Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan 6 Hal Ini untuk Selamatkan Diri

Gempa bumi merupakan bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia. Hal itu dapat dimengerti, mengingat Indonesia terletak di antara Lempeng Eurasia, Australia dan Pasifik, sehingga banyak gempa tektonik, ditambah lagi juga lokasinya berada di Ring of Fire yang membuat Indonesia sering terjadi gempa vulkanik. Lalu apa sajakah yang wajib dilakukan ketika terjadi gempa bumi?

Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan 6 Hal Ini untuk Selamatkan Diri

Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan 6 Hal Ini untuk Selamatkan Diri

Tentunya masih teringat di ingatan kita bagaimana gempa bumi yang terjadi di Aceh tahun 2004 silam membekas di hati kita. Gempa bumi tersebut sangatlah dahsyat sehingga benar-benar menghancurkan banyak bangunan yang ada di Aceh, dan juga mengakibatkan tsunami. Tsunami tersebut juga menyapu kota-kota lain di sekitar Samudera Hindia, seperti Thailand. Dahsyatnya Tsunami Aceh 2004 juga dikenal sebagai salah satu bencana alam paling dahsyat yang ada di sejarah dunia.

14 tahun kemudian, Indonesia pun kembali berduka. Daerah Donggala, Palu, baru-baru ini terkena gempa bumi yang akhirnya mengakibatkan tsunami yang besar hingga menyapu bangunan-bangunan yang ada di pesisir pantai. Gempa 7,4 SR membuat banyak jiwa melayang, hingga tanggal 2 Oktober 2018, sudah ada sekitar 1.234 korban tewas akibat dari bencana ini dan masih mungkin bertambah. Tentunya, gempa sangatlah berbahaya, karena walaupun mungkin terjadi tidak lebih dari 3 menit, namun bisa meruntuhkan bangunan atau lebih parahnya membuat tsunami.

Lalu, apa saja yang kita dapat lakukan ketika terjadi gempa bumi? Ada 6 hal yang dapat kamu lakukan jika terjadi gempa, dan inilah hal-hal yang dapat kamu lakukan.

Jika Berada di Dalam Bangunan

gempa bumi

Sumber : Wowkeren.com

Ketika berada dalam suatu bangunan tertentu, baik rumah maupun perkantoran, pastikan kamu mencari meja atau kursi untuk melindungi kamu dari reruntuhan bangunan, dan ingatlah untuk selalu menghindari kaca atau pun cermin, atau benda-benda tajam lainnya yang mempunyai peluang untuk melukai kamu dan membuat segala sesuatu menjadi lebih buruk.

Jika kamu jongkok ke dalam meja atau kursi, benda-benda yang kemungkinan jatuh akan terkena meja atau kursi terlebih dahulu. Jika kamu berada di dalam kamar, lindungilah badan dan kepalamu dengan bantal agar tidak terkena barang-barang yang bisa jatuh ke kamu. Jangan keluar dari ruangan karena biasanya, orang-orang pun akan saling menyelamatkan diri, dan yang terjadi adalah saling berdesakan sehingga mempunyai potensi untuk saling melukai hingga korban bisa jadi tambah banyak.

Jika Berada Diluar Bangunan

gempa bumi

Sumber : Tripadvisor.co.nz

Jika kamu diluar bangunan, pastikan kamu menjauhi bangunan-bangunan yang ada, atau barang-barang yang mempunyai potensi jatuh tepat keatas kamu. Banyak potensi yang bisa jatuh tepat diatas kamu, seperti tiang listrik, tiang lampu, hingga bangunan sekalipun, oleh karena itu, sangatlah dihimbau jika sedang berada diluar bangunan, carilah taman atau lapangan yang kosong, dan jika pun ada isi, pastikan barang-barang tersebut kamu percaya tidak akan jatuh menimpamu.

Dan jika terjadi gempa, tetap dihimbau untuk tetap tenang, dan jangan sampai menimbulkan korban jiwa lainnya. Pasalnya, banyak korban luka yang juga terluka karena desak-desakan antar orang-orang yang ketakutan, jadi pastikan tetap tenang.

Jika Berada di Kendaraan Berjalan

gempa bumi

Sumber : Babehhelmi.com

Jika kamu memang berada di kendaraan yang sedang berjalan, seperti mobil, motor atau bus, pastikan kamu berhenti juga tetap tenang. Yang dimaksudkan berhenti tetap tenang adalah ketika berhenti, jangan mengerem secara mendadak, atau hal itu akan memperburuk keadaan. Dengan mengerem mendadak, yang akan terjadi justru adalah risiko mengalami tabrakan berentetan.

Lalu, jauhilah bangunan-bangunan yang ada dan jika ada bangunan-bangunan yang rusak, apalagi jika ada jembatan yang rusak, kamu harus menjauhi bangunan-bangunan tersebut. Ketika gempa selesai, kamu dapat jalan dengan pelan sambil menjauhi bangunan atau terowongan yang rusak.

Jika Berada dalam Reruntuhan

gempa bumi

Sumber : Kabar24.bisnis.com

Jika berada dalam suatu reruntuhan, kamu jangan sekali-sekali menyalakan api untuk menghangatkan diri atau pun agar terang. Kamu bisa memakai smartphone atau senter kamu agar terang, dan jangan memakai api karena berbahaya jika terkena barang-barang yang memang bereaksi terhadap api, apalagi jika banyak barang-barang yang berantakan, tentunya hanya akan memperburuk keadaan.

Kamu juga harus menutup hidung dan mulut kamu agar tidak menghirup debu-debu atau bau-bau tertentu. Kamu bisa menutupnya dengan baju atau sapu tangan, atau juga masker. Kamu bisa mengetuk barang-barang yang ada agar tim penyelamat bisa tahu keberadaan kamu. Kamu juga dapat bersiul, dan jika tidak ada cara lain, berteriak adalah cara terakhir. Jika masih ada koneksi, kamu bisa memakai smartphone kamu untuk membuktikan kamu berada di dalam reruntuhan.

Jika Berada di Pantai

gempa bumi

Sumber : Liputan6.com

Jika terjadi gempa bumi saat kamu di pantai, kamu harus segera menjauh dari tempat itu dan mencari bangunan yang tinggi untuk menyelamatkan kamu! Jika kamu berada di pantai, pastikan kamu ke daerah yang lebih tinggi, karena potensi terjadi tsunami, gempa sekecil apapun tetap ada.

Apalagi tsunami terjadi kebanyakan karena gempa. Jadi, pastikan kamu berlari ke daerah yang lebih tinggi atau pun bangunan yang kokoh dan tinggi untuk melindungi dirimu!

Jika Berada di Pegunungan

gempa bumi

Sumber : Travel.kompas.com

Jika kamu berada di pegunungan pun kamu harus tetap waspada, walaupun gunung adalah dataran tinggi. Pasalnya, ketika terjadi gempa, hal itu bisa membuat longsor terjadi. Bahkan, gempa pun juga banyak yang dihasilkan oleh gunung api, sehingga sekarang kita kenal sebagai gempa vulkanik.

Jadi di pegunungan, usahakan kamu pergi dari tempat-tempat yang mempunyai potensi terjadi longsor, dan hindari tebing agar tidak terkena batu-batu yang terjatuh. Cari gua untuk berlindung dan jangan berlari karena ada potensi terjatuh lalu terluka. Jika merasa sudah aman, kamu harus segera mencari pos pengamanan yang ada di sekitar pegunungan.

Bahaya gempa bumi itu ada di sekitar kita, bahkan jika pun kamu berada di wilayah yang jarang terjadi gempa bumi. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati, dan jika kamu merasa sudah tidak ada jalan lain, berdoa kepada Tuhan adalah jalan yang terbaik untuk kita, dan merendahkan diri juga memasrahkan diri kepada-Nya. Selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan tertentu agar bisa selamat. Jadi, stay safe, guys!

gempa bumi

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: