3 Hal Unik dari Acara Eco Fashion Week Indonesia

Fashion, untuk menunjukkan hasil karya dari desainer-desainer dibuatlah acara pagelaran busana. Pagelaran busana ada di berbagai negara, termasuk di negara Indonesia. Dari beberapa pagelaran busana yang ada, ada acara pagelaran busana yang baru dilaksanakan di Indonesia yaitu Eco Fashion Week Indonesia pada tahun 2018.

3 Hal Unik dari Acara Eco Fashion Week Indonesia

3 Hal Unik dari Acara Eco Fashion Week Indonesia

Eco Fashion Week Indonesia (EFWI) merupakan gerakan fashion pertama dan terbesar di Indonesia untuk merayakan anugerah Bumi dan Manusia, serta, untuk melindungi dan menyelamatkan bumi. EFWI untuk pertama kali di gelar di Indonesia pada tanggal 30 November 2018 hingga 2 Desember 2018 di Gedung Stovia, Jakarta. Pada acara EFWI ini melibatkan sekitar 30 orang desainer asal Indonesia dan Internasional. Acara ini merupakan salah satu pagelaran mengenai industri tekstil yang ramah lingkungan, acara ini juga memiliki tujuan untuk memperkaya dunia fashion lewat karya-karya etnik yang dibuat langsung oleh masyarakat di daerah tertinggal, terutama di Indonesia.

EFWI ini didirikan oleh tiga orang yaitu Merdi Sihombing, Myra Suraryo, dan Rita M. Darwis. Setiap acara yang berlansung memiliki tujuan, konsep bahkan keunikan tersendiri, lalu, apa saja ya keunikan dari acara fashion week ini?

Seni yang Ramah Lingkungan

Fashion Week

Sumber : mahligai-indonesia.com

Seperti nama dan tujuan dari acara ini, acara panggelaran ini menjunjung tinggi tentang industri fashion yang ramah akan lingkungan, karena, tidak bisa di pungkiri bahwa, dalam dunia fashion mengandung bahan-bahan kimia yang tidak ramah lingkungan. Dengan diadakan acara EFWI ini, maka beberapa desainer menginginkan adanya pengurangannya bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan pada dunia fashion.

Dalam acara ini, megutamakan bahan-bahan alami yang rama lingkungan untuk membuat suatu karya seni, seperti, menggunakan pewarna alami yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar kehidupan manusia, yang meliputi daun bawang, kuit bawang merah, kunyit bubuk dan lain sebagainya. Manfaat menggunakan bahan-bahan alami selain dapat membantu ekosistem kehidupan, lebih mudah didapatkan, dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Melestarikan Kebudayaan dari Indonesia

Fashion Week

Sumber : Grid,ID

Seperti konsep yang di tentukan dalam acara ini, EFWI ini memiliki konsep berupa slow fashion yang merupakan upaya untuk melestarikan warisan kebudayaan tekstil Indonesia. Harapan dari salah satu pendiri acara EFWI ini yaitu dengan penyelenggaraan acara ini, akan membuka mata masyarakat Indonesia bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara dengan industri slow fashion terbesar di Indonesia.

Kebudayaan Indonesia yang akan menjadi dikenal oleh dunia yaitu berupa kain tenun, yang memiliki proses pembuatan yang tidak mudah, namun, memiliki nilai seni yang tinggi. Dan dengan diselenggarakannya acara ini, maka karya seni, terutama seni dalam dunia fashion dari berbagai daerah yang ada di Indonesia akan di kenal, di ketahui bahkan diakui oleh orang-orang dalam negeri maupun luar negeri, dan hal ini tentu akan menjadi peluang besar bagi desainer-desainer terampil dari Indonesia untuk ikut bersaing setara dengan desainer-desainer dunia.

Membangun Desa di Indonesia

Sumber : tempo.dot

Konsep yang diusung dalam acara EFWI ini selain untuk melestarikan warisan kebudayaan tektil Indonesia, ada konsep lain yang diusung dalam acara ini, yaitu, membuka lapangan pekerjaan di daerah-daerah Indonesia dan hal ini tentu akan membantu meningkatkan perekonomian daerah. Dengan adanya konsep yang diusung dari acara EFWI ini maka akan membantu Pemerintah untuk membangun perekonomian daerah, karena, dengan acaranya ini maka akan banyak orang yang tertarik untuk melihat karya seni fashion di Indonesia hingga membeli karya seni fashion dari Indonesia.

Dengan adanya peningkatan daya tarik dari pembeli, maka, akan membantu orang-orang desa di Indonesia mendapatkan pekerjaan yang layak, dan hal itu tentu akan membantu adanya peningkatan perekonomian desa yang ada di Indonesia.

Nah, Rekan Bijak, itu dia tiga hal unik dari acara Eco Fashion Week Indonesia, apakah Rekan Bijak tertarik untuk membantu melestarikan seni kebudayaan Indonesia? Jika ya, Rekan Bijak dapat ikut membeli dan menyebarkannya ya!

Fashion Week

 

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: