5 Hal Unik dan Menarik Ini Hanya Ada di Sumatera Barat

Tidak hanya Masakan Padang dan Gunung Kerinci yang menjadi pusat perhatian para wisatawan jika sedang berkunjung ke Sumatera Barat. Sumatera Barat sekarang ini sudah membuat Padang dan kota lainnya di Sumatera Barat makin harum namanya sebagai salah satu kota Paling populer di Indonesia. Selain Kuliner dan keindahan alamnya ada beberapa hal unik yang cuma ada disini.

5 Hal Unik dan Menarik Ini Hanya Ada di Sumatera Barat

5 Hal Unik dan Menarik Ini Hanya Ada di Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu Provinsi di Kepulauan Sumatera. Selain terkenal dengan warisan kuliner Nusantara yang tiada duanya, ada beberapa hal unik di kota ini yang hanya bisa kita jumpai ketika kita sedang berada di Tanah Minang ini. Jika kita sedang berwisata ke Sumatera Barat kita pasti akan merasakan keramahan warga setempat dan membuat kita ingin selalu kembali kesini.

Jam Gadang yang Ikonik

Sumatera Barat

www.tripadvisor.co.id

Jam Gadang adalah salah satu keunikan yang dimiliki Sumatera Barat yang terletak di jantung Kota Bukittinggi. Uniknya jam gadang ini adalah mesinnya yang sama dengan Big Ben di Inggris dan saat ini hanya tinggal 2 buah saja, yaitu Jam Gadang dan Big Ben. Selain itu Jam Gadang yang merupakan ikon Kota Bukittinggi ini penulisan angka 4 pada jam tersebut tidak mengikuti aturan penulisan angka Romawi sebagaimana mestinya. Di Jam Gadang angka empat ditulis IIII bukan IV, hal ini sampai sekarang masih menjadi perdebatan tersendiri.

 

Jembatan Akar

www.jelajahsumbar.com

Jembatan Akar (Bahasa Minang: Titian Aka) merupakan sebuah objek wisata yang terbuat dari akar hidup dari dua buah pohon beringin yang melintasi sungai Batang Bayang. Objek wisata yang sudah berumur lebih dari 100 tahun ini berada di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jembatan Akar sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Diyakini jembatan ini mulai dirajut oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan pada tahun 1890 dan mulai digunakan pada tahun 1916.

 

Ikan Bilih 

Sumatera Barat

manfaat.co.id

Ikan Bilih yang mempunyai nama ilmiah Mystacoleuseus padangensis ini hanya ada di Danau Singkarak, Sumatera Barat . Ikan ini mempunyai ciri khas yang unik, sisiknya berwarna keperakan dengan bentuk tubuh yang pipih sedikit lebih besar dari ikan teri. Ikan ini merupakan ikan endemik berwarna perak pipih yang hanya hidup di danau Singkarak dan Maninjau saja, tidak ada di tempat lain. Ikan kecil ini paling enak jika dimasak dengan cara digoreng dan ditambah dengan sambal lado.

 

Tidak ada Indomaret & Alfamart

Sumatera Barat

www.sumbartoday.com

Saat Indomaret dan Alfamart tumbuh menjamur di mana-mana di berbagai tempat, hal sebaliknya akan kita temukan saat menginjakkan kaki di ranah Minang. Entah itu kota besar seperti Bukittinggi serta beberapa bagian di Padang, waralaba tersebut tidak mendapatkan izin.

Pemerintah memang sengaja tidak mengeluarkan izin beroperasi untuk perusahaan tersebut karena khawatir akan mematikan usaha pedagang tradisional dan merusak ekonomi daerah. Kehadiran Indomaret atau Alfamart yang lebih modern mungkin juga bisa membuat para pembeli berpaling ke tempat belanja yang lebih enak, sehingga pedagang kelontong menjadi sepi pembeli. Ke depannya pemerintah akan membangun Halal Mart dan Minang Mart dimana seluruh barang yang dijual merupakan produk yang berasal dari Padang sendiri.

Malin Kundang

Sumatera Barat

caritasato.blogspot.com

Siapa yang tidak mengenal cerita rakyat dari Sumatera Barat? Semua orang pasti tahu tentang cerita Malin Kundang. Biasanya para orang tua akan menceritakan kisah Mailin Kundang yang durhaka kepada anak-anaknya yang masih kecil agar tidak mengikuti jejak Malin Kundang. Cerita rakyat inipun berkembang menjadi nilai kehidupan yang penting bagi masyarakat Minang.

Jika kita tidak percaya kita bisa langsung datang ke Pantai Air manis untuk membuktikan kutukan batu yang diberikan Ibunya kepada Malin. Onggokan batu karang yang berwujud seperti pecahan kapal dan seseorang yang sedang bersujud di Pantai Air manis ini di yakini tempat bersemayamnya Malin kundang yang terkutuk menjadi batu.

Inilah hal unik hanya ada di Sumatera Barat, selain hal unik diatas, ada banyak nilai historis yang bisa kita pelajari. Adat istiadat Minang juga hal yang menarik untuk kita ketahui.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: