merupakan salah satu rangkaian acara dari road HKAN (Hari Konservasi Alam Nasional) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan PT Kiad Media Kreatif sebagai pelaksana kegiatan.

Baca Juga: Yuk, Datang ke 7 Acara Ini yang Hanya ada di Bali!

Festival taman nasionalSumber: Suara.com

Acara di Nusa Dua ini menghadirkan Pameran Taman Nasional yang merupakan perwakilan taman nasional se-Indonesia, diikuti oleh taman-taman nasional dan juga taman-taman wisata alam yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, festival ini hadir memberikan alternatif lain dalam berwisata di tengah homogenitas objek wisata yang ditawarkan. Dan sebagai sarana untuk penghargaan budaya dan potensi lokal, tiap-tiap perwakilan juga turut menampilkan kekhasan daerah masing-masing.

Misalnya stand Taman Nasional Gunung Ciremai, menampilkan seni musik tradisional khas Jawa Barat. Stand pamerannya pun dirancang unik seperti rumah tradsional, lengkap degan dindingnya yang terbuat dari anyaman bambu. Ada pula Taman Nasional Bali Barat yang menampilkan ikon terkenal khas Bali barat, yang tidak lain tidak bukan adalah Jalak Bali.

Seolah tak ingin kalah, stand Taman Nasional Teluk Cendrawasih, yang selain terkenal sebagai taman laut terluas di Indonesia, juga turut menampilkan kostum tradisional kebanggaan Papua Barat. Lain lagi dengan stand perwakilan Taman Nasional Baluran, stand ini menghadirkan kopi khas produksi Jawa Timur. Tak main-main, mereka memamerkan berbagai macam jenis kopi, mulai dari kopi Arabica, Robusta, hingga kopi Luwak yang terkenal dengan proses pembuatannya yang unik.

Baca Juga: 4 Pedesaan di Bali yang Memiliki Keindahan dan Keunikan Tersendiri

Festival taman nasionalSumber: nusabali.com

Tidak ketinggalan, promosi wisata ini juga disertai tujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai kaidah-kaidah dalam berwisata di daerah konservasi alam. Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam akan menyuguhkan berbagai objek wisata menarik, namun tetap memegang konsep pemanfaatan taman nasional sebagai pusat konservasi alam.

Taman nasional dan taman alam tak hanya memiliki keanekaragaman hayati, namun juga tak lepas dari keunikan budaya masyarakat di sekitarnya. Selama Festival Taman Nasional dan Taman Alam berlangsung, para pengunjung dapat mengikuti berbagai aktivitas, di antaranya National Park Travel Fair, Farmtrip 2019, Festival Film Pendek Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, Talkshow Konservasi dan Tren Wisata Alam, Pameran Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, dan Festival Tari Budaya Nusantara.

Baca Juga: Inilah 6 Alasan Mengapa Bali Masih Menjadi Tempat Liburan Favorit

Itu dia Rekan, ulasan mengenai Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam 2019 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Rekan dan orang terdekat Rekan Bijak!

Festival Taman Nasional

1 Comment

Write a comment
  1. July 24, 08:01 Inilah 6 Alasan Mengapa Bali Masih Menjadi Tempat Liburan Favorit

    […] Baca Juga: Festival Taman Nasional 2019 Diselenggarakan di Nusa Dua Bali […]

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: