Hati-hati ini Dampak dari Gula yang Terkandung dalam Kopi Sachet

Hidup pada zaman sekarang tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua manusia di muka Bumi ingin sesuatu yang praktis, instan, dan cepat, hal itu ada karena, pemikiran dari yang menganggap segala sesuatu harus cepat, supaya target-target dapat dijalankan. Hal tersebut juga berdampak kepada sesuatu yang kita konsumsi.

Hati-hati ini Dampak dari Gula yang Terkandung dalam Kopi Sachet

Hati-hati ini Dampak dari Gula yang Terkandung dalam Kopi Sachet

Makanan dan minuman yang kita konsumsi ikut berpengaruh terhadap pemikiran hampir setiap manusia di muka Bumi yang menginkan sesuatu yang praktis, instan dan cepat, seperti Kopi Sachet. Tidak bisa di pungkiri, bahwa meminum merupakan kegiatan yang hampir semua orang lakukan, ada berbagai macam minuman yang dapat di konsumsi, mulai dari meminum air mineral, meminum susu, meminum teh, meminum kopi, dan masih banyak lagi. Akibat dari pemikirin tersebut, akhirnya menimbulkan ide yang membuat segala sesuatu menjadi lebih praktis, instan dan cepat, mulai dari makanan hingga minuman.

Ada berbagai macam makanan dan minuman praktis, instan dan cepat yang dapat Rekan Bijak buat hanya dalam hitungan menit, seperti Kopi Sachet. Kopi, mungkin dahulu membuat secangkir kopi harus memakan waktu yang cukup lama, seperti kopi yang sudah menjadi bubuk harus di saring terlebih dahulu menggunakan paper filter atau saringan rumahan, kemudian di seduh dengan air panas yang diaduk secara perlahan, barulah secangkir kopi-pun jadi. Namun, seiring berkembangnya zaman, kopi dibuat menjadi lebih praktis atau yang biasa disebut dengan Kopi Sachet, dimana Rekan Bijak hanya perlu menyeduh Kopi Sachet dengan air panas yang kemudian di aduk, lalu secangkir kopi-pun jadi.

Kopi Sachet

Sumber : Foody.id

Walaupun sesuatu yang instan memudahkan suatu kegiatan, serta menghemat waktu Rekan Bijak, akan tetapi, dari sesuatu yang instan tersebut dapat memberikan beberapa hal negatif yang berdampak kepada kesehatan Rekan Bijak. Tidak bisa dipungkiri, bahwa Rekan Bijak tidak bisa melihat secara langsung seperti apa proses pembuatan dan hal-hal yang terkandung di dalam makanan atau minuman instan yang beredar di pasaran.

Oleh karena itu, baik makanan ataupun minuman yang instan, seperti Kopi Sachet dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan Rekan Bijak. Lalu, hal apa yang membuat Kopi Sachet berbahaya bagi kesehatan dan apa dampaknya ya?

Kandungan Gula di Dalam Kopi Sachet

Kopi Sachet

Sumber : jadiberita.com

Kopi Sachet dengan kopi instan merupakan dua hal yang berbeda tetapi banyak orang yang menanggap keduanya merupakan hal yang sama. Berdasarkan Peraturan Kepala BPOM No 21/2016 tentang Kategori Pangan, olahan kopi serbuk di antaranya kopi bubuk, kopi instan, kopi dekafein, kopi instan dekafein, minuman serbuk kopi gula susu, minuman serbuk kopi gula krimer, dan minuman serbuk kopi gula.

Kopi instan mempunyai kandungan kopi yang 100% merupakan kopi alami yang berasal dari biji kopi yang dikemas dengan praktis tanpa ada campuran bahan yang lainnya. Sedangkan kopi sachet yang beredar di pasar, warung-warung, minimarket maupun supermarket merupakan kopi yang di campur dengan bahan-bahan lainnya, seperti gula. Tidak bisa dipungkiri, bahwa kopi sachet yang beredar di pasaran dapat di jangkau dengan harga yang ramah di kantong dan dapat dibeli dari berbagai kalangan.

Penyakit Diabetes

Kopi Sachet

Sumber : Islamqa.id

Akan tetapi, bahan yang di campur di dalam satu sachet kopi yang ada di pasaran yaitu pemanis buatan yang setara dengan satu sendok makan gula pasir, seperti yang dikutip dari Kompas.com bahwa Dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Hospital, Mulyani Anny Suryani Gultom, SsPD mengatakan “Kopi sachet itu kan banyak beredar di pasaran. Itu mengandung satu sendok makan gula pasir. Jadi, kalau minum dua-tiga kali sehari, bisa dibayangkan berapa banyak konsumsi gulanya,”

Jadi, bisa Rekan Bijak bayangkan jika Rekan Bijak terlalu sering mengkonsumsi kopi sachet dapat membuat berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit gula atau yang biasa disebut dengan Diabetes, karena, tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang di Indonesia mengkonsumsi Nasi yang memiliki tingkat glukosa yang tinggi di tambah dengan mengkonsumsi kopi sachet yang terlalu sering dan hal itu tentu akan berdampak kepada kesehatan.

Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit gula atau diabetes, alangkah lebih baik jika Rekan Bijak mengurangi untuk konsumsi kopi dalam bentuk sachet yang beredar di pasaran, dan beralih kepada kopi yang sudah jelas Rekan Bijak tahu kandungannya.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan dampak dan kandungan dari Kopi Sachet? Jika Belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Kopi Sachet

 

 

 

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: