7 Hal yang Patut Dipersiapkan sebelum Merintis Bisnis

Cukup banyak persiapan dalam berbisnis. Mengapa? Karena dalam berbisnis, butuh kejelian, analisa hingga keseriusan dalam bisnis, tergantung sampai tingkat mana seseorang menganggap bisnisnya itu penting. Lalu, hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum merintis bisnis?

7 Hal yang Patut Dipersiapkan sebelum Merintis Bisnis

7 Hal yang Patut Dipersiapkan sebelum Merintis Bisnis

Rekan Bijak mempunyai rencana untuk segera membuat suatu bisnis atau usaha yang ingin dikembangkan? Berbisnis atau membuat suatu usaha merupakan suatu hal yang dapat difokuskan atau pun tidak, tergantung niat. Jika ingin berbisnis, memang perlu suatu fokus tertentu. Jika memang ingin serius karena merasa pendapatan primer dari berbisnis, maka memang perlu untuk fokus dalam berbisnis. Namun jika hanya ingin pendapatan sekunder dari bisnis dan fokus dalam bekerja pun tidak masalah.

Namun yang pasti, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka bisnis. Banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari bagaimana visi misi, tujuan hingga strategi, juga ada pasar, dan hal-hal lain yang perlu dipersiapkan, mengingat membuat suatu bisnis merupakan pekerjaan yang memang bukanlah suatu pekerjaan yang main-main dan modal pun tidaklah sedikit.

Lalu, apa saja yang menjadi persiapan sebelum merintis bisnis? Simaklah berikut ini, Rekan Bijak!

Mempunyai Business Plan

Bisnis

Sumber : Addicted2business.com

Business plan sekarang ini cukup sangat populer, terutama dikalangan mahasiswa-mahasiswa ekonomi, apalagi manajemen dan bisnis. Mengapa populer? Karena dengan adanya business plan, segala sesuatu menjadi lebih jelas dan lebih teratur. Jika kamu menjual produk, kamu jadi mengetahui dimanakah produk kamu akan dijual, segmen apa yang akan kamu jual, apa saja keunggulan produk kamu, dan lain-lain.

Ditambah lagi, dengan adanya business plan, kamu juga bisa lebih fokus dalam berjualan dan mempunyai pegangan yang kuat. Misal, kamu ingin menjual baju ke segmen masyarakat kelas atas, tentunya kamu harus membeli bahan-bahan baju yang baik dengan harga yang mahal, ditambah juga agar nama brand tidak buruk, kamu harus mempunyai pelayanan terbaik, dan kamu tidak boleh menjual baju murah agar kamu dapat tetap membuat nama brand kamu bagus.

Punya Pengetahuan Pasar yang Diincar

Bisnis

Sumber : Economy.okezone.com

Kamu harus mengenali pasar yang kamu akan tawarkan. Jika kamu bermain dalam pasar kelas pekerja, tentunya kamu harus berbisnis sesuai dengan harga pekerja, yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah, dan formalitas juga harus tetap terjaga.

Pasar yang kamu mainkan ini merupakan hal penting dalam keberlanjutan dunia bisnis kamu, karena tanpa mengetahui pasar kamu dengan jelas, kamu bisa saja kehilangan banyak momentum, bahkan bisa saja kamu gagal. Jadi lebih baik, kamu harus cukup punya banyak pengetahuan dalam pasar yang kamu fokuskan.

Survei

Bisnis

Sumber : creativemultimedia.id

Sebisa mungkin kamu harus mempunyai data survei tentang produk yang akan kamu jual. Hal itu akan membantu kamu tentunya dalam berbisnis. Mengapa? Karena dengan adanya data survei ini, kamu jadi mempunyai data tentang apa yang orang-orang akan beli dan apa yang orang-orang sukai, sehingga kamu dapat menjual barang tersebut.

Mempunyai data survei ini juga akan membantu kamu untuk mengetahui apa yang harus kamu jual ke orang lain. Jika kamu menjual baju, kamu akan tau baju macam apa yang disukai orang lain, dan kamu akan menjual baju tersebut. Sebaliknya, jika kamu menjual barang yang tidak disukai orang-orang, justru akan membuat penjualan sedikit.

Strategi

bisnis

Sumber : Kumparan.com

Strategi dalam berbisnis tentunya sangatlah penting. Mengapa? Karena dalam bisnis, bisnis tanpa strategi itu layaknya manusia tanpa nafas, mati. Tanpa strategi dalam bisnis, kamu akan menemukan rintangan-rintangan dan kamu akan kalah oleh kompetitormu yang mungkin saja strateginya sudah matang sehingga para konsumen berlomba-lomba membeli produk kompetitormu.

Strategi bisnis yang dimaksud bukan hanya strategi untuk menarik pelanggan, namun juga strategi ketika produsen bahan baku yang kamu ajak kerjasama, tiba-tiba menaikkan harga, kamu harus coba memakai cara untuk menekan harga, strategi dalam menghadapi kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Jadi, kamu harus mempunyai strategi sematang mungkin!

Modal yang Mencukupi dan Pengeluaran yang Jelas

bisnis

Sumber : Jambi.tribunnews.com

Modal yang mencukupi cukup penting dalam sebuah bisnis. Mengapa? Karena modal dalam bisnis adalah roh dari bisnis kamu sendiri. Ketika kamu gagal memperhitungkan modal dalam bisnis, mungkin dapat ditambal dengan tambahan investasi atau mendapatkan pinjaman, namun beban malah bertambah, bukan? Oleh karena itu, kamu harus mempunyai modal yang jelas.

Dengan modal yang jelas, kamu juga lebih jelas dalam pengeluaran uang, dan tidak asal dalam pengeluaran uang. Apalagi jika kamu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya bisnismu tidak benar-benar butuhkan. Dengan adanya modal dengan pengeluaran yang jelas, maka lebih mudah dalam menyusun modal untuk pengeluaran dalam berbisnis.

Mempunyai Keunikan dan Kreativitas Produk

bisnis

Sumber : Asritadda.com

Keunikan dan Kreativitas juga sangat dibutuhkan untuk berbisnis. Mengapa? Karena dalam bisnis modern ini, mempunyai sesuatu yang tidak biasa-biasa saja justru menarik perhatian konsumen. Sebut saja ada makanan seperti Kulit Ikan rasa Telur Asin, Sukun rasa Rendang, atau bahkan Ayam Geprek yang sistemnya bisa menambah nasi. Ketiga makanan ini cukup banyak penggemarnya, mengapa? Karena keunikan!

Dengan keunikan dan kreativitas, mungkin saja kamu hanya perlu melakukan segala sesuatu untuk menerapkan barang kamu yang kamu telah anggap unik dan kreatif.

Mental Pemenang 

bisnis

Sumber : Hipwee.com

Dalam berbisnis, kamu tidak akan langsung berhasil. Kamu pasti akan banyak gagal, banyak rintangan, juga banyak penyesalan. Namun, keberhasilanmu ditentukan ketika kamu memutuskan untuk kembali bangkit dan menghadapi segala sesuatu dengan kepala dingin. Keberanianmu, ditambah mental yang tahan banting dan tidak takut, akan mengantarkanmu ke puncak kesuksesan.

Dengan begitu, sebelum kamu berbisnis, kamu perlu mempunyai mental yang kuat terlebih dahulu, dan berani menghadapi segala tantangan yang ada. Dengan begitu, kamu bisa sukses. Yang terpenting disini ialah keberanianmu dalam menghadapi segala hal.

Nah, bagaimana dengan kamu, Rekan Bijak? Apakah kamu ingin merintis sebuah bisnis? Jika ya, kamu bisa langsung merintisnya dengan mengikuti tips-tips ini! Jika kamu tidak mempunyai uang yang cukup, kamu dapat mencoba untuk meminjam di Danabijak, dengan bunga yang rendah dan pengembalian dengan tempo yang tidak lama, dengan tambahan tak ada kerepotan dalam peminjaman, kamu dapat langsung meminjam di Danabijak! Tunggu apa lagi?

bisnis

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: