Gunakan 5 Cara Cepat Ini untuk Mendapatkan Dana Darurat!

Perencanaan dana darurat merupakan salah satu dasar dalam rencana keuangan pribadi maupun keluarga. Danabijak mengulasnya secara lengkap dalam artikel berikut ini.

Gunakan 5 Cara Cepat Ini untuk Mendapatkan Dana Darurat!

Gunakan 5 Cara Cepat Ini untuk Mendapatkan Dana Darurat!

Hidup terkadang berjalan tidak sesuai dengan keinginan atau rencana. Keperluan mendesak bisa saja datang secara tiba-tiba, seperti terserang penyakit tak terduga atau renovasi rumah yang mengharuskan kita untuk menggelontorkan sejumlah dana tambahan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan dana darurat yang sewaktu-waktu dapat digunakan demi menutupi kebutuhan mendesak tersebut.

Memiliki tabungan dana darurat juga terbilang sangat penting untuk kesehatan keuangan. Idealnya, setiap orang atau sebuah keluarga perlu memiliki dana darurat dengan jumlah paling tidak 3-6 bulan dari pendapatan atau pengeluaran pokok setiap bulan. Namun, adanya inflasi yang terus menerus naik sehingga mengakibatkan bahan-bahan pokok harganya juga melambung tinggi, dana darurat pun sulit direalisasikan.

Dalam perencanaan keuangan, dana darurat merupakan salah satu prioritas tertinggi. Walaupun jumlah cukup banyak, tapi ada cara yang dapat dilakukan dana darurat terkumpul dengan cepat.

1. Sisihkan Mulai dari Uang Receh

Dana Darurat

Uang receh sisa kembalian belanja dan kembalian parkir bisa dijadikan sumber pemasukan untuk dana darurat.

Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk dipraktikkan. Menyisihkan dana darurat tidak selalu dari uang penghasilan. Sumber pendapatan lain, seperti bonus pun dapat dijadikan sumber masukan untuk dana darurat. Tak hanya itu, uang receh sisa kembalian belanja dan kembalian parkir juga bisa dijadikan sumber pemasukan untuk dana darurat. Uang kembalian yang sering kali terabaikan, di saat darurat justru akan lebih bernilai dan akan membantu kita. Jadi, cobalah cari-cari kembali di laci, lemari dapur, atau bahkan meja kerja, uang recehan yang tersisa dan berserakan untuk ditabung sebagai dana darurat.

2. Membuka Garage Sale

Dana Darurat

Selain berjualan di garasi atau halaman depan rumah, garage sale juga bisa dilakukan melalui akun sosial media atau online shop besar.

Garage Sale adalah kegiatan atau event penjualan barang-barang bekas yang masih layak pakai. Biasanya garage sale diadakan di garasi atau halaman depan rumah. Jenis kegiatan penjualan yang berasal dari luar negeri ini, kini, sudah mulai marak dilakukan di Indonesia. Meski hanya barang-barang bekas, tapi jika ditekuni, bisnis ini akan menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Selain berjualan di garasi atau halaman depan rumah, garage sale juga bisa dilakukan melalui akun sosial media atau online shop besar. Hanya saja, berjualan di media sosial memungkinkan kita tidak dapat mengumpulkan uang dalam satu hari mengingat banyaknya pesaing.

3. Mendaur Ulang

Dana Darurat

Hasil penukaran botol dan kaleng bekas dengan sejumlah uang bisa kamu jadikan sumber pendapatan untuk dana darurat.

Dengan mendaur ulang kaleng atau botol bekas, kita bisa mendapatkan uang sebesar Rp500.000 sampai Rp1.000.000 loh! Caranya, antara lain : kumpulkan semua kaleng atau botol yang ada di sekilar rumah, cari kaleng dan botol di tempat penampungan sampah atau di tempat yang banyak orang berkumpul, dan cara terakhir adalah dengan membuat pesta kecil yang setiap orangnya wajib membawa minuman masing-masing sehingga saat pesta berakhir kita bisa mengumpulkan botol dan kaleng. Hasil penukaran botol dan kaleng bekas dengan sejumlah uang bisa kamu jadikan sumber pendapatan untuk dana darurat.

4. Mengikuti Survei Online

Dana Darurat

Mengikuti survei online dapat memberikan pembayaran yang cepat untuk sumber dana darurat.

Dewasa ini, banyak perusahaan menggunakan respon survei untuk meningkatkan kualitas pemasaran produk. Ada berbagai situs yang ditujukan untuk menghubungkan pengguna dengan survei online gratis. Situs-situs ini biasanya hanya membayar beberapa puluh ribu rupiah per survei, tapi bisa memberikan pembayaran yang cepat.

5. Ajukan Pinjaman ke Danabijak

Tanpa perlu download apa pun, cukup buka website Danabijak kita sudah bisa mengajukan pinjaman uang hingga Rp3.000.000. Tak hanya itu, semakin banyak poin yang berhasil dikumpulkan maka semakin rendah pula biaya layanan dan akan mendapatkan nilai pinjaman yang semakin tinggi hingga Rp10.000.000. Menguntungkan sekali, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Buruan kumpulkan poinnya dan rasakan manfaatnya! 🙂

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: